Home / Blog / Mencegah Kerugian Bisnis Sembako Grosir

Mencegah Kerugian Bisnis Sembako Grosir

Bisnis sembako akan selalu menjadi pertimbangan serius dalam memilih usaha. Bisnis ini akan menjanjikan karena dari segi pemasaran tidak akan menemui banyak kesulitan. Wajar saja jika kemudian pelaku usaha lebih memilih peluang usaha yang membidik barang kebutuhan pokok sebagai barang dagangannya. Meskipun usaha ini bukan hal baru namun peluangnya masih tetap menjanjikan seiring dengan semakin banyaknya perumahan-perumahan baru khsusunya di daerah perkotaan. Tak heran jika ada sebuah perumahan baru usaha yang paling pertama muncul adalah usaha sembako.

Namun, jangan mengira usaha sembako semuanya mudah. Banyaknya saingan dalam bisnis ini, dari toko klontong, minimarket hingga swalayan. Persaingan ini tidak dapat Anda remehkan, dikarenakan masyarakat sekarang lebih menyukai datang, melihat dan menyentuh sendiri produk sembako mereka. Ada juga yang lebih suka memilih membeli dengan layanan pesan antar. Anda harus cermat membaca peluang dan resiko bisnis sembako grosir ini.

Cara mencegah kerugian dalam bisnis Sembako grosir :

  1. Perhitungan yang sesuai. Tentu Anda sadar dalam memulai bisnis ini membutuhkan stok sembako yang banyak dan pastinya memerlukan modal yang cukup mahal. Anda harus melakukan perhitungan yang pas untuk mencegah kerugian. Pencatatan yang valid dari stok barang, transaksi hingga biaya operasional akan membantu anda dalam mengembangkan bisnis anda.

    Jangan pernah meremehkan nota, kebanyakan pelaku bisnis sembako grosir menggunakan nota dari kertas bekas dan karton bekas. Anda jangan melakukan itu, lebih baik anda mencatat juga semua transaksi penjualan tersebut. Lebih baik lagi bila anda mencatat dalam bentuk excel yang rapi dan jelas atau memanfaatkan sistem program akuntansi yang dapat melakukan cetak nota, PO, utang dan piutang sekaligus.

  2. Sembako tidak tahan lama. Ingat sembako yang ada jual tidak dapat tahan lama, Anda harus menjual sembako anda secepat mungkin. Pencatatan tanggal kadarluwara dapat menjadi solusinya. Anda dapat menggabungkan keberadaan stok berlebih dengan promo-promo menarik untuk membuat pelanggan dekat dan memilih Anda sebagai prioritas mereka dalam membeli kebutuhan pokok.

  3. Promosi menarik Anda harus bisa melakukan promosi yang menarik untuk memperkenalkan bisnis sembako grosir anda. Agar para pengusaha toko klontong, eceran dan bahkan konsumen ecer memilih anda untuk membeli sembako dalam skala banyak. Anda dapat menggabungkan beberapa trik marketing yang sedang dilakukan oleh beberapa pelaku bisnis lainnya. seperti: – Menyebarkan Brosur harga sembako, ini dapat dilakukan untuk anda yang ingin mengenalkan usaha anda kepada masyarakat sekitar. – Memasang spanduk, untuk memberitahukan promo khusus di bulan ini. – Door to door mungkin ini akan sedikit sekali hasilnya, namun jangan remehkan.

    Dengan mendatangi dan menawarkan langsung sembako anda mereka akan teringat usahaa anda saat pertama kali membutuhkan dalam jumlah besar. – Layanan delivery sangat membantu pelanggan anda yang membeli dalam jumlah banyak – Layanan pemesanan online menggunakan hosting atau Aplikasi sendiri. Bisa menjadi trobosan baru dalam – Token berhadiah disetiap pembelian sejumlah berapa banyak. Ini dapat menjadi motivasi pelanggan dalam berbelanja di bisnis anda.

  4. Up To Date terhadap Inovasi Perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat sangat cepat berubah. Sebagai pelaku bisnis anda jangan terpaku dengan satu hal. Terus belajar dan tumbuh dapat menjadi kebiasaan yang baik untuk mempertahankan kesuksesan bisnis Anda. Jangan pernah ragu mencoba inovasi baru, Anda dapat meniru bentuk minimarket dalam menata produknya namun tetap jumlah pembeliaan anda harus dalam jumlah banyak.

Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat untuk anda yang menjalankan bisnis distributor sembako. Peluang bisnis ini masih sangatlah luar bias bila Anda membukanya di pelosok-pelosok negeri ini dan membantu pemerintah dalam pemerataan distributor kebutuhan pokok. Sukses selalu untuk Anda Let’s #Beefree. 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator