Home / Blog / Mengapa UKM Sebaiknya Menggunakan Software Akuntansi?
delapan-tahapan-dalam-siklus-akuntansi-photo

Mengapa UKM Sebaiknya Menggunakan Software Akuntansi?

Memindahkan urusan tata buku keuangan ke sebuah software akuntansi mungkin belum menjadi prioritas bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk saat ini.

Namun, seiring berkembang dan besarnya skala bisnis Anda, migrasi ke software akuntansi merupakan sesuatu yang niscaya bagi para pelaku UKM demi meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis.

Untuk pelaku usaha yang memiliki keterbatasan sumber daya tentu akan berpikir dua kali untuk menggunakan software akuntansi.

Namun perlu diingat bahwa kebutuhan pembukuan akan terus bertambah sejalan dengan semakin besarnya skala usaha. Penggunaan software akuntansi akan sangat berguna untuk membantu bisnis Anda dalam jangka panjang.

Berikut beberapa alasan mengapa pelaku UKM harus beralih ke software akuntansi:

Menjaga Pembukuan Tetap Rapih

Kebiasaan membukukan catatan keuangan secara manual dengan buku besar atau jurnal akuntansi bukan merupakan alasan untuk tidak menggunakan software akuntansi. Dengan software akuntansi, pembukuan keuangan masih dapat disesuaikan dengan tipe neraca yang biasa Anda gunakan dalam pembukuan manual dengan buku.

Software akuntansi membuat aktivitas pembukuan Anda semakin sederhana dan mudah digunakan. Dengan menggunakan software akuntansi yang tepat, Anda sebagai pelaku bisnis tidak perlu menjadi seorang akuntan untuk dapat memahami pencatatan keuangan.

Software akuntansi juga dapat membantu Anda menghitung berbagai macam pajak sesuai dengan aturan secara otomatis.

Menghemat Waktu dan Uang

Orang bilang slogan “waktu adalah uang” tidak berlaku bagi para pelaku bisnis skala kecil dan menengah. Hanya pelaku bisnis skala besar dan mapan yang mampu membayar pegawai untuk mencari tagihan yang hilang, pengeluaran yang tidak tercatat hingga penghitungan pajak yang salah.

Oleh sebab itu, penggunaan software akuntansi sejak dini akan membantu Anda menghindari kesalahan-kesalahan pembukuan keuangan kecil yang tidak perlu terjadi.

Dengan software akuntansi, segala informasi tercatat dengan baik dan dapat diakses mudah dengan hanya beberapa klik. Ini akan membantu Anda menghindari kehabisan waktu untuk mencari bukti pembayaran atau tagihan.

Dengan software akuntansi, segala kalkulasi keuangan dilakukan secara otomatis dan Anda dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada dengan mudah.

Satu kesalahan pembukuan bisa berdampak pada seluruh hasil pembukuan. Dengan software akuntansi, Anda akan terhindar dari satu atau dua kesalahan yang membuat keseluruhan pembukuan Anda tidak tepat.

Analisa Data

contoh laporan grafik fast moving

Software akuntansi dapat memberikan wawasan bagi para pelaku UKM untuk memaksimalkan kinerja bisnis mereka. Dengan software, pelaku bisnis akan mendapat gambaran untuk mengenai seberapa besar keuntungan yang dihasilkan pada setiap tahapan pengembangan bisnis.

Selain itu, software akuntansi akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis Anda secara maksimal. Anda akan dengan mudah mengetahui di mana sumber kebocoran pengeluaran dan infisiensi dalam bisnis Anda.

Dengan informasi yang disimpan secara digital, Anda dapat mengakses kinerja bisnis di mana saja Anda berada. Anda juga dapat menggunakan berbagai tipe analisa terhadap kinerja keuangan Anda.

Analisa software akuntansi ini juga dapat menunjukkan pada Anda pada periode mana bisnis Anda berjalan pelan dan di periode mana kinerja mencapai optimasi maksimum.

Dengan beberapa alasan di atas, tentu pelaku UKM perlu mempertimbangkan matang-matang untuk menggunakan software akuntansi. Software akuntansi akan membantu Anda untuk meningkatkan manajemen bisnis, arus keuangan, dan berbagai fitur penunjang keuangan Anda.

Dengan fitur-fitur tersebut, Anda akan lebih mudah mendorong kinerja bisnis dan merancang perencanaan bisnis jangka menengah dan panjang.

Nah jika Anda ingin menggunakan software akuntansi namun belum ada budget. Silahkan download software akuntansi khusus untuk UKM dan software ini gratis alias tidak dipungut biaya 100 perak pun.  

DOWNLOAD SEKARANG

Semoga artikel diatas bermanfaat. Jangan lupa dishare ke sosial media Anda ya jika bermanfaat. Banyak berbagi banyak rejeki lho. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.