Home / Blog / Mengapa Laporan Keuangan Penting Bagi Bisnis UKM?

Mengapa Laporan Keuangan Penting Bagi Bisnis UKM?

Walaupun skalanya masih kecil, namun Usaha Kecil Menengah tetap perlu memiliki laporan keuangan yang memberikan gambaran tentang bagaimana model bisnis saat ini berjalan dan apakah bisnis UKM tersebut saat ini menguntungkan atau tidak. Laporan keuangan dapat mencakup informasi tentang pengeluaran modal, pendapatan bisnis, tren bisnis, arus kas, neraca perusahaan, dan bagaimana kas ditangani. Sebagai pemilik UKM, ada berbagai alasan mengapa penting bagi Anda untuk terus-menerus menganalisis laporan keuangan perusahaan Anda. Berikut ini alasan mengapa laporan keuangan penting bagi bisnis UKM:

Agar Tidak Terlmabt Bayar Pajak

Walaupun kelasnya masih UKM, namun Anda tetap harus bisa memastikan bahwa semua laporan keuangan akurat dan dilaporkan dengan benar serta bebas kesalahan kepada pemerintah selama musim pajak. Sebagai pemilik UKM, Anda perlu memantau hal-hal seperti arus kas, pengeluaran modal, masalah penggajian, tagihan pelanggan, jadwal bayar suplier dan sebagainya. Untuk itulah laporan keuangan dibuat agar tertib administrasi.

Agar Akuntabilitas Usaha Anda Terjaga Dengan Baik

Menganalisis laporan keuangan akan mendorong akuntabilitas karyawan yang berkontribusi pada usaha Anda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada penyelewengan atau penggelapan yang dilakukan oleh karyawan atau yang lainnya. Mumpung usaha Anda masih kecil, maka menganalisis laporan keuangan penting untuk memastikan akuntabilitas usaha Anda.

Sebagai Dasar Dalam Mengambil Keputusan Keuangan

Laporan keuangan diperlukan ketika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, karena laporan keuangan ini dapat melukiskan gambaran kesehatan keseluruhan perusahaan Anda. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda dapat melihat tindakan dan keputusan manajemen apa yang harus diambil berdasarkan informasi yang diberikan oleh laporan keuangan Anda. Misalnya, jika laporan keuangan Anda menunjukkan tumpang tindih departemen yang mengganggu akselerasi usaha Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan konsolidasi antar departemen. 

Baca Juga: 5 Strategi Menjalankan Usaha Kuliner yang Tepat & Berhasil

Menjaga Kesehatan Keuangan Perusahaan

Keberhasilan bisnis seringkali tergantung pada keberhasilan keuangannya. Menganalisa laporan keuangan perusahaan Anda akan memberi Anda gagasan yang lebih baik tentang kesehatan keuangan bisnis Anda. Gambaran keuangan ini dapat mencakup informasi tentang likuiditas, leverage, dan profitabilitas, dan akan jadi alat bantu dalam memandu strategi manajemen Anda untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan Anda.

Apa Sajakah yang Harus Anda Perhatikan Dalam Melakukan Analisa Laporan Keuangan Anda?

Ada tiga laporan dasar yang dibutuhkan usaha kecil menengah untuk melacak keuangannya: neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Laporan arus kas bisa dibilang yang paling penting dari laporan keuangan usaha kecil. Laporan ini pada dasarnya menunjukkan apakah bisnis menghasilkan uang, atau tidak. 

Laporan Keuangan yang Komprehensif

Dalam laporan keuangan, Neraca menunjukkan aset, kewajiban, dan kekayaan bersih perusahaan, dan tidak terlalu berkaitan dengan operasi harian bisnis. Sedangkan Laporan laba rugi terkait erat dengan arus kas – ini menunjukkan apakah bisnis telah menghasilkan untung atau rugi, dengan mempertimbangkan total pendapatan dikurangi total biaya. Arus kas memecah informasi dalam neraca dan laporan laba rugi menjadi data yang lebih sederhana. Data yang lebih sederhana ini memberikan gambaran tentang seberapa baik kinerja bisnis Anda.

Fokus Pada Arus Kas

Sebuah bisnis skala kecil menggunakan laporan arus kas untuk melaporkan arus masuk dan keluar bisnis. Arus masuk adalah uang tunai atau pendapatan yang masuk ke bisnis melalui penjualan komoditas; sedangkan arus keluar adalah uang tunai yang digunakan dalam operasi harian bisnis. Aliran uang masuk dan keluar ini penting untuk menjaga bisnis tetap beroperasi. Tanpa arus masuk yang memadai, maka bisnis akan kekurangan uang tunai untuk membayar pengeluaran dan untuk membeli persediaan atau stok.

Frekuensi

Seberapa seringkah suatu usaha kecil mengelola laporan arus kasnya? Pemilik usaha kecil harus melaporkan arus kasnya setiap bulan. Hal ini karena sebagian besar usaha kecil membeli inventaris dan membayar biaya setiap bulan. Karena peran krusial yang dimainkannya dalam bisnis, penting untuk tidak mengabaikan pelaporan dan akuntantabilitas untuk arus kas ini. Hal ini penting terutama karena usaha kecil seringkali mengalami kesulitan dalam meningkatkan dan menghasilkan uang ketika mereka baru saja memulai usaha.

Dengan memahami pentingnya laporan keuangan diatas, diharapkan setiap pemilik UKM memiliki panduan dalam mengelola usahanya menuju ke arah yang benar.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.