Home / Blog / Cara Meningkatkan Penjualan Retail Dengan Display Barang
Meningkatkan Penjualan Retail Dengan Display Barang

Cara Meningkatkan Penjualan Retail Dengan Display Barang

Sebagai seorang pebisnis retail apakah Anda pernah berpikir jika penempatan barang dagang di rak sangat mempengaruhi penjualan.

Kalau Anda masih bingung begini saya berikan contoh, pernah kah Anda pergi ke suatu tempat untuk membeli barang dan eh pas pulangnya ternyata tidak hanya membawa barang yang menjadi tujuan utama Anda? Entah karena barang itu lagi diskon atau juga karena ketika Anda masuk melihat barang tersebut dan hati Andapun tertarik untuk membelinya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa display barang sangat mempengaruhi volume penjualan. Display yang dimaksud disini bukan hanya sekedar menyusun dan menaruh barang di rak, tetapi ada teknik-teknik khusus.

Penataan barang harus dilakukan dengan mengelompokkan jenis barang sesuai dengan minat konsumen (taste) tentunya dengan tetap memperhatikan segi keindahan, keamanan dan kemudahan mengontrol barang tersebut.

Dan saat Anda melakukan display barang dagangan di toko ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, agar dapat menambah pundi-pundi keuntungan Anda ;

1. Keindahan

Mengapa keindahan ini penting? Jika Anda menempatkan barang tanpa memperhatikan keindahan ataupun estetika ini akan mempengaruhi konsumen Anda. Jika penataan barang di toko Anda rapi dan bersih maka konsumen yang datang akan nyaman berbelanja.

2. Mudah Dicari

Ini saya sering mengalaminya sendiri. Jadi waktu mau belanja saya bingung barang tersebut berada dimana jadi harus bertanya kepada pelayan terlebih dahulu.

Nah salah satu cara untuk memudahkan pembeli adalah penataan barang yang sesuai dengan kelompoknya, serta adanya petunjuk barang yang biasanya digantung di atas rak gondola.

Pemasangan label harga harus mudah terlihat misalnya dengan menempelnya di bagian depan / luar. Dan pastikan juga jika harga di rak sama dengan harga di software kasir, karena kalau tidak konsumen akan merasa tertipu. Maka oleh karena itu gunakanlah software yang dapat mencetak barcode.

Dan semakin banyak barang yang mudah ditemukan semakin banyak pula kemungkinan barang tersebut di beli konsumen.

3. Kemudahan Menjangkau

Sudah menjadi rahasia umum jika yang suka belanja adalah kaum hawa jadi Anda harus mendesain rak yang bisa dijangkau oleh kaum hawa. Sedangkan kaum hawa di Indonesia memiliki tinggi rata-rata sekitar 155 cm. 

Jadi jangan letakkan tinggi-tinggi barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari agar mudah dijangkau ya.

4. Keamanan

Faktor keamanan harus Anda perhatikan dalam mendisplay suatu barang sebagai contoh, kelompok makanan tidak diletakkan bersebelahan dengan kelompok home careBarang yang mudah pecah /elektronik sebaiknya tidak diletakan di pinggir sehingga beresiko tersenggol konsumen.

Sebaiknya tidak menumpuk barang terlalu tinggi di rak sehingga menghidari barang ambruk saat diambil. Serta memilih rak toko / rak display anda dengan kualitas bahan yang baik dan sesuai standart

Inilah alasan mengapa sering kali Anda terjebak untuk membeli suatu barang yang tidak Anda ingin beli heheh. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa share jika Anda merasa ini penting dan harus diketahui oleh pebisnis retail lainya. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.