Home / Blog / Lindungi Bisnis Distributor Anda dari Kebangkrutan dengan Data List Outlet

Lindungi Bisnis Distributor Anda dari Kebangkrutan dengan Data List Outlet

Keberhasilan target penjualan adalah hal yang setiap pengusaha inginkan. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana efektifitas dari seorang tenaga penjualan yang Anda miliki dan juga seberapa banyak outlet yang bekerjasama dengan perusahaan. Oleh karena itu, perlu mengelompokan atau data list jumlah outlet yang Anda miliki.

Selain mengelompokan outlet yang ada, Anda juga harus mengetahui dengan tepat efektifitas dari tenaga pemasaran yang ada, apakah sudah cukup efektif atau belum. Oleh karena itu, Anda perlu tahu beberapa hal;

1. Efektif Call

Efektif call disini bisa dimaksudkan seberapa efektif sales/ bagian pemasaran mendapatkan order dari outlet per kedatangan. Jika sales Anda kanvasing setiap hari seorang sales pasti memiliki daftar outlet untuk kunjungan.  Misal seorang sales setiap hari harus berkunjung ke 15 outlet. Nah dari 15 outlet tersebut seorang sales ini mendapat order dari 3  outlet. Jadi bisa disimpulkan jika dari 15 outlet tersebut yang menghasilkan orderan hanya 3 jadi efektifnya perhari hanya 3 outlet.

Anda juga harus menghitung berapa cost yang dikeluarkan pada saat sales melakukan TO (Takeing Order). Agar bisa dihitung efektifitas costnya antara biaya dan pemasukan. Namun jika sales Anda merupakan telemarketing. Anda harus menghitung seberapa efektif telpon keluar yang sales lakukan dari 10 telpon yang ia lakukan berapa yang menghasilkan nota.

2. Pengelompokan Outlet

Anda harus mengelompokkan outlet. Yang pertama Anda harus menentukan kategori outlet aktif itu yang seperti apa? Apakah minimal ada pembelian dalam 1 bulan atau lebih. Setelah Anda memiliki daftar outlet aktif kemudian dikelompokkan kembali outlet mana saja yang melakukan transaksi terus menerus.

Anda harus memiliki tingkat rangking outlet. Bisa ditentukan dari jumlah total rupiah pembelian atau jumlah transaksi yang dilakukan. Untuk menunjang penjualan usaha distributor. Selain kedua hal  diatas, yang perlu dialukan adalah memberikan reward kepada outlet yang melakukan transaksi diatasa rata-rata. Hal ini membuat outlet yang bekerjasama dengan perusahaan Anda merasa dihargai.

Daftar list data outlet adalah aset utama bagi usaha dibidang distributor. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan data outlet terdata dengan baik dan detail. Jangan sampai pada saat sales resign Anda kehilangan outlet.

Dengan data yang baik dan terkelompok akan mengurangi reskio kehilangan outlet ketika ada sales Anda yang resign. Jika outlet tidak terdata dengan baik bersiap-siaplah Anda akan kehilangan order pada saat sales yang bersangkutan resign. Semogat artikel ini bermanfaat untuk usaha anda. Salam Lets’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator