Home / Blog / Metode Penghitungan Komisi Sales

Metode Penghitungan Komisi Sales

Sebagai ujung tombak perusahaan, sales bertanggung jawab dalam melakukan  penjualan produk. Baik buruknya kinerja sales ditentukan oleh seberapa banyak produk yang telah dijual dalam periode tertentu, misalnya satu bulan. Dan dalam periode tersebut, tentunya sales harus menghasilkan profit sesuai target perusahaan. Namun, mereka tidak wajib untuk memikirkan apakah pelanggan terpuaskan atau tidak.

Selanjutnya, sebagai kompensasi atas tanggung jawab serta kontribusinya kepada perusahaan, maka sebagian besar perusahaan akan memberikan gaji, bonus serta komisi. Gaji diberikan karena sales merupakan karyawan perusahaan, meskpiun statusnya masih kontrak maupun sudah permanen.

Bonus biasanya diberikan sebagai apresiasi dari perusahaan atas kinerjanya yang sangat baik dan membanggakan perusahaan. Sedangkan komisi, secara sederhana diartikan sebagai imbalan yang diberikan sebagai balas jasa karena telah melakukan jual–beli atau yang sejenisnya.

Umumnya berbentuk uang serta dihitung berdasarkan persentase tertentu sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati antara pekerja dan pemberi kerja. Sebelum menghitung komisi sales, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain :

  1. Sebagai sales, Anda perlu mengetahui dasar perhitungan besarnya komisi, seperti berdasarkan atas harga beli barang dan jasa yang terjual. Atau juga berdasarkan laba bersih yang diperoleh perusahaan.
  2. Anda perlu menanyakan kepada perusahaan apakah besarnya komisi diberlakukan untuk semua produk atau hanya produk tertentu.
  3. Anda juga berhak untuk menanyakan besaran komisi yang ditetapkan, misalnya : 5%, 10%, 20% dan sebagainya. Serta ketentuan jika melampaui target yang telah ditetapkan.
  4. Jangka waktu pembayaran komisi juga perlu Anda ketahui. Ada perusahaan yang membayarnya sekali dalam seminggu namun ada juga yang melakukan pembayaran komisi setiap sebulan sekali.
  5. Hal yang juga penting Anda ketahui yaitu sistem komisi yang akan dibagikan, apakah untuk satu divisi sales atau langsung dihitung secara personal.

Selanjutnya, untuk menghitung komisi, Anda hanya perlu menghitungnya dari persentase yang telah di tetapkan. Contoh : Seorang salesmen akan mendapatkan komisi sebesar 10% jika berhasil menjual barang seharga Rp 20.000.000. Maka besarnya komisi yang akan dia dapat yaitu 10% x Rp 20.000.000 = Rp 2.000.000.

Jika komisi dihitung dari laba bersih yang diperoleh, maka perlu dihitung terlebih dahulu besarnya laba bersih tersebut. Misalnya, perusahaan mendapatkan laba bersih Rp. 50.000.000 selama bulan Februari 2018. Sedangkan komisi yang ditetapkan yaitu sebesar 5%, maka besarnya komisi yang akan diterima adalah 5% x Rp 50.000.000 = Rp 2.500.000

Lain lagi ketika perusahaan menetapkan komisi untuk divisi sales yang harus dibagi dengan tim (staf sales). Contohnya, selama satu bulan divisi sales mendapatkan komisi sebesar Rp 25.000.000. Dalam divisi tersebut terdiri dari seorang kepala divisi dan tujuh orang staf sales. Dan sesuai dengan ketentuan awal bahwa persentase untuk kepala divisi sebesar 30% sedangkan untuk masing – masing sales sebesar 10%, maka pembagian komisinya yaitu:

  • 30% x Rp 25.000.000 = Rp 7.500.000 (untuk kepala divisi)
  • 10% x Rp 25.000.000 = Rp 2.500.000 (untuk masing – masing anggota)

Selain dengan cara manual, untuk menghitung komisi sales juga bisa dilakukan dengan menggunakan microsoft excel. Perlu diketahui bahwa ketika menghitung dengan menggunakan microsoft excel Anda harus paham tentang formula yang akan digunakan.

Karena itu, ada cara lain yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan software akuntansi yang saat ini sudah banyak dijual secara bebas. Tinggal memilih software akuntansi yang sesuai dengan bidang usaha Anda.

Itulah cara menghitung komisi sales di perusahaan yang bisa Anda terapkan. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa membagikannya kepada pembaca yang lain. Berbagi itu indah. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.