Home / Blog / Membuat Laporan Laba Rugi dengan Excel

Membuat Laporan Laba Rugi dengan Excel

Dalam menjalankan bisnis, pengusaha yang baik pastinya akan menyusun laporan keuangan. Laporan tersebut berguna untuk menggambarkan kinerja perusahaan selama periode akuntansi. Tidak hanya pihak internal yang berkepentingan dengan laporan keuangan, tetapi juga pihak eksternal. Karena dari membaca laporan keuangan masing-masing pihak dapat menentukan sikap.

Selanjutnya, sesuai dengan  pasal 2 UU no.8 tahun 1997 bahwa salah satu bagian dari laporan keuangan yang wajib dibuat yaitu laporan laba rugi (income statement). Laporan ini dibuat untuk mengukur keberhasilan operasional perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Untuk membuatnya, terlebih dahulu perlu Anda ketahui unsur-unsur yang ada dalam laporan tersebut.

Unsur–Unsur Laporan Laba Rugi

  1. Pendapatan (income), yaitu arus masuk atau peningkatan aktiva lainnya. Pendapatan juga diperoleh setelah menyelesaikan liabilitas selama periode tertentu.
  2. Beban (expenses), yaitu arus keluar atau penggunaan aktiva. Timbulnya liabilitas juga dikarenakan perusahaan telah mengirimkan barang atau telah menyelesaikan jasa.
  3. Keuntungan (profit), yaitu meningkatnya ekuitas akibat dari transaksi perusahaan yang periferal. Keuntungan juga bisa dihasilkan dari pendapatan atau investasi dari pemilik bisnis
  4. Kerugian (loss), yaitu menurunnya ekuitas dikarenakan adanya transaksi perusahaan yang periferal. Kerugian juga bisa dihasilkan dari beban atau pendistribusian kepada pemilik bisnis secara langsung.

Setelah mengetahui unsur–unsur laporan laba rugi, selanjutnya Anda bisa membuat laporannya. Salah satunya dengan menggunakan excel. Bagaimana langkah–langkahnya? Simak penjelasan berikut.

bee-solusi-bisnis

Langkah–Langkah Membuat Laporan Laba Rugi :

  1. Ketik nama perusahaan, judul laporan (laba rugi) dan periode akuntansi pada bagian paling atas dari
  2. Ketik penjualan dan masukkan angkanya sejajar dengan kata penjualan. Jika tidak ada komponen lain yang berhubungan dengan penjualan, maka angka tersebut merupakan total penjualan. Namun jika ada komponen lain seperti : diskon, retur dan pendapatan lain maka komponen tersebut harus ditotal terlebih dahulu. Selanjutnya, ketik total penjualan dan masukkan angkanya
  3. Ketik HPP (harga pokok penjualan) dan masukkan angkanya
  4. Ketik laba/rugi kotor dibawah HPP dan hitunglah laba kotor tersebut. Untuk mendapatkan angka laba kotor, Anda harus mengurangkan antara total penjualan dengan HPP
  5. Ketik biaya – biaya, dan rinci satu per satu biaya yang telah di bayarkan, seperti : gaji pegawai, listrik, telepon, internet, biaya penyusutan dan sebagainya. Selanjutnya, total semua biaya dan masukkan angkanya
  6. Hitunglah laba sebelum pajak dengan cara mengurangkan antara laba/rugi kotor dengan total biaya. Tulislah laba sebelum pajak tepat dibawah total biaya. Jika tidak memasukkan komponen pajak maka perhitungan laba/rugi telah selesai. Namun jika memasukkannya, maka perhitungan masih tetap berlanjut.
  7. Masukkan komponen pajak dibawah laba sebelum pajak. Kurangkan antara laba sebelum pajak dengan pajak yang telah dibayarkan. Hasilnya berupa laba/rugi bersih.

Berikut ini adalah contoh laporan laba rugi yang dibuat dengan menggunakan excel

 

PT. Bumi Sejahtera Sentosa

Laporan Laba Rugi
Per 31 januari 2018
         
I   Pendapatan    
  a Penjualan 100.000.000  
  b Diskon 20.000.000  
  c Retur 10.000.000  
    Total pendapatan   130.000.000
II   HPP   50.000.000
    Laba/Rugi kotor   80.000.000
III   Biaya – biaya    
  a Gaji pegawai 25.000.000  
  b Listrik 10.000.000  
  c Telepon 15.000.000  
  d Perlengkapan kantor 8.000.000  
  e Transportasi 7.000.000  
    Total biaya   65.000.000
    Laba sebelum pajak   15.000.000
IV   Pajak   1.000.000
    Laba Bersih   14.000.000

 

Selain dengan excel, pembuatan laporan laba rugi bisa Anda kerjakan dengan menggunakan software akuntansi yang sudah banyak dijual secara bebas.

Itulah cara membuat laporan laba rugi dengan excel. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa membagikannya kepada pembaca yang lain. Berbagi itu indah. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.