Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel
Home / Blog / Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel
Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel
Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel

Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel

Bagi Anda yang baru memulai bisnis tour & travel, masalah laporan keuangan terkadang membuat Anda pusing tujuh keliling. Apa lagi jika Anda tidak memiliki keahlian dalam bidang akuntansi. Mengingat usaha travel merupakan jenis usaha jasa. Bisnis jasa berbeda dengan bisnis jual beli.

Supaya Anda mampu membuat laporan keuangan usaha travel yang baik, maka Anda perlu mempelajari yang namanya kerangka akuntansi. Dengan mempelajari hal ini, Anda bisa membuat system akuntansi untuk usaha travel Anda.

Banyak sekali jenis kerangka laporan keuangan, namun semuanya dibedakan berdasarkan jenis dan kegunaannya. Jadi tidak semua jenis laporan bisa digunanakan untuk segala bisnis, beda jenis usaha beda jenis laporan keuangan dan juga kerangka akuntansinya.

Oleh sebab itu, begitu pentingnya bagi Anda mempelajari panduan membuat laporan keuangan usaha travel.  Pada intinya, ketika Anda belajar kerangka system akuntansi, terletak pada bagaimana Anda mencatat dan mengelompokan keuangan

Mengenal Transaksi Keuangan

Perhatikan ini. Setiap ada transaksi, maka secara langsung akan berimbas pada laporan keuangan. Dengan demikian bisa Anda artikan bahwa transaksi keuangan merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan. Pastikan setiap transaksi memiliki sumber yang jelas. Hal ini, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, akan berimbas langsung pada perusahaan travel Anda.

Sebagai contoh bisnis travel adalah bisnis yang menjual jasa maka Anda mendapat penghasilan disebut pendapatan jasa. Untuk itu semua catatan mengenai pendapatan jasa dijumlahkan dan ditempatkan pada kelompok penghasilan. 

Mencatat Biaya Operasional

Dalam melakukan operasional bisnis travel Anda mengeluarkan bermacam-macam biaya. Masing-masing dijumlahkan berdasarkan kelompoknya dan tempatkan pada bagian biaya.  Anda juga mungkin mengeluarkan biaya diluar usaha pokok perusahaan Anda dikelompokan pada biaya lain-lain.

Setelah Anda mengetahui keuntungan / laba sebesar sekian rupiah, maka Anda dikenakan pajak penghasilan sebesar ketentuan yang berlaku. Semua itu dapat Anda masukan pada kerangka laporan rugi laba yang telah ada dan semua mudah! Kesulitan biasanya timbul akibat kelalaian dalam mencatat dan menggelompokan sehingga banyak orang bilang bikin laporan keuangan susah.

Di dalam bisnis, keuangan merupakan aspek terpenting yang tak bisa terelakkan lagi. Bahkan, bisa dibilang hal ini merupakan sesuatu yang mutlak dan harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Agar Usaha bisnis Anda tetap bertahan, maka keuangan merupakan salah satu hal yang tidak boleh Anda remehkan begitu saja. Menggunakan sistem pencatatan keuangan yang valid menjadi solusi untuk Anda dalam mengontrol keuangan bisnis Anda. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda
Artikel terkaitclose