Home / Blog / Perbandingan Software Online vs Offline

Perbandingan Software Online vs Offline

“Mana yang terbaik, Software Offline atau Online?”

Seringkali muncul dibenak para calon pembeli software bisnis karena dirasa operasional mereka sudah waktunya membutuhkan sebuah software, tapi mending software offline atau online sih?

Sebelum membahas mengenai software offline atau online, ada baiknya untuk mengetahui problem apa saja yang Anda alami dalam perusahaan sehingga memaksa Anda untuk menggunakan sebuah software.

bisnis pusing - Perbandingan Software Online vs Offline

Dasarnya ketika orang sudah mulai mencari sebuah software bisnis, maka dikala itu terdapat sebuah kendala pada perusahaannya. Entah itu kendala operasional, atau kendala lainnya.

Kalau membahas masalah keuntungan, jelas sekali banyak banget manfaat yang akan diperoleh ketika sudah mulai menggunakan sebuah software bisnis. Tentu saja pada sebuah perusahaan sudah pasti ada sebuah masalah, entah itu masalah keuangan, masalah manajemen dan lainnya.

Software bisnis membantu Anda menangani semua masalah yang Anda alami saat ini. Karena umumnya software bisnis dibuat dengan tujuan untuk membantu pengusaha dalam mengelola perusahaan yang mereka bangun.

Kenapa Anda harus menggunakan software bisnis?

Padahal dengan excel saja sudah cukup! Yess benar saja hanya dengan excel sudah bisa membuat laporan yang dibutuhkan usaha Anda. Namun pertanyaannya, apakah sudah cukup efisien membuat laporan dengan excel?

Seperti yang Anda tahu, membuat laporan yang meliputi banyak hal seperti laporan neraca, laporan persediaan dan lainnya. Tentunya ini akan memakan waktu yang lama jika dikerjakan secara manual ataupun dengan excel.

Perlu Anda ketahui, bahwa dengan menggunakan software kinerja Anda akan jauh lebih cepat karena semua akan terselesaikan secara otomatis bila penggunaannya sesuai dengan sistemnya.

…Adapun beberapa manfaat bila Anda menggunakan software:

  • Sangat memudahkan pengerjaan laporan keuangan dalam waktu yang cepat. Dengan itu Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga mapun orang tersayang.
  • Jika terjadi kesalahan input data Anda hanya perlu memperbaikinya tanpa harus memulai dari awal. Bayangkan saja jika Anda belum menggunakan software apa yang akan terjadi pada saat Anda harus mengulangi pekerjaan tentunya akan sangat menjengkelkan dan membuang-buang waktu.
  • Meningkatkan efisiensi pekerjaan karena seluruh proses akan berjalan secara otomatis, Anda hanya perlu menginput data atau transaksi.
  • Mudal untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis setip saat secara realtime. Dengan begitu akan membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat karena data yang disajikan cepat dan akurat pastinya.

Mana yang Efektif, Offline atau Online?

online vs offline gambar

Meski diantara keduanya memiliki fungsi yang sama, tapi untuk pemilihan software harus benar-benar dipilih secara matang. Tidak boleh sembarangan karena ini menyangkut keuangan usaha Anda. Apabila Anda salah pilih maka siap-siap rugi…

Oke mari kita cari tahu, mana sih yang lebih efektif? Saya akan coba jabarkan keduanya..

Software Bisnis Offline..

Software bisnis offline adalah software yang terpasang secara permanen di komputer. Kelebihan software ini yaitu memiliki performa yang baik karena berjalan pada spesifikasi hardware dari komputer yang dipasang. Selain itu software ini tidak membutuhkan koneksi internet sehingga dapat dibuka diluar jaringan yang ada.

Untuk kelemahannya, software ini tidak dapat diakses dari jarak jauh bila ada keperluan seperti pengawasan atau pengambilan database laporan keuangan dari program. Software ini juga tidak dapat disebarkan karena memiliki nomor seri yang berbeda satu sama lain untuk komputer yang berbeda.

Yang menguntungkan adalah, software ini sangat efektif untuk para pebisnis atau akuntan yang jarang melakukan perjalanan. Dengan spesifikasi komputer yang sesuai, software ini akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan.

Software Bisnis Online..

 

Software bisnis online ini adalah sebuah software jenis baru yang beredar di umum. Kelebihan software ini adalah dapat dengan mudah diakses dimana saja sesukanya dengan menggunakan browser tanpa harus instalasi software di gadget yang digunakan.

Kemudian, software ini ringan dan tidak memerlukan spesifikasi gadget yang tinggi. Namun sayangnya, software ini sangat memerlukan koneksi internet dengan kecepatan yang mumpuni. Jika tidak, software ini tidak dapat diakses. Software akuntansi online sangat cocok digunakan oleh pebisnis dan akuntan yang dinamis dan selalu berpergian.

Kesimpulan…….

software bisnis online atau offlineDari pernyataan di atas, Anda harusnya sudah paham akan kebutuhan Anda dalam bisnis Anda. Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa Anda jangan salah pilih karena ini adalah sebuah investasi awal dimana Anda harus mengeluarkan sejumlah rupiah untuk membelinya.

Software offline maupun online, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perlu saya jelaskan ulang, jika Anda membutuhkan software yang aman, maksudnya setiap detail laporan keuangan dalam database Anda ingin aman, maka saya merekomendasikan Anda pilih yang offline.

Software Bisnis Offline memungkinkan Anda untuk melakukan instalasi di perangkat komputer Anda, dan yang perlu Anda ketahui bahwa penginstallan database juga akan disimpan di komputer Anda.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa banyak para pengguna internet yang tidak bertanggung jawab melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan beberapa pihak. Kalau Anda tidak menginginkan database Anda di ketahui orang, maka tidak disarankan Anda memilih software online

Database yang aman, adalah database yang disimpan dalam komputer Anda. Sebab orang tidak akan bisa mengakses database Anda apabila database tersimpan dalam kompter Anda secara offline.

Nah kalau ngomongin internet, apabila lokasi usaha Anda berada di sebuah pulau yang koneksi internetnya tak stabil, maka Anda akan mendapatkan suatu nilai untung karena database Anda benar benar aman.

Lagipula apabila Anda benar-benar berada di pulau yang koneksi internetnya kurang stabil, apakah Anda tetap memilih yang Online? Tentu saja tidak kan.. Karena software bisnis online mengharuskan Anda memiliki koneksi internet sehingga apabila tidak ada koneksi internet maka Anda tidak bisa menggunakannya.

Supaya Anda tidak salah pilih, kami sarankan Anda menggunakan Beeaccounting.

Bee accounting adalah software bisnis yang terintegrasi dan mudah digunakan, Bahkan untuk Anda yang awam masalah akuntansi sekalipun. Software accounting ini membantu Anda menyelesaikan berbagai problem dibawah ini:

  • Sulit memantau keluar-masuk stock & uang?
  • Piutang tidak terkontrol & tidak tertagih?
  • Lembur menyusun Laporan Keuangan?
  • Kerja lebih 8 jam setiap hari, terpenjara oleh bisnis sendiri?

Anda tidak perlu khawatir tentang database Anda, karena database Anda benar-benar aman terinstall dan tersimpan di harddisk komputer Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir masalah koneksi internet, karena software ini benar-benar offline tanpa internet

Sangat disarankan Anda mencoba Trial 30 Hari, agar Anda benar-benar merasakan berbagai fitur yang disediakan Beeaccounting.

Wah, saya tertarik!

Senar dengarnya kalau Anda sudah bisa memutuskan mana yang lebih baik demi perkembangan bisnis Anda.

Tentu saja, bila Anda sudah memutuskan untuk memilih jalan terbaik untuk bisnis Anda, maka saya persilahkan Anda untuk segera Take Action!

Hubungi kami melalui Whatsapp, dengan menekan tombol berikut ini:

Kami tunggu di apliasi Whatsapp 🙂

Silahkan share artikel ini bila Artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih atas waktu Anda yang telah berkunjung di website ini…

 

Apa Komentar Anda untuk Artikel ini? Silahkan Berkomentar di bawah.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Segala sesuatu yang kita kerjakan pasti akan ada kebaikan atau manfaat yang berguna untuk motivasi diri kita sendiri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.