Home / Blog / Mengapa Brand Sangat Penting Untuk Usaha Kecil?

Mengapa Brand Sangat Penting Untuk Usaha Kecil?

Selain logo yang mudah diingat, branding yang baik meningkatkan nilai perusahaan, memberikan arahan dan motivasi kepada karyawan, dan membuat lebih mudah mendapatkan pelanggan baru. Jadi apa sebenarnya merek itu?

Jawaban singkatnya adalah: semuanya.

Sebuah merek mewakili jumlah persepsi orang tentang layanan pelanggan, reputasi, iklan, dan logo perusahaan. Dan ketika semua bagian dari bisnis ini bekerja dengan baik secara bersama dan keseluruhan maka brand (merek) bisnis Anda akan cenderung sehat. Menurut Discover, Learn & Grow berikut ini alasan mengapa brand sangat pentung untuk usaha kecil Anda:

Branding Menciptakan Kepercayaan

Ketika sebuah perusahaan menampilkan diri mereka secara profesional, dan ketika ada bukti sosial bahwa produk dan layanan mereka berkualitas, prospek akan mempercayai perusahaan itu dan merasa lebih nyaman memberikan uang hasil jerih payah mereka untuk berbelanja produk atau jasa Anda. Disini peran branding sangat penting.

Branding Meningkatkan Pengakuan Akan Produk Atau Jasa Anda

Salah satau cara menciptakan brand yang kuat adalah membuat logo yang berklualitas. Meskipun logo Anda tidak harus menjadi yang terbaik dari semua upaya branding Anda, Anda tetap harus meluangkan waktu dan upaya untuk menghasilkan logo yang mengesankan dan dirancang secara profesional. Logo Anda tidak hanya akan berkesan, tetapi juga akan memberikan kesan yang diinginkan pada perusahaan Anda sehingga ketika orang melihatnya, mereka langsung berpikir dan merasakan apa yang Anda ingin mereka pikirkan dan rasakan.

Branding Mendukung Upaya Pemasaran Anda

Pemasaran adalah komponen penting dari merek Anda. Apalagi jika usaha Anda masih baru dan masih kecil. Media dan saluran yang dipilih serta target demografis membantu membangun merek Anda. Berhati-hatilah dengan fokus pemasaran yang terlalu sempit, atau Anda akan berisiko “dikecewakan” dan kehilangan kemampuan untuk berekspansi ke pasar baru. Lagipula, fokus pemasaran yang terlalu luas juga dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk menciptakan kesan yang jelas tentang perusahaan Anda di benak konsumen. Anda bisa menciptakan branding yang dikelola dengan baik untuk mendukung upaya pemasaran usaha kecil Anda. 

Baca Juga: Inilah Skill Penting Untuk Pengusaha Pemula

Branding memotivasi karyawan

Siapa pun dapat merekrut karyawan, tetapi hanya merek yang kuat yang dapat membuat karyawan termotivasi dan terinspirasi untuk membawa visi dan misi Anda ke depan. Ketika merek Anda terasa membanggakan, maka karyawan Anda juga akan melakukan hal terbaik untuk bisnis Anda. Memiliki brand yang kuat sangat penting untuk meningkatkan moral dan produktivitas karyawan.

Branding Menghasilkan Pendapatan Baru

Branding adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan referensi atau bisnis dari mulut ke mulut. Dan sekali lagi, inilah mengapa penting agar logo, pemasaran, dan reputasi Anda bekerja secara kohesif untuk membentuk kesan yang tak terhapuskan di benak konsumen. Pikirkan tentang hal ini, Anda tidak dapat memberi tahu teman Anda tentang sebuah produk kuliner, misalnya yang baru saja Anda makan jika Anda tidak dapat mengingat mereknya.

Sekarang setelah Anda tahu mengapa penting untuk mengembangkan strategi branding yang solid, berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

1. Selalu Pikirkan Pelanggan Anda

Merek Anda harus menyelaraskan diri dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda. Saat memulai kampanye branding apa pun, selalu perhatikan pelanggan Anda.

2. Ciptakan Pesan yang Menggambarkan Nilai Bisnis Anda

Anda harus membuat pesan langsung dan sederhana MENGAPA merek Anda penting bagi pelanggan Anda. Sebagian besar konsumen tidak memiliki waktu atau kecenderungan untuk mencari tahu ini atas nama Anda. Merek Anda harus mampu menjawab pertanyaan, “mengapa harus memilih Anda?”

3. Gunakan Emosi

Jika Anda mampu memberi konsumen alasan untuk peduli dan merasakan sesuatu tentang merek Anda, mereka punya alasan untuk membeli produk Anda. Kebanyakan orang membuat keputusan pembelian berdasarkan emosi bukan logika, jadi ciptakan emosi dalam prospek Anda setiap kali mereka melihat merek Anda.

Tidak peduli berapa ukuran usaha Anda, bisnis yang paling sukses adalah yang telah memantapkan diri mereka sebagai pemimpin dalam industri mereka dengan menciptakan merek yang kuat. Dan, ketika bisnis ini fokus membangun pengalaman pelanggan yang berharga, mereka dengan mudah mengubah pelanggan menjadi duta merek Anda.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.