Home / Blog / Pengertian Jurnal Penyesuaian
Pengertian Jurnal Penyesuaian

Pengertian Jurnal Penyesuaian

Kalau membicarakan mengenai laporan keuangan perusahaan pasti tidak jauh-jauh dengan yang namanya jurnal penyesuaian. Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode untuk menyesuaikan saldo-daldo perkiraan (akun) agar menunjukkan keadaan sebenarnya sebelum penyusunan laporan keuangan.

Lantas apa sich tujuannya di buat jurnal penyesuaian itu?

  1. Untuk memisahkan akun-akun yang sifatnya masih campuran (mixed account) menjadi 2 macam, yaitu akun riil dan akun nominal
  2. Menghitung pendapatan periode tersebut dengan tepat
  3. Agar pada akhir periode, akun-akun riil khususnya aktiva dan utang di dalam neraca menunjukkan jumlah yang sebenarnya
  4. Dan yang terakhir adalah agar diakhir periode, akun-akun nominal yaitu akun pendapatan dan akun beban menunjukkan jumlah uang yang benar-benar menjadi pendapatan dan beban dalam periode yang bersangkutan.

Sekarang udah paham dong, pentingnya jurnal penyesuaian itu. Sekarang kita lanjut jenis-jenis jurnal penyesuain antara lain ;

  • Jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka (prepaid expenses)

Beban dibayar dimuka adalah beban yang seharusnya dibayar setiap bulan tetapi langsung dibayarkan sekaligus setahun atau beberapa tahun. Jadi, bila menemukan beban yang seharusnya dibayarkan pada periode mendatang, maka harus dihitung beban mana yang dilaporkan pada periode yang bersangkutan (sekarang).

  • Jurnal penyesuaian penyusutan (Depreciation)

Penyusutan peralatan harus dicatat sebagai pengakuan beban depresiasi atau beban penyusutan oleh perusahaan. Contohnya seperti kendaraan, bangunan dll.

  • Jurnal Penyesuaian Beban Terhutang (Accrued Expense)

Suatu kewajiban yang berasal dari beban yang telah diakui atau telah terjadi di dalam perusahaan tapi belum dibayar.  Contoh kasusnya adalah gaji karyawan.

  • Jurnal Penyesuaian Pendapatan Belum Diterima (Accrued Revenue)

Piutang Pendapatan adalah pendapatan yang sudah diperoleh tetapi masih belum diterima dan belum dicatat dalam rekening-rekening. Oleh karena itu setiap periode harus dibuat penyesuaian untuk mencatat pendapatan tersebut.

  • Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima Dimuka (Unearned Revenue)

Biasanya banyak yang bingung nieh dengan istilah unearned revenues atau deferred revenues. Di dalam bahas indonesia kedua istilah tersebut mengacu pada istilah pendepatan diterima dimuka, yang artinya Anda menerima uang di muka sedangkan service/barang yang Anda perjual belika belum diterima customer.  Contohnya seperti pemesana tiket pesawat secara online.

Oleh karena itu unearnd revenues dan deferred revenues harus dilaporkan sebagai utang (liability) yang mana hal tersebut menandakan kewajiban perusahaan untuk mengirimkan atau memberikan produk/service kepada customer dimasa mendatang. Dan perlu diingat bahwa pendapatan tersebut tidak bisa diakui sebagai pendapatan yang masuk ke income statement sampai learning process komplit.

bee-solusi-bisnis

Contoh Jurnal Penyesuaian :

jurna-penyesuaian.photo

Kesimpulanya adalah jurnal penyesuaian ini sangatlah penting, jadi harus Anda buat atau kerjakan dan jika Anda kesulitan silahkan serahkan saja pada akhinya yakni software akuntansi yang akan mempermudah kinerja Anda. Hanya sekali input transaksi makan jurnal dan laporan keuangan otomatis jadi.  

Jika Anda ingin mendapatkan software akuntansi gratis silahkan klik disini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa share agar teman Anda juga mendapatakan software gratisnya. Jika ada yang kurang jelas dan ada yang ingin ditanyakan silahakan chat lewat web atau Anda bisa coment dibawah. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.