Home / Blog / Pebisnis Pemula Wajib Pahami 4 Jenis Laporan Keuangan Ini
pebisnis-pemula-wajib-pahami-4-jenis-laporan-keuangan-ini-image

Pebisnis Pemula Wajib Pahami 4 Jenis Laporan Keuangan Ini

Sebagai seorang pebisnis pemula, ada banyak sekali hal penting yang perlu Anda ketahui dan pahami sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis. Ada banyak aral melintang yang pasti akan dihadapi di ujung sana dan perlu persiapan matang untuk menghadapinya. Salah satunya adalah dalam pengelolaan keuangan. Butuh ketelitian dan skill khusus di bidang ini supaya keuangan perusahaan Anda kelak tidak carut marut.

Dalam hal pengelolaan keuangan ini, Anda perlu meramunya khusus dengan membuat laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan merupakan segala macam informasi yang berhubungan dengan keuangan perusahaan dalam sebuah periode akuntansi.

TUJUAN MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN

Tujuan membuat laporan keuangan adalah agar posisi keuangan perusahaan lebih rapi, aman dan terstruktur sehingga memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan, khususnya di bidang keuangan. Jika terdapat kekurangan atau kesalahan fatal yang membuat perusahaan Anda mengalami bangkrut atau rugi, Anda dapat langsung memeriksanya melalui laporan keuangan.

4 Jenis Laporan Keuangan

Laporan keungan dibagi menjadi 4 macam yang penjelasannya akan diuraikan di bawah ini.

1. Laporan laba rugi

laba-rugi-photo

Laporan laba rugi merupakan laporan yang memberikan informasi mengenai laba dan rugi dalam perusahaan. Simgkatnya, laporan laba rugi berisi pendapatan dan biaya-biaya yang wajib dikeluarkan oleh perusahaan. Cara menghitungnya mudah, yaitu keseluruhan pendapatan perusahaan dikurangi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan,

Apabila pendapatan lebih besar dari biaya-biaya tersebut, maka hasil akhir dari laporan laba rugi adalah laba. Namun jika pendapatan lebih kecil dari biaya-biaya yang dikeluarkan, maka hasil akhir dari laporan adalah laba negatif atau rugi.

2. Laporan Perubahan Modal

Sebagai pebisnis pemula, Anda juga wajib paham mengenai laporan perubahan modal. Laporan perubahan modal merupakan laporan keuangan yang berisi perubahan modal pemilik dalam satu periode akuntansi.

Rincian dari laporan ini terdiri dari modal awal, laba atau rugi pada periode tersebut, deviden, dan juga modal akhir. Untuk mengetahui modal akhir, laporan perubahan modal akan menyajikannya dengan cara mengurangkan atau menambahkan modal awal dengan laba atau rugi yang telah dikurangi deviden.

3. Laporan Posisi Keuangan

Dikenal dengan nama lain neraca, laporan posisi keuangan didefinisikan sebagai laporan keuangan yang memberi informasi tentang posisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu. Laporan posisi keuangan ini terdiri dari asset, kewajiban, dan ekuitas.

Dalam laporan posisi keuangan atau neraca, asset diletakkan di posisi kanan, sedangkan kewajiban dan ekuitan diletakkan di sebelah kiri. Total asset haruslah sama dengan total kewajiban dan ekuitas. Jika tidak, maka ada yang salah dalam penghitungan neraca atau salah dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

4. Laporan Arus Kas

laporan-kas-photo

Selain harus paham laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan posisi keuangan, Anda juga harus memahami laporan arus kas. Laporan arus kas memberikan informasi tentang masuk keluarnya kas perusahaan dalam satu periode akuntansi. Secara umum laporan arus kas dibagi menjadi 3 macam, yaitu arus kas dari koperasi, arus kas dari investasi, dan juga arus kas dari pendanaan.

Dari aktivitas koperasi, arus kas terdiri dari penerimaan dan pengeluaran kas yang berhubungan dengan operasional perusahaan. Dari aktivitas investasi, arus kas terdiri dari penjualan dan juga pembelian asset oleh prusahaan, Sedangkan dari aktivitas pendanaan, arus kas terdiri dari penerimaan atau pembayaran kas baik yang dilakukan oleh pemilik perusahaan, adanya aktivitas pinjaman dana maupun pengambilan dana yang dilakukan oleh pemilik sendiri.

Itu dia 4 laporan keuangan yang harus dipahami betul oleh pebisnis pemula. Jika Anda sudah paham akan 4 macam laporan keuangan ini, Anda akan jauh lebih mudah menjalankan bisnis yang sedang Anda rintis. Selamat belajar!

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.