Home / Blog / Pengertian dan Fungsi Pajak Masukan dan Keluaran

Pengertian dan Fungsi Pajak Masukan dan Keluaran

Hai, kali ini kami akan membahas tentang Pengertian dan Fungsi Pajak Masukan dan Pajak Keluaran. Secara umum pajak masukan dan pajak keluaran merupakan komponen dari pajak pertambahan nilai (PPN).

Pajak pertambahan nilai (PPN) sendiri merupakan pajak yang dikenakan pada pada waktu perusahaan melakukan pembelian atas barang kena pajak (BKP)/ jasa kena pajak (JKP) yang dikenakan dari dasar pengenaan pajak (DPP).

Pajak pertambahan nilai (PPN) juga merupakan pajak yang menggantikan pajak penjualan (PPn) karena memiliki karakter positif yang tidak dimiliki oleh pajak penjualan.

PPN sebagai pajak objektif dapat diartikan sebagai kewajiban membayar pajak oleh konsumen yang terdiri atas orang pribadi atau badan, dan tidak berkorelasi dengan tingkat penghasilan tertentu.

Siapapun yang mengonsumsi barang atau jasa yang termasuk objek PPN, akan diperlakukan sama dan wajib membayar PPN atas konsumsi barang atau jasa tersebut. Ditinjau dari ilmu perpajakan PPN termasuk dalam kategori: pajak objektif, pajak atas konsumsi umum dalam negeri, dan pajak tidak langsung.

Pajak Masukan

Pajak Masukan merupakan salah satu komponen dari pajak pertambahan nilai (PPN). Pajak masukan sama dengan utang pajak. Dalam hal tertentu, pajak masukan tidak dapat dikreditkan. Faktur pajak merupakan bukti pungutan pajak dan dapat digunakan sebagai sarana untuk mengkreditkan pajak masukan.

Istilah pajak masukan ini mengartikan penerimaan pajak dari orang/badan yang membayar pajak akibat dari pembelian barang kena pajak dari pengusaha kena pajak. Pengusaha kena pajak akan mencatat utang pajak di sisi kredit.

Pajak masukan adalah pajak pertambahan nilai yang seharusnya sudah dibayar oleh pengusaha kena pajak karena perolehan barang kena pajak dan atau penerimaan jasa kena pajak dan atau pemanfaatan barang kena pajak tidak berwujud dari luar daerah pabean dan atau pemanfaatan jasa kena pajak dari luar daerah pabean dan atau impor barang kena pajak.

Pajak masukan sendiri berfungsi sama seperti jenis pajak pada umumya yaitu budgetair, regulerend, fungsi stabilitas dan fungsi redistribusi pendapatan. Tata cara umum Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah pengusaha kena pajak mengkreditkan pajak masukan dalam suatu masa dengan pajak keluaran dalam masa pajak yang sama.

Apabila dalam masa pajak tersebut lebih besar pajak keluaran, kelebihan pajak keluaran harus disetorkan ke kas negara. Sebaliknya, apabila dalam masa pajak tersebut pajak masukan lebih besar dari pajak keluaran, kelebihan pajak masukan dapat dikompensasikan ke masa pajak berikutnya atau dimintakan restitusi.

Pajak Keluaran

Pajak keluaran adalah pajak yang dikenakan atas penjualan barang kena pajak yang ditambahkan sebesar 10% dari harga jual. Pajak keluaran dikenakan ketika Pengusaha Kena Pajak melakukan penjualan terhadap barang kena pajak atau jasa kena pajak. 

Adapun batas waktu untuk melakukan pengkreditan pajak keluaran tersebut adalah tiga bulan setelah masa pajak berakhir sehingga PKP memiliki waktu yang cukup leluasa untuk melakukan pengkreditan pajaknya. Pajak Keluaran sendiri berfungsi sama seperti jenis pajak pada umumya yaitu budgetair, regulerend, fungsi stabilitas dan fungsi redistribusi pendapatan. 

Pajak keluaran sama dengan pajak dibayar di muka. Istilah pajak keluaran ini mengartikan bahwa orang/badan yang membeli barang/jasa kena pajak sekaligus membayar pajak kepada pengusaha kena pajak. Pembeli ini akan mencatat pajak dibayar di muka di sisi debit.

Batas waktu untuk melakukan pengkreditan pajak masukan adalah tiga bulan setelah masa pajak berakhir sehingga PKP memiliki waktu yang cukup lama untuk melakukan pengkreditan pajaknya. 

Sekian artikel Pengertian dan Fungsi Pajak Masukan dan Pajak Keluaran dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.