Home / Blog / Manfaat dan Cara Mengevaluasi Kinerja Karyawan Anda

Manfaat dan Cara Mengevaluasi Kinerja Karyawan Anda

Tenaga kerja atau karyawan memang menjadi salah satu pondasi dalam sebuah bisnis. Sebagus apapun produk yang Anda jual dan sebagus apapun sistem yang disediakan, bila Anda tidak memiliki karyawan yang setia dan potensial maka tidak menutup kemungkinan bisnis yang Anda jalankan akan mengalami masalah besar. Karena hal itu, sangat penting bagi setiap pebisnis mempertimbangkan karyawan seperti apa yang layak dipekerjakan.

Manfaat Mengevaluasi Kinerja Karyawan

Bukan hanya itu, bahkan setiap pebisnis perlu mengevaluasi kinerja karyawan setidaknya setiap tiga bulan sekali. Mengapa demikian? Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengevaluasi kinerja karyawan.

1. Kemampuan Dan Kelebihan Karyawan

Dengan melakukan evaluasi kinerja karyawan secara rutin, Anda dapat mengetahui apa potensi karyawan yang bersangkutan, dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk menempatkan karyawan tersebut pada divisi yang sesuai.

2. Peningkatan Dan Perkembangan Kemampuan Karyawan

Bukan hanya mengetahui apa potensi pada tiap karyawan, dengan melakukan evaluasi kinerja karyawan, Anda pun dapat mengindentifikasi bagaimana perkembangan kemampuan karyawan Anda, apakah mengalami peningkatan atau justru sebaliknya.

3. Komunikasi Dua Arah

Mengevaluasi kinerja karyawan secara rutin pun dapat membuat komunikasi Anda dengan karyawan lebih hangat. Ketika mengindentifikasi adanya penurunan dalam kinerja karyawan tersebut Anda dapat melakukan konfirmasi dan mendengarkan hambatan apa yang dirasakan oleh  tersebut.

4. Minimalisir Miss Komunikasi

Dengan melakukan evaluasi kinerja karyawan secara rutin, Anda dapat mengidentifikasi apa penyimpangan yang dianggap benar oleh karyawan. Dan dari sana Anda bisa menjelaskan serta meluruskan pemahaman karyawan tersebut sedini mungkin.

5. Peningkatan Produktivitas

Dengan melakukan evaluasi kinerja karyawan secara rutin, tentu Anda akan terus mengingat apa saja target bisnis dan bagaimana cara pencapaiannya. Bukan hanya itu, fikiran dan cara kerja karyawan pun akan mengikuti prosedur yang telah anda susun. Bila semua hal itu terjadi, sangat membuka peluang untuk meningkatkan produktivitas pada bisnis yang anda jalankan.

6. Informasi Pencapaian Target

Dengan melakukan evaluasi kinerja karyawan secara rutin memudahkan Anda untuk mengetahui apa saja yang sudah bisnis Anda capai dan apa target setelahnya.

Cara Mengevaluasi Kinerja Karyawan Anda

Bila terus ditelusuri, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan evaluasi kinerja karyawan secara rutin. Namun bagaimana cara melakukan hal tersebut? 

1.  Analisis Pekerjaan

Untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan tentu Anda harus mencari tahu apa posisi atau jabatan karyawan tersebut. Anda perlu mengetahui apa amanah dan tanggung jawab yang diemban oleh karyawan dengan posisi atau jabatan tersebut.

Anda juga perlu mencari tahu bagaimana kondisi karyawan dan kondisi lapangan dengan posisi atau jabatan tersebut. Selain itu cari tahu juga program seperti apa yang berlaku pada posisi atau jabatan tersebut. Lalu kegiatan seperti apa saja yang terjadi didalamnya? Hal-hal tersebut merupakan dasar dari evaluasi kinerja karyawan.

2. Perbandingan Dengan Standar Kerja

Ketika mendirikan sebuah bisnis tentu Anda telah menyusun bagaimana standar kerja yang akan digunakan pada bisnis Anda tersebut. Untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan, Anda bisa membandingkan antara standar kerja pada bisnis Anda dengan kinerja karyawan Anda tersebut. Apakah sesuai? Lebih baik atau justru belum mencapai standar.

3. Sistem Penilaian Kinerja

Ada empat macam sistem penilaian kerja dan setiap perusahaan setidaknya memakai salah satunya.

  • Yang pertama adalah Behaviour Appraisal System, pada sistem ini anda dapat menilai karyawan atas dasar perilakunya.
  • Yang kedua adalah Personel/Performer Appraisal System, yaitu adalah penilaian karyawan atas dasar sifat.
  • Ketiga ada Result-Oriented Appraisal System, yang tidak lain merupakan penilaian kinerja karyawan berdasarkan hasil kerja.
  • Dan yang terakhir adalah Contingency Appraisal System, yaitu penilaian yang dilakukan dengan cara menggabungkan beberapa unsur diatas.

Pebisnis sukses zaman dahulu melakukan hal tersebut murni secara manual. Namun kini Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak teknologi yang dapat membantu Anda salah satunya dengan menggunakan sistem. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share di sosial media Anda agar teman Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik–baik nya ilmu adalah berbagi.
Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.