Home / Blog / Pentingkah Seorang Konsultan Pajak untuk Bisnis Anda?

Pentingkah Seorang Konsultan Pajak untuk Bisnis Anda?

Pentingkah Seorang Konsultan Pajak untuk Bisnis Anda? Pajak memiliki sejumlah ketentuan yang terbilang rumit di mana sebagian besar orang justru tidak familiar dan memiliki pemahaman yang baik terkait dengan berbagai aturan yang terkait. Membayar pajak merupakan kewajiban bagi warga negara atau lembaga yang memiliki penghasilan tetap.

Untuk sebagian orang yang memiliki kesibukan yang sangat tinggi, berbagai urusan terkait dengan administrasi dan perpajakan adalah sebuah tantangan tersendiri. Faktor utama yang melatarbelakangi seorang pribadi maupun lembaga memerlukan konsultan pajak adalah kurangnya pengetahuan mengenai sistem perpajakan yang diberlakukan sekarang ini dan untuk mencegah timbulnya masalah yang diakibatkan kelalaian membayar pajak.

Konsultan pajak adalah seseorang atau sebuah badan perusahan yang dapat memberikan pelayanan segala bentuk konsultasi mengenai masalah perpajakan. Dari mulai tanggal pembayaran pajak, jumlah pajak yang harus dikeluarkan, dan juga biaya seluruh administrasinya harus terperinci.

Lewat penggunaan jasa konsultan, berbagai kekeliruan terkait dengan perhitungan dan pelaporan pajak bisa dihindarkan. Bukan hanya itu, para Wajib Pajak juga menjadi lebih tenang dan bisa melakukan berbagai aktivitasnya dengan lebih leluasa tanpa dipusingkan dengan berbagai aturan mengenai perpajakan.

Dalam menjalankan tugasnya, konsultan pajak berhak menerima fee konsultan pajak sebagai penghargaan atas jasanya membantu klien. Besarnya fee konsultan pajak nantinya akan dijelaskan oleh konsultan pajak kemudian jumlah fee konsultan pajak disepakati bersama dengan klien.

Anda dapat mengajukan permohonan agar mendapatkan jasa konsultan pajak secara pribadi. Karena inilah jalan keluar dalam solusi penanganan segala permasalahan dunia perpajakan, anda tidak perlu bingung dan repot hanya tinggal melampirkan segala yang berkaitan dengan urusan wajib pajak dengan di bawah bimbingan dan pengawasan jasa konsultan pajak anda.

Meskipun hanya menangani urusan terkait dengan pajak, kantor jasa konsultan pajak juga menyediakan berbagai jasa yang terbilang lengkap, tergantung pada kebutuhan para kliennya. Urusan pajak tidak hanya terbatas pada perhitungan dan juga pelaporannya saja. Sebab dalam praktiknya, ada banyak layanan lainnya yang juga kerap diperlukan para wajib pajak.

Berbagai jenis kebutuhan layanan pajak ini bahkan akan lebih beragam untuk para Wajib Pajak Badan Usaha. Mengingat Wajib Pajak ini memiliki banyak kepentingan pajak terkait dengan pengembangan usahanya. Berikut ini akan dijelaskan tugas konsultan pajak yang bisa menambah wawasan dan pertimbangan Anda untuk menggunakan jasa konsultan pajak.

  • Jasa Pelatihan Pajak
    Dalam hal ini tugas konsultan pajak adalah memberi pelatihan SOP Pajak kepada perseorangan atau lembaga.
  • Review Pajak
    Tugas konsultan berikutnya adalah melakukan reviwe pajak. Dalam tugasnya ini, konsultan pajak akan mengidentifikasi serta memeriksa kesesuaian laporan pajak dengan akuntansi perpajakan dan perundangan pajak yang berlaku. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya kesalahan laporan pajak klien.
  • Perencanaan Pajak
    Dalam tugas ini, konsultan pajak akan membantu klien untuk melakukan analisa serta memberikan solusi tentang efisiensi pajak sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
  • Jasa Konsultasi Perpajakan
    Tugas utama konsultan pajak adalah memberikan jasa konsultasi perpajakan. Dalam hal ini, konsultan pajak akan memberi pandangan serta masukan kepada klien untuk memilih startegi dan langkah yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan pajak yang sedang dihadapi oleh klien.
  • Pelayanan dalam pembuatan laporan Pajak
    Laporan pajak bagi perseorangan atau lembaga biasa disebut sebagai SPT Pajak. Sistem perpajakan yang berlaku sekarang ini terkadang membuat perseorangan atau lembaga masih mengalami kesulitan untuk mengisi laporan pajak. Oleh karena itu, disnilah peran konsultan pajak untuk membantu klien dalam mengisi laporan pajak, baik itu laporan SPT masa maupun SPT tahunan.
  • Mendampingi Pemeriksaan Pajak
    Ketika klien atau perusahaan sedang mengalami masalah perpajakan, maka konsultan pajak bertugas untuk membantu klien dalam mengatasi permasalahan pajak yang sedang dihadapi.
  • Restitusi Pajak
    Tugas terakhir konsultan pajak adalah mendampingi klien apabila terjadi masalah lebih bayar terhadap jumlah pajak terutang.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.