Home / Blog / Macam-Macam Usaha Dagang yang Bisa Anda Pilih

Macam-Macam Usaha Dagang yang Bisa Anda Pilih

Mendirikan usaha dagang bisa menjadi satu alternatif bagi siapa saja yang hendak memulai usaha. Sifat usaha dagang yang mendasari pada aktifitas jual beli sepenuhnya memberikan fleksibilitas dari segi pengembangan usaha serta kebutuhan akan soft skill yang tidak terlalu menuntut soft skill yang tinggi. Karenanya, untuk siapa saja yang memang tak ingin terlalu ambil pusing dalam hal meningkatkan skill individu, tetapi memiliki kecukupan modal, memilih tipe bisnis usaha dagang jelas lebih masuk akal ketimbang masuk ke bidang usaha jasa.

Sebelum memutuskan untuk benar-benar terjun kebidang usaha dagang. Ada baiknya untuk mencermati beberapa poin penting pendukung usaha dagang ini. Misalnya saja; bisa mengukur tingkat kemampuan antara usaha dagang yang akan ditekuni dengan tingkat persaingan antar usaha sejenis, bersiap memberikan layanan terbaik guna mendapatkan konsumen serta punya keunikan diantara para pesaing, dan mampu melakukan riset terkait dengan harga terbaik untuk barang yang akan dijual, sekaligus dengan kualitasnya. Semua hal ini perlu dilakukan agar mudah dan efektif meningkatkan omzet selama menjalankan usaha tersebut.

Setelah hal itu Anda pahami, maka selanjutnya tinggal melakukan persiapan baik modal, menyiapkan komoditas atau bidang yang akan ditekuni, serta menyiapkan moril untuk menjalankan usaha tersebut. Berikut ini ada macam usaha dagang yang bisa dipilih, siapa tahu diantaranya ada yang dirasa cocok untuk ditekuni.

  • Hasil Bumi atau Pertanian

Dari sekian banyak jenis usaha dagang, jenis usaha jual beli hasil bumi adalah jenis yang paling konvensional dan sudah terbukti membawa keuntungan asal ditekuni secara sungguh-sungguh. Tetapi, mengingat konvensionalitas jenis usaha dagang satu ini, ada baiknya perhatikan sisi persaingan yang sedemikian ketat. Kunci sukses utama tetap ada pada kesungguhan menjalankan usaha, kualitas produk juga layanan, dan pastinya harga yang bisa bersaing dengan pelaku usaha sejenis. Dan jangan lupa untuk peka terhadap perkembangan teknologi untuk melihat prospek usaha ini seiring dengan perkembangan teknologi.

  • Produk Peternakan

Jenis ini juga masih cenderung konvensional. Tetapi ada keunggulannya terlebih bisa menggarap dari hulu hingga sampai ke tangan konsumen. Contohnya, usaha ternak lele yang hasilnya juga dijual langsung ke pasar tidak melalui tengkulak. Tetapi menggarap dari hulu butuh proses dan kesabaran, itulah tantangannya. Sementara bila ingin cepat masuk ke pasar, manajemen yang bisa dijalankan mirip seperti usaha dagang hasil bumi atau produk pertanian seperti dibahas di poin sebelumnya.

  • Toko Kelontong

Masih sama seperti jenis yang dibahas seperti dua poin sebelumnya. Usaha ini bisa dijalankan mulai dari skala rumahan atau membuka lapak di pasar tradisional. Produk yang digelar masih mirip dengan dagang produk pertanian atau peternakan. Skalanya menyesuaikan dengan kecukupan modal serta element lain yang dimiliki calon pedagang.

  • Produk Digital atau Produk Busana

Dua produk ini perlu skala yang sedikit lebih besar dari segi permodalan. Untuk produk digital biasanya berbentuk konter pulsa, isi ulang token listrik atau kuota internet. Sementara untuk produk busana tentu yang dijual berkaitan dengan produk fashion atau sejenisnya.

  • Kuliner

Trend usaha dagang kuliner pernah sangat marak. Mulai dari warkop berskala kecil hingga resto maupun restoran. Warkop sendiri awalnya adalah pengembangan dari konsep dagang kios rokok. Konsep ini bisa dimodifikasi dalam bentuk trend butik kopi dengan aneka ragam olaha biji kopi dengan patokan harga yang lumayan. Bisnis warung pun juga masuk dalam bisnis ini. Tentu perlu mengetahui tentang seluk beluk menu yang akan jadi andalan, sementara bila konsepnya adalah warung kopi atau tempat nongkrong ada lebih banyak element serta variasi manajemen yang perlu dilakukan. Semua demi menarik pelanggan.

Beberapa poin diatas adalah contoh sederhana untuk macam usaha dagang yang bisa dijalankan. Intinya tetap ukur kemampuan, ketersediaan modal serta aspek lain, tujuannya tentu saja agar usaha bisa langgeng sampai menghasilkan omzet yang menawan.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.