Home / Blog / Manfaat dan Potensi Masalah Penggunaan Aplikasi Akuntansi Dalam Pembukuan Toko Supermarket
aplikasi akuntansi

Manfaat dan Potensi Masalah Penggunaan Aplikasi Akuntansi Dalam Pembukuan Toko Supermarket

Setiap bisnis, terlepas dari ukuran atau industrinya, bertanggung jawab atas proses akuntansinya sendiri untuk memasok informasi yang dibutuhkan regulator dan mengawasi perkembangan dan pertumbuhannya sendiri. Toko supermarket menghadapi beberapa tantangan akuntansi khusus, baik dalam bentuk bisnis yang kompleks dengan sumber daya yang terbatas sehingga harus dicurahkan ke proses akuntansi dalam menyusun pembukuan toko supermarket yang kredibel. Disinilah peran penting aplikasi akuntansi. Manfaat perangkat lunak aplikasi akuntansi ini dapat memiliki efek luas di seluruh sistem keuangan toko supermarket Anda. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan jika migrasi ke sistem aplikasi akuntansi tersebut:

Baca Juga: 3 Keuntungan Menggunakan Perangkat Lunak Aplikasi Akuntansi Untuk Usaha Kecil Menengah

Penghematan waktu

aplikasi akuntansi

Perubahan paling cepat yang diketahui banyak perusahaan ketika mereka pindah dari buku besar kertas atau spreadsheet ke perangkat lunak akuntansi adalah pengurangan besar dalam waktu yang dihabiskan untuk masuk dan menyeimbangkan buku besar. Misalnya saja, ketika membandingkan sistem penggajian, carilah yang terhubung ke rekening bank, kartu kredit, dan investasi secara langsung dan porting melalui data keuangan tanpa campur tangan manusia. Hal seperti ini dapat mengubah pekerjaan akuntan dari pencatat menjadi pemberi dana, dan dapat memberi lebih banyak waktu kepada akuntan untuk membantu mengarahkan strategi keuangan.

Pengurangan kesalahan entri data manual

Sistem akuntansi saat ini mengurangi jumlah dokumen yang diperlukan untuk menjalankan fungsi departemen keuangan (kasir hingga finance dan akunting) dari toko ritel Anda menuju supermarket yang kompleks agar memadai. Cari fitur atau koneksi ke aplikasi akuntansi berikut ini agar pekerjaan pembukuan toko supermarket Anda makin komrehensif:

  • Aplikasi faktur online
  • Fitur pencatat waktu dan kehadiran
  • Fitur pencatat uang tunai
  • Koneksi ke laporan transaksi dari lembaga keuangan (bank)
  • Akses kontrol untuk memudahkan pemilik bisnis memenuhi kepatuhan terhadap peraturan termasuk pajak
  • Visibilitas akun yang lebih baik untuk semua pemangku kepentingan internal

Perangkat lunak aplikasi akuntansi banyak memberikan visibilitas ke dalam pekerjaan keuangan perusahaan untuk berbagai pemangku kepentingan mulai dari perwakilan departemen akuntansi, eksekutif, dan tim manajemen. Masing-masing tim ini dapat menggunakan data secara berbeda, baik dalam perangkat lunak akuntansi atau diekspor ke perangkat lunak analisa bisnis.

Potensi Masalah dalam Penggunaan Perangkat Lunak Akuntansi

Ini adalah masalah potensial yang mungkin Anda temui jika Anda memilih perangkat lunak aplikasi akuntansi yang tidak sesuai untuk perusahaan Anda. Ingatlah ini ketika Anda membandingkan pilihan perangkat lunak aplikasi akuntansi yang ditawarkan kepada Anda:

Dukungan multi currency (mata uang dari multi-negara) terkait aturan pajak dan kepatuhan terhadap peraturan

Beberapa sistem akuntansi dibangun untuk mengelola keuangan dalam suatu negara tertentu atau hanya dalam beberapa mata uang tertentu. Perusahaan yang melakukan bisnis di 2 negara atau lebih atau yang sering melakukan bisnis dalam mata uang terpisah harus mencari perangkat lunak akuntansi yang memenuhi persyaratan tersebut. Hal ini penting jika pembukuan toko supermarket Anda sudah melakukan transaksi antar negara.

Saat membandingkan perangkat lunak aplikasi akuntansi, periksa lebih dulu untuk memastikan bahwa perangkat lunak tersebut juga mendukung peraturan pajak dan keuangan setempat. Hal ini akan memastikan bahwa Anda dapat menggunakan fitur-fitur pajak yang berharga tanpa banyak intervensi manual.

Fitur Keamanan data

Komputasi awan memberikan keamanan lebih untuk perangkat lunak akuntansi daripada buku besar konvensional berbasis kertas kerja karena akses Anda dapat dilindungi dengan kata sandi dan tim dapat menetapkan peran pengguna secara granular untuk memastikan bahwa orang yang tepat memiliki akses yang proporsional ke data keuangan yang tepat. Perangkat lunak akuntansi berbasis cloud juga menyediakan keamanan fisik dari database di luar kantor, cadangan data otomatis, dan enkripsi data untuk melindungi data keuangan perusahaan.

Dengan memahami fitur dan kebutuhan bisnis pembukuan toko supermarket Anda secara baik, maka akan memudahkan Anda untuk mendapatkan alat bantu perangkat lunak yang tepat.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.