Home / Blog / Mengenal Lebih Dekat tentang Penentuan Harga Pokok Penjualan

Mengenal Lebih Dekat tentang Penentuan Harga Pokok Penjualan

Setiap perusahaan harus punya apa itu yang disebut dengan harga pokok penjualan. Pasalnya, ini berkaitan secara menyeluruh dengan perhitungan harga pokok suatu barang yang nanti akan disajikan tiap kali pelaporan keuangan perusahaan dikeluarkan. Fungsinya untuk mendapatkan perbandingan antara pendapatan perusahaan dengan keseluruhan biaya yang dikeluarkan sebuah perusahaan sampai produk atau jasa tersebut siap diluncurkan ke pasaran.

Secara definitif, Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah keseluruhan biaya baik yang terikut secara langsung maupun tidak langsung dan harus ditanggung perusahaan mulai waktu pertama barang atau jasa tersebut sampai di tangan perusahaan sebagai bahan baku atau bahan setengah jadi hingga bisa dijual dalam bentuk produk siap pakai. HPP ini berbeda dengan Harga Pokok Produksi. Apa perbedaannya?

Perbedaannya terdapat pada komponen yang terkait secara langsung dalam perhitungan hingga didapatkan nilai. Banyak perusahaan salah memperkirakan, dan mengira bahwa harga pokok penjualan sama dengan harga pokok produksi, nyatanya keduanya tidaklah sama. Berikut ini adalah komponen-komponen perhitungan HPP;

  1. Bahan Baku

Ini adalah komponen utama. Diistilahkan pula sebagai Direct Material komponen ini membentuk sebuah barang dan hampir secara menyeluruh ada pada barang jadi tersebut. Karena itu, perhitungan biaya bahan baku adalah komponen perhitungan HPP yang pertama, didalamnya termasuk beberapa elemen harga antara lain, harga bahan baku itu sendiri, biaya pengangkutan bahan baku dari lokasi awal ke lokasi produksi, storage atau penyimpanan bahan baku sejak sampai di lokasi produksi hingga masuk masa produksi dan beberapa komponen harga lainnya yang lebih mendetil.

  1. Tenaga Kerja

Diistilahkan pula sebagai Direct Labour komponen perhitungan HPP yang ini menyangkut beberapa atau keseluruhan biaya yang harus ditanggung perusahaan dalam bentuk gaji atau upah tenaga kerja. Perhitungan biaya ini diluar biaya yang tertanggung oleh perusahaan yang diantaranya adalah; pemasaran atau marketing, distribusi dan ongkos pengangkutan ke lokasi pasar, serta komponen pembiayaan lainnya. Biaya tenaga kerja produksi untuk menemukan HPP dihitung pada lini produksi saja.

  1. Biaya Tidak Langsung

Berbeda dengan dua komponen lainnya komponen biaya yang ini tidak secara langsung tampak namun tetap menjadi bagian perhitungan biaya tertanggung oleh perusahaan untuk memproduksi produk tersebut. Diistilahkan dengan Factory Overhead perusahaan meski mempertimbangkan 2 aspek untuk menemukan biaya ini, yang diantaranya, [1]Produk itu Sendiri, dan [2]Volume Produksi Produk Tersebut.

Ketiga komponen diatas adalah komponen utama yang membentuk HPP. Setiap perusahaan sangat perlu untuk memperhatikan daftar dari ketiga komponen biaya diatas untuk mendapatkan satu visi menyeluruh terhadap Harga Pokok Penjualan sebuah produk. Sementara itu digunakan beberapa rumus untuk menentukan HPP dan bisa dijabarkan sebagai berikut;

  • HPP = Inventory Cost + Factory Overhead
  • HPP = Total Inventory (Keseluruhan Persediaan Barang Siap Jual) – Persedian Akhir
  • HPP = Inventory Awal + Cost (Keseluhan Biaya belanja Direct Material) – Persediaan Akhir

Dengan menggunakan ketiga rumus sederhana diatas sekaligus memperhatikan dengan seksama poin-poin terkait dengan komponen penentuan HPP maka sebuah perusahaan dapat menemukan berapa HPP untuk satu produk yang diproduksi perusahaan tersebut. Hal ini tentu sangat penting, sebab dengan menemukan HPP secara tepat maka sebuah perusahaan dapat memulai langkah efisiensi proses produksi sampai sebuah produk siap pakai atau berbentuk barang jadi.

 Semakin jeli sebuah perusahaan dalam menemukan HPP maka secara langsung bisa berdampak pada efesiensi biaya produksi, serta efektifitas penggunaan bahan baku. Yang tentu diharapkan bakal mendongkrak keuntungan dari penjualan barang jadi.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.