Home / Blog / Pentingnya Membangun Sistem Manajemen Restoran
Pentingnya Membangun Sistem Manajemen Restoran

Pentingnya Membangun Sistem Manajemen Restoran

Apakah sistem manajemen restoran menurut Anda Penting? 

Jika Anda ingin usaha restoran, cafe maupun rumah makan yang Anda miliki sukses. Jangan lewatkan artikel ini. Dan simak sampai selesai ya ^.^ 

Membangun sistem manajemen restoran yang baik memang tidak bisa dikerjakan dalam semalam. Tapi jika ini tak kunjung Anda bangun ya gak akan pernah ada hehehe.

Langsung saja yuk disimak! 5 tips cara membangun sistem manajemen restoran Anda.

1. Kelola Biaya Secara Efektif

Pengelolaan biaya ini meliputi biaya tenaga kerja, bahan makanan, HPP dan masih banyak lagi pos-pos kecil yang bila tidak dijaga justru merupakan kebocoran yang paling besar. Selalu lakukan pencatatan setiap kali Anda melakukan transaksi. Ini yang paling penting dan sering terlupakan.

2. Kualitas Produk
Anda harus menjaga kualitas produk makanan yang dijual. Mulai dari rasa dan juga ke-higienisan makanan yang tersaji. Percuma Anda memiliki resep makanan yang enak tapi kebersihannya tidak dijaga. Ini akan membuat para pelanggan enggan ketempat Anda.

Pernah dong Anda membaca atau mungkin mendengar berita di radio dan melihat berita di tv tentang makanan yang ada kecoaknya ataupun lalat. Coba bayangkan jika Anda yang berada diposisi pelanggan saat itu.

3. Memberikan Layanan Prima

Kalau pendapat saya pelayanan di sebuah restoran mutlak harus Anda perhatikan.

Mengapa begitu?

Begini, saya gambarkan misal Anda sedang lapar serta haus datang ke sebuah restoran, sampai di depan Anda sudah dibuka kan pintu. Ketika masuk ruangannya bersih dan dingin kemudian di sambut sama waitress, diantarkan ke tempat duduk dan diberikan menu . Pokoknya dilayani dengan kesungguhan hati dan penuh senyuman. Apa lagi si mbak nya cantik hehe. Apa yang ada dikepala Anda?

Jadi sesungguhnya bisnis restoran bukan menjual makanan saja namun Anda juga menjual jasa.

4. Disiplin 

Kedekatan dengan karyawan sangat diperlukan, namun harus tetap menjaga kedisiplinan karyawan, mengacu pada kebijakan disiplin yang digariskan dalam SOP. Pastikan bahwa karyawan Anda sudah familier dengan kebijakan restoran Anda, dan menjaga konsistensi dan keadilan ketika berhadapan dengan perilaku yang tidak pantas. 

5. Komitmen

Sering saya bilang di artikel-artikel saya sebelumnya, jika membuat rencana itu mudah dan memutuskannya pun tidak sesulit saat Anda harus menjalankan apa yang sudah Anda putuskan. Sukses atau tidaknya sebuah bisnis ini tergantung dengan komitmen yang Anda miliki. 

Sekian artikel mengenai “Sistem Manajemen Restoran” jika ada yang ingin Anda tanyakan atau ingin menambahi, Anda bisa koment di bawah. Jangan pelit share ya jika bermanfaat agar teman-teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih . Salam Let’s #beefree. 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda