Home / Blog / Mengenal Jurnal Sistem Entri Tunggal dan Dasar Pencatatan Akuntansi
Mengenal Jurnal Sistem Entri Tunggal dan Dasar Pencatatan Akuntansi

Mengenal Jurnal Sistem Entri Tunggal dan Dasar Pencatatan Akuntansi

Sistem akuntansi entri tunggal mencatat hanya satu sisi dari setiap transaksi. Ini terjadi karena mereka menggunakan satu entri untuk mencatat setiap transaksi. Oleh karena itu sistem entri tunggal tidak menggunakan akun nominal dan nyata. Penekanannya pada kas dan piutang. Sistem akuntansi entri tunggal dapat dideskripsikan sebagai sistem yang digunakan bisnis untuk mendapatkan sesuatu yang mungkin diinginkan perusahaan. Sebelum Anda menggunakannya, ada baiknya mempelajari pro dan kontra berikut ini:

Perusahaan Kecil

Sistem entri tunggal digunakan oleh perusahaan kecil yang baru memulai bisnis. Perusahaan semacam itu tidak memiliki sumber daya yang diperlukan untuk memasang sistem akuntansi lengkap. Oleh karena itu mereka mulai dengan sistem akuntansi entri tunggal. Namun ketika bisnis mereka tumbuh, sebagian besar perusahaan terpaksa mengadopsi sistem entri ganda. Ini karena sistem entri tunggal sangat tidak efisien dan hanya dapat digunakan oleh pemilik tunggal ketika skala bisnis sangat kecil dan transaksi yang akan dilakukan tidak terlalu rumit.

Catatan Tidak Lengkap

Masalah terbesar dengan sistem pembukuan entri tunggal adalah catatan yang tidak lengkap. Sistem entri tunggal mencatat hanya transaksi yang dilakukan perusahaan dengan pihak luar. Ada banyak transaksi dalam perusahaan yang sangat penting dan memerlukan tempat dalam laporan keuangan. Namun, sistem entri tunggal mengabaikan kebutuhan ini dan memberikan informasi yang tidak lengkap kepada manajemen.

Tidak Ada Rekonsiliasi

Sistem akuntansi entri tunggal tidak memiliki ketentuan untuk rekonsiliasi akun. Ini berarti bahwa sistem tidak memiliki deteksi kesalahan bawaan. Oleh karena itu, jika petugas melakukan tugas membuat entri dalam buku, sistem mungkin rentan terhadap kesalahan administrasi. Ini dapat menyebabkan manajemen memiliki informasi yang tidak mencukupi atau tidak memiliki informasi ketika mereka harus membuat keputusan.

Kemungkinan Penipuan

Sistem akuntansi entri tunggal sangat rentan terhadap penipuan dan penggelapan. Hanya ada satu buku akun daripada sistem akuntansi yang rumit. Karenanya, pemeriksaan internal sedikit. Bahkan nyaris tidak ada. Orang yang membuat akun bisa dengan sendirinya memanipulasi pembukuan dan menyalahgunakan sumber daya perusahaan.

Untuk mengatasi masalah ini, Luca Pacioli dan pedagang Venesia lainnya menciptakan sistem akuntansi entri ganda. Sistem ini terbukti sangat efektif dan bermanfaat dan segera menjadi standar emas bagi industri. 

Baca Juga: Cara Sukses Menjadi Reseller, Simak 7 Tips Berikut Ini !

Dasar Pencatatan Akuntansi : Cash Basis vs. Acruel

Dasar Pencatatan Akuntansi
Gambar 1. Dasar Pencatatan Akuntansi (Sumber: Google.co.id)

Akuntansi Basis Kas (Pencatatan Akuntansi Cash Basis)

Pencatatan akuntansi dengan sistem cash basis menggunakan penerimaan dan pembayaran tunai untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran. Oleh karena itu, akuntansi berbasis kas, jika suatu perusahaan melakukan pembayaran gaji pada bulan Januari, 3 bulan kemudian pada bulan April, itu akan dianggap sebagai pengeluaran pada bulan April, karena saat itulah uang tunai dibayarkan. Juga, jika perusahaan yang sama membayar gaji di muka untuk bulan Mei di bulan April, maka itu akan dianggap sebagai pengeluaran untuk bulan April.

Demikian pula, waktu yang dihabiskan perusahaan untuk melakukan penambahan nilai pada produk mereka, muncul dalam pembukuan. Hanya ketika penjualan ditutup dan uang tunai masuk, pendapatan diakui. Basis kas akuntansi menganggap pembayaran di muka sebagai pendapatan karena kas telah diterima.

Ada masalah yang jelas dengan basis kas akuntansi. Mereka adalah sebagai berikut:

Biaya yang Cenderung Berantakan:

Bukan hal yang aneh bagi perusahaan untuk melakukan negosiasi kredit perdagangan untuk diri mereka sendiri. Menurut ketentuan kredit perdagangan, perusahaan menggunakan bahan baku selama periode waktu tertentu dan kemudian melakukan pembayaran sekaligus untuk penggunaan tersebut. Di bawah dasar kas akuntansi, semua biaya muncul pada laporan keuangan sekaligus ketika pembayaran dilakukan. Ini mengacaukan pengeluaran pada laporan keuangan.

Penghasilan cenderung berantakan:

Seperti halnya kita menggunakan kredit dari pemasok kita, perusahaan yang berurusan dengan kita juga cenderung menggunakan kredit kita. Mereka juga melakukan pembayaran kami sekaligus. Karena itu seperti halnya pengeluaran, pendapatan juga cenderung berantakan.

Keuangan Menjadi Tidak Dapat Diprediksi:

Di bawah basis kas akuntansi, tidak akan ada atau sangat sedikit pendapatan dan pengeluaran dalam beberapa bulan dan pendapatan dan pengeluaran yang sangat besar pada beberapa orang lain. Ini akan karena efek kekacauan. Akibatnya, keuangan menjadi tidak dapat diprediksi.

Dasar Akrual Akuntansi

Di sisi lain, basis akrual akuntansi, pendapatan yang diakui saat itu diperoleh dan diakui biaya ketika terjadi:

  • Perusahaan akan mengeluarkan biaya bahan baku secara konsisten karena digunakan dan tidak dalam satu biaya tunggal ketika mereka dibayar.
  • Perusahaan akan mencatat pendapatan ketika semua tanggung jawab yang berkaitan dengan penjualan telah dipenuhi dan perusahaan memiliki hak untuk mengklaim uang dari pelanggan.
  • Uang muka yang diterima akan diperlakukan sebagai kewajiban. Perusahaan harus mengembalikan uang kembali atau memberikan layanan sebagai pengganti yang sama. Kami menggunakan kombinasi uang tunai dan basis akrual. Akun laba rugi dan neraca disusun berdasarkan basis akrual sedangkan laporan arus kas mencatat tentang situasi kas perusahaan.
Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.