Home / Blog / Langkah Mudah Membuat Buku Besar Perusahaan Dagang

Langkah Mudah Membuat Buku Besar Perusahaan Dagang

Membuat Buku Besar Perusahaan Dagang menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha seperti Anda. Buku besar dibuat dengan tujuan untuk memudahkan penyusunan Laporan Keuangan perusahaan Anda. Buku besar merupakan kumpulan dari akun-akun yang digunakan untuk menampung transaksi-transaksi yang sesuai dengan jenisnya. Buku besar merupakan salah satu proses dalam siklus akuntansi yang terjadi di perusahan Anda. Maka dari itu kami menyajikan Langkah Mudah Membuat Buku Besar Perusahaan Dagang untuk Anda.

Cara Kerja Buku Besar

Buku besar merupakan dasar dari sistem yang digunakan oleh akuntan untuk menyimpan dan mengatur data keuangan yang digunakan untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Tiap transaksi nantinya diposting ke masing-masing akun sub-buku besar, yang sebelumnya sudah ditentukan oleh bagan akun perusahaan.

Setiap Transaksi kemudian ditutup atau diringkas ke buku besar, lalu catatan akuntansi menghasilkan neraca percobaan yang berfungsi sebagai laporan dari setiap saldo akun buku besar perusahaan Anda. Neraca percobaan tadi diperiksa dan disesuaikan dengan memposting entri tambahan yang diperlukan kemudian disesuaikan dan digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan.

Lakukan Identifikasi dan analisis transaksi perusahaan Anda

Awal dari siklus akuntansi yaitu identifikasi dan analisis transaksi bisnis. Perusahaan Anda berurusan dengan banyak transaksi, tetapi tidak semuanya akan dimasukkan dalam siklus akuntansi perusahaan Anda. Transaksi perusahaan yang dapat dikuantifikasi harus secara jelas diidentifikasi dari transaksi yang tidak dapat dikuantifikasi. Transaksi yang dapat dikuantifikasi merupakan transaksi yang dapat dinyatakan dalam istilah moneter, menggunakan mata uang yang digunakan oleh transaksi perusahaan Anda.

Identifikasi dan analisis transaksi perushaan Anda dimulai dari dokumen sumber, seperti faktur, kwitansi resmi, dan dokumen keuangan lainnya. Dokumen sumber ini akan menjadi dasar untuk pencatatan dalam jurnal.

GUNAKAN SOFTWARE AKUNTANSI UNTUK MENCATAT SETIAP TRANSAKSI KEUANGAN DI PERUSAHAAN ANDA

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Beeaccounting. Karena dengan software akuntansi, Anda sudah tidak perlu direpotkan lagi dengan pencatatan aktivitas keuangan perusahaan Anda menggunakan kertas kerja. Anda tinggal melakukan pencatatan data secara digital alu proses pengelolaan datanya akan dikerjakan oleh software akuntansi tersebut.

Dalam pengelolaan laporan menggunakan software akuntansi akan lebih cepat, dikarenakan sistem posting secara otomatis dan penyusunan laporan juga secara otomatis. Pengguna hanya perlu memasukan data dan bukti transaksi dalam form yang tersedia, setelah itu sistem akan langsung memproses data dan informasi dapat segera Anda peroleh. Dengan Software akuntansi tingkat ketelitian lebih tinggi. Sistem akuntansi manual yang rentan kesalahan penulisan.

Dengan menggunakan software akuntansi memungkinkan Anda untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas laporan keuangan sebelumnya tanpa harus mencari-cari arsip fisik berkas. Saat ini juga banya yang menawarkan fitur cloud seperti beecloud, sehingga Anda dapat mengakses laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan gadget Anda.

Kemudahan Membuat Buku Besar menggunakan software akuntansi beeaccounting dapat dilihat dari beberapa langkah mudah berikut:

  • Pertama-tama buka menu [Akuntansi] -> “Laporan Akuntansi” -> “Buku Besar

  • Lalu selanjutnya pilih Akun yang ingin Anda lihat dengan mengklik logo loop atau kaca pembesar seperti gambar berikut

  • Lalu selanjutnya Anda pilih akun yang ingin Anda buat, misalnya membuka detail dari kelompok akun “Biaya Operasional” untuk akun “Administrasi Kantor” lalu pilih |OK|

  • Lalu selanjutnya Anda atur tanggal periode yang ingin dilihat, lalu pilih |Preview|

  • Dan akhirnya berikut adalah tampilan yang anda dapatkan untuk laporan buku besar akun “Administrasi Kantor

Sangat mudah membuat buku besar dengan menggunakan software akuntansi seperti beeaccounting.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.