Home / Blog / Limit Piutang: Cara Cepat Atasi Piutang Macet!

Limit Piutang: Cara Cepat Atasi Piutang Macet!

Di artikel ini, saya akan mengajak Anda berdiskusi mengenai masalah yang sering dihadapi banyak perusahaan. Tujuannya tidak lain untuk menemukan solusi atas masalah piutang macet. Mohon kerja samanya untuk membaca artikel ini sampai habis dan ikut memberikan komentar ya..

Piutang merupakan musuh utama para pengusaha karena ibaratnya mereka harus berperang agar usahanya bisa terus berkembang. Karena piutang biasa disebut sebagai pendapatan yang tertunda. Bila pendapatan tertunda, maka bila biaya terus menerus bertambah, maka perusahaan membayarkan segala operasionalnya dengan dana apa?

Hal yang mungkin tidak diperhatikan oleh perusahaan bahwa keadaan piutang mereka sedang mengalami masalah, yaitu macet dan tak tertagih. Bahkan lebih buruknya bila tidak dipedulikan akan memberikan efek buruh untuk perusahaan.

Bila Anda tidak ingin mengalami hal ini, ada jalan menuju roma untuk mengatasi masalah piutang macet tersebut. Mungkin tak pernah terbayang oleh Anda untuk menggunakan alat bantu yang bisa menyelesaikan apa yang Anda butuhkan secara cepat. Atau mungkin saja Anda sudah punya alat bantu tetapi belum maksimal menanganannya.

Secara manual untuk menangani piutang macet bisa saja tidak optimal. Yang biasa dilakukan yaitu pencatatan terhadap piutang yang dimiliki, menyusun laporannya, dan bila sudah jatuh tempo bisa dilakukan penagihan.

Hmmm,.. Mengapa saya katakan tidak optimal? Karena ada kemungkinan besar terhadap kendala terkait proses penyelesaian piutang tersebut. Pencatatan sudah disusun bisa saja hilang, perhitungan nominal yang tidak valid, menyusun laporan yang ribet, belum lagi bila pihak customer belum mau membayarkan piutangnya.

Oke, ini mungkin hal yang wajar dialami. Namun adakah solusi terbaik yang bisa mengatasi masalah ini dengan cepat?

Bila boleh saya rekomendasikan, saya akan mengenalkan sebuah fitur yang ada di Beeaccounting yaitu Limit Piutang.

Berbeda dengan yang lain, Beeaccounting tidak hanya software accounting yang pada dasarnya dibuat untuk menyusun laporan keuangan. Beeaccounting juga menyediakan fitur yang bisa membantu Anda mengatasi masalah piutang macet tak tertagih.

Mengapa saya bisa merekomendasikan ini untuk membereskan masalah piutang? Fitur ini pada dasarnya digunakan untuk memberikan batasan nominal piutang yang boleh dipakai customer. Tujuannya supaya pihak customer hanya bisa hutang kembali bila hutang yang sebelumnya sudah terbayarkan.

Contohnya customer A memiliki piutang sebesar 6 juta, dan diberikan batasan piutang sampai 7 juta. Ketika customer A membeli barang maka akses akan ditolak bila piutang tersebut melebihi batas yang telah ditentukan yaitu 7 juta. Bila ingin melanjutkan transaksi maka customer harus melunasi piutang yang masih ada.

ba-fitur-piutang_set-limit
Gambar 1. Limit Piutang (Klik untuk Memperbesar)
ba-fitur-piutang_auto-block
Gambar 2. Akses diblock karena melebihi batas piutang (Klik untuk Memperbesar)

Dengan fitur ini, dengan sangat mudah Anda bisa mengatasi masalah piutang macet. Selain itu sebagai tambahan, Beeaccounting juga menyediakan berbagai laporan piutang yang sudah terbuat secara otomatis ketika Anda menggunakan aplikasi ini pada kegiatan operasional Anda.

*Khusus untuk Anda yang penasaran dengan tools ini, silahkan klik tombol di bawah ini dan dapatkan penawaran khusus!!

buy-now

Bagaimana menurut Anda? Berikan pendapat Anda mengenai masalah piutang macet tak tertagih dan cara menanganinya. Saya amat sangat senang bila Anda ikut memberikan pendapat terkait masalah ini. Terima kasih.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.