Home / Blog / Logo Perusahaan, Apakah Penting?

Logo Perusahaan, Apakah Penting?

Design logo dapat memperkenalkan identitas perusahaan kepada khalayak ramai. Logo memisahkan bisnis Anda dengan bisnis lain, karena logo memberikan rupa bagi perusahaan Anda. Kesan pertama sering muncul hanya dari melihat Logo, tanpa yang lain. Citra perusahaan Anda mudah dikembangkan dengan adanya Logo. Brand perusahaan Anda menjadi besar dengan menampilkan logo secara maksimal.

Logo perusahaan Anda adalah simbol yang penuh makna. Logo perusahaan Anda menjadi pengingat visi dari perusahaan tersebut. Setiap garis yang didesain untuk perusahaan Anda mempunyai arti dan sejarah. Pilihan warna bukan hanya pemanis, tapi juga penunjuk komitmen dan misi perusahaan Anda. Logo adalah Simbol sederhana mewakili seluruh Komitmen dan komunikasi perusahaan Anda.

Logo yang baik tentu harus mudah diingat. Logo yang sulit diproyeksikan kembali oleh market Anda, sulit digambar, tidak mudah direplika, akan menyulitkan market Anda untuk mengenali dan menyebarluaskan logo perusahaan Anda. Logo sudah seharusnya memiliki fungsi yang praktis dan tepat guna atau efisien bagi perusahaan Anda. Setiap perusahaan yang telah memiliki ide bisnis yang jelas beserta dengan kelengkapan visi dan misinya dituangkan kedalam bentuk logo sebagai bagian dari program marketing dan branding dari perusahaan tersebut.

Pemakaian logo pada produk atau kemasan produk dapat meningkatkan gengsi konsumennya. Bagi perusahaan yang telah menyadari pentingnya logo dalam kemasan produk untuk tujuan memudahkan pemasaran maka perusahaan tersebut menjadi logo mereka sebagai salah satu media promosi untuk mengenalkan brand perusahaan kepada market. Hal ini terlihat jelas pada bidang fashion seperi beberapa merek desainer terkemuka Louis Vuitton yang memakai logo LV pada setiap produk dan kemasan produk serta mampu menaikan pamor dari para pemakainya. Semuanya ini karena kebiasaan manusia yang lebih mudah untuk mengingat sebuah gambar atau simbol dalam mengenali sesuatu yang baru. Karena itu seringkali para konsumen membeli sebuah produk berdasarkan bentuk, simbol atau gambar yang mereka ingat tertera dalam kemasan produk walaupun sebenarnya mereka lupa akan nama produk tersebut.

Banyak pelaku industri skala kecil menengah (UKM) merasa bahwa perusahaan mereka masih kecil atau pemain baru dan karenanya memiliki alasan untuk tidak mencantumkan logo pada kemasan produk atau pada produk mereka. Sangatlah penting untuk para pemilik perusahaan menyadari bahwa desain yang sederhana dan efisein tidak berarti bahwa logo tersebut kehilangan sesuatu yang berharga karena untuk mendukung fungsinya yang fleksible maka logo harus sederhana tetapi masih dapat menyampaikan pesan kepada pelanggan. Membuat logo yang seperti ini memerlukan pengalaman bertahun-tahun dan pengetahuan yang cukup tentang banyak sifat dan karakteristik dari berbagai industri. Disinilah pentingnya fungsi dari seorang art director yang berpengalaman untuk logo perusahaan Anda.

Sebuah logo haruslah dapat dicetak secara offset printing, digital ataupun sablon pada banyak media tanpa kehilangan makna dan keindahannya. Kebutuhan akan fungsi membuat sebuah logo harus sederhana, bisa diskalakan, memberikan inspirasi dan semangat. Penting untuk membuatnya sederhana dan tidak memakai obyek yang diambil dengan kamera fotografi seperti bayangan menjadi bagian utamanya. Sebuah logo yang baik apabila dikurangi ukurannya atau bahkan ditambahkan juga ditempatkan kedalam berbagai media tidak kehilangan makna aslinya. Sebagai tambahan logo juga haruslah dapat terlihat indah meskipun tampil dalam warna duo tone seperti hitam dan putih saja.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.