Home / Blog / Manfaat Membayar Pajak Bagi Pengusaha

Manfaat Membayar Pajak Bagi Pengusaha

Pajak merupakan sumber pendapatan negara yang paling utama. Pemasukan pajak, diharapkan menjadi salah satu sarana pemerataan pendapatan warga negara dan sumber dana pembangunan negara bagi pemerintah. Warga negara yang baik memiliki kewajiban untuk melakukan pelaporan pajak yang dikenal dengan SPT atau surat Pemberitahuan Tahunan. Batas waktu pelaporan SPT Tahunan dibagi menjadi 2 yaitu , setiap tanggal 31 Maret untuk pribadi dan 30 April untuk badan usaha atau perusahaan. Anda bis melaporkannya secara manual atau online.

Manfaat Membayar Pajk Bagi Pengusaha

Selain untuk kepentingan warga negara dan juga mendukung pemerintah dalam menjalankan program pembangunan, pajak juga memberikan manfat bagi pengusaha. Berikut ini sederet manfaat ajak bagi pengusaha yang perlu Anda pahami agar Anda makin semangat mendukung pembangunan melalui sektor pajak ini:

  1. Usaha Anda makin punya reputasi dan dipercaya di mata konsumen. Jika usaha Anda sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) maka perkembangan bisnis juga lebih mudah dilakukan karena NPWP seringkali menjadi syarat kontrak dengan konsumen.
  2. Usaha Anda akan semakin mudah untuk mendapatkan modal dari kreditur (bank). Salah satu syarat utama untuk mendapatkan pendanaan dari bank adalah memiliki NPWP. Dengan memiliki NPWP, usaha Anda akan lebih mudah mengajukan pinjaman modal, makin terlihat lebih profesional dan pada akhirnya membuat pertumbuhan bisnis semakin cepat dengan dukungan modal yang lebih mudah untuk didapatkan.
  3. Dengan memiliki NPWP, artinya usaha Anda akan tertib membayar pajak yang pada akhirnya Anda akan membantu pemerintah secara aktif dan nyata berkontribusi dalam pembangunan negara. Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini akan makin gencar mendorong tumbuhnya pengusaha baru demi menunjang pendapatan negara dari sektor pajak.

Bagaimana hutang dan pajak dapat membuat pengusaha semakin sukses?

Untuk menjadi pengusaha sukses, Anda harus pintar dalam mengelola hutang dan juga pajak. Dalam hal ini kami akan lebih banyak mengulas dari sisi manfaat keduanya bagi pengusaha.

  • Pengusaha jadi lebih paham dengan risiko. Semua pasar memiliki risiko. Apakah Anda berinvestasi dalam real estat, energi, pertanian atau membuat bisnis Anda lebih besar, ada risiko kehilangan uang. Tren bisnis bisa dianalisa dari tren pembayaran pajak anda, sedangkan resiko bisnis bisa dianalisa dari hutang usaha Anda. Tertib dalam mengelola kedua hal ini akan membuat usaha Anda makin besar dan sehat.
  • Taklukkan fobia audit Anda. Pengusaha bisnis besar sering membiarkan ketakutan akan audit menghalangi mereka mengambil keuntungan dari setiap manfaat pajak yang mungkin saja tersedia. Jadikan audit sebagai peluang untuk mempelajari dan meningkatkan kesehatan bisnis Anda. Pikirkan audit sebagai pemeriksaan tahunan, seperti ujian fisik. Jika Anda telah memilih akuntan Anda dengan baik, ia akan mengajari Anda jika Anda menghadapi audit.

Kedua hal ini bisa Anda lihat dari kedua sisi. Jika Anda seorang karyawan yang bermimpi menjadi bos bagi Anda sendiri atau pemilik usaha kecil, Anda mungkin fokus untuk bekerja demi uang dan menghindari hutang. Anda mungkin berpikir bahwa 1 persen harus menanggung lebih banyak beban pajak. Coba lihat perspektif pihak lain. Bayangkan Anda seolah berdiri di tepi koin logam. Dari sudut pandang itu, Anda dapat melihat kedua sisi dan membuat keputusan yang cerdas dalam hal ini keputusan untuk mengelola uang, hutang dan juga pembayaran pajak termasuk didalamnya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.