Home / Blog / Laporan Keuangan: 3 Komponen Utama Laporan Arus Kas

Laporan Keuangan: 3 Komponen Utama Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah salah satu laporan keuangan utama yang digunakan dalam operasional bisnis, termasuk usaha kecil. Membuat laporan arus kas penting untuk menggambarkan jumlah uang tunai yang dihasilkan bisnis selama periode pelaporan. Laporan arus kas juga merinci uang tunai yang digunakan selama periode tersebut, membantu manajemen melihat ke mana uang itu pergi dan jika terjadi selisih bisa segera menemukannya. Laporan arus kas terdiri dari tiga bagian utama ditambah bagian tambahan yang masuk kategori opsional (bisa digunakan dan bisa juga tidak). Laporan ini menunjukkan berapa banyak uang yang tersedia untuk bisnis Anda yang digunakan untuk membiayai operasi dan pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.

Laporan arus kas terdiri dari tiga bagian yang mengeksplorasi aktivitas operasi, aktivitas investasi, aktivitas pendanaan, dan juga fitur informasi tambahan di bagian khusus.

Laporan Arus Kas dari Aktivitas Operasi

Laporan Arus Kas dari Aktivitas Operasi
(Sumber: google.com)

Bagian pertama dari laporan arus kas menggambarkan kas yang diterima dan digunakan bisnis Anda selama aktivitas operasi normal. Bagian ini merinci perubahan dalam saldo akun buku besar untuk aset lancar dan kewajiban lancar Anda. Akun-akun ini adalah hutang dagang, piutang dagang, asuransi dibayar di muka dan pendapatan yang diterima di muka. Saat Anda menjual produk atau layanan, aktivitas itu dilaporkan di sini.

Laporan Arus Kas dari Aktivitas Investasi

Bagian kedua didedikasikan untuk kegiatan investasi. Semua investasi perusahaan Anda tercantum dalam kategori ini. Setiap pembelian atau penjualan properti, peralatan, dan pabrik yang memenuhi syarat masuk kedalam aktivitas investasi. Akun buku besar yang ditinjau untuk bagian ini termasuk akun investasi jangka panjang, kendaraan, akun peralatan modal, tanah dan bangunan. 

Baca Juga: Mengapa Laporan Keuangan Penting Bagi Bisnis UKM?

 

Ambil contoh saja misalnya Anda menjalankan bisnis kafe atau restoran, kemudian Anda membeli panggangan atau oven baru maka aktivitas tersebut memenuhi syarat untuk masuk ke dalam bagian ini.

Laporan Arus Kas dari Aktivitas Pendanaan

Bagian ketiga dari laporan arus kas mencantumkan informasi untuk kegiatan pendanaan perusahaan. Kegiatan pembiayaan meliputi pembelian obligasi dan saham serta pembayaran dividen. Beberapa akun buku besar yang digunakan saat ini juga memasukkan beberapa hal lain seperti komponen modal disetor, wesel bayar dan obligasi, stok dan laba ditahan.

Untuk usaha kecil, salah satu kegiatan pembiayaan paling umum untuk dimasukkan ke dalam bagian ini adalah pinjaman modal kerja. Jika Anda mendapatkan pinjaman modal kerja untuk membantu Anda membangun atau menumbuhkan bisnis Anda, pinjaman itu harus dilaporkan di sini.

Sertakan Informasi Tambahan Berikut Ini

Setiap informasi yang berkaitan dengan bunga yang diperoleh dari akun berbunga atau jumlah pajak penghasilan yang dibayarkan dalam periode pelaporan diklasifikasikan di bawah bagian tambahan pada akhir laporan arus kas. Bagian ini juga digunakan untuk mencatat setiap pertukaran signifikan yang tidak melibatkan transaksi tunai, seperti menukar saham misalnya. Usaha kecil mungkin tidak mencatat stok, tetapi jika Anda menggunakan rekening bank untuk mencatat bunga bank, maka Anda harus melaporkan informasi itu di sini.

Manfaat Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas membantu Anda untuk mengetahui angka pasti arus kas masuk dan keluar dari berbagai operasi bisnis. Laporan ini juga membantu dalam membandingkan anggaran kas dari penilaian masa lalu dengan saat ini untuk menilai proyeksi kas masa depan.

Laporan arus kas juga digunakan dalam menyiapkan anggaran kas untuk kebutuhan masa depan dan membantu dalam mengetahui kebutuhan kas berkala dalam bisnis. Laporan ini mengungkapkan perubahan kunci yang diperlukan untuk posisi keuangan bisnis dan memprioritaskan kegiatan penting bagi manajemen.

Laporan ini juga memberikan informasi tentang berbagai investasi dan pembiayaan transaksi tunai yang terjadi sepanjang tahun dan membantu pemilik bisnis dalam mengevaluasi struktur keuangan bisnis. Laporan Arus Kas membantu dalam mengidentifikasi profitabilitas bisnis bila dibandingkan dengan analisis rasio.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.