Home / Blog / Langkah-langkah Membuat Jurnal Umum untuk Kas Perusahaan

Langkah-langkah Membuat Jurnal Umum untuk Kas Perusahaan

Melacak transaksi keuangan dalam sebuah bisnis  bisa jadi merupakan kegiatan yang menantang. Temukan cara yang paling efisien untuk menjaga uang dan catatan Anda sejalan dan diperbarui dengan tepat. Mencatat semua transaksi kedalam satu catatan mungkin saja sekilas tampak menarik dan praktis, tetapi sebenarnya itu merupakan ide yang buruk. Anda bisa saja mencatat transaksi tunai Anda dalam beberapa cara berbeda, tergantung pada sifat bisnis Anda.

Salah satu proses pencatatan penting dalam akuntansi bisnis adalah membuat jurnal umum untuk kas perusahaan. Jurnal Penjualan dan Penerimaan Kas bertujuan untuk menyederhanakan pembukuan Anda, dengan cara menggabungkan penjualan dan penerimaan kas Anda dalam satu jurnal. Beberapa langkah berikut ini bisa Anda lakukan untuk memudahkan dalam membuat jurnal tersebut:

Lembar Kas Harian

Jika transaksi tunai merupakan bagian penting dari bisnis Anda, Anda juga harus menyiapkan lembar kas harian untuk merekonsiliasi kas yang diterima dan dibayarkan pada hari itu. Jika Anda menggunakan lembar kas harian, Anda dapat merekonsiliasi penerimaan kas Anda dengan setoran harian Anda ke dalam rekening bank Anda.

Jurnal Pencairan Uang Tunai

Pembayaran tunai harian Anda harus dicatat di sini.

Rekonsiliasi Bank

Rekonsiliasi catatan Anda dengan laporan bank bulanan Anda untuk memverifikasi jumlah uang kas yang Anda miliki di rekening giro Anda. Hal ini juga akan membantu Anda menemukan kesalahan pembukuan. Laporan ini juga dapat memungkinkan Anda untuk mendeteksi (dan memperbaiki) penyimpangan seperti fraud karyawan.

Petty Cash Fund

Jika pelanggan Anda biasanya membayar dengan cek, memiliki dana kas kecil akan memberi Anda kemudahan dalam menyiapkan uang tunai untuk membayar biaya kecil lain-lain. Dana kas kecil tidak diperlukan jika Anda menggunakan kasir dan selalu memiliki mata uang, selama Anda melacak pembelian dengan nominal kecil ini.

Mempertahankan Lembar Kas Harian

Lembar kas adalah rekonsiliasi harian dari uang tunai yang diterima dan uang tunai yang dibayarkan. Jika banyak bisnis Anda ditransaksikan dalam bentuk tunai, seperti di toko ritel, Anda harus menyiapkan lembar kas di akhir setiap hari. Adalah praktik yang baik untuk menyetor semua penerimaan kas di rekening bank Anda setiap hari. 

Baca Juga: Berbagai Jenis Bisnis Rumahan yang Bisa Anda Coba

 

Penerimaan kas harian Anda umumnya harus sama dengan setoran bank harian Anda. Alasan apa pun untuk perbedaan harus jelas pada lembar kas Anda, seperti sejumlah kecil uang tunai yang dibayarkan untuk biaya lain-lain. Jika tidak cocok, Anda harus menyelidiki dan merekonsiliasi perbedaan apa pun antara kedua jumlah tersebut.

Mempertahankan lembar kas bisa memberikan peringatan tentang kekurangan atau kelebihan uang tunai untuk hari itu. Bisnis yang memilih untuk hanya menghitung uang tunai di register pada akhir hari tanpa mempertahankan lembar kas, beresiko kebingungan saat terjadi kekurangan atau kelebihan. Kekurangan bisa disebabkan oleh pencurian, atau bisa juga disebabkan oleh kegagalan Anda mencatat transaksi khusus, seperti biaya yang Anda bayarkan dalam bentuk tunai — tetapi dengan  menggunakan lembar kas, Anda tidak akan pernah bingung jika terjadi selisih.

Beberapa Metode dan Alat Bantu yang Digunakan

Membuat jurnal umum bisa dimuali dengan memasukkan jumlah harian Anda untuk melihat secara instan apakah Anda memiliki kekurangan uang tunai atau surplus pada akhir hari. Anda dapat menggunakan spreadsheet berulang kali untuk kebutuhan harian Anda.

Mempersiapkan Rekonsiliasi Bank

Mempersiapkan rekonsiliasi bank ketika Anda menerima laporan bank Anda setiap bulan membantu Anda memverifikasi jumlah uang tunai di rekening giro Anda. Rekonsiliasi ini diperlukan karena saldo kas dalam buku Anda tidak akan pernah klop dengan saldo yang ditunjukkan pada laporan bank. Keterlambatan dalam cek dan setoran kliring bank, biaya bank otomatis, dan kredit yang belum Anda catat — dan kesalahan yang mungkin Anda buat dalam pembukuan Anda — membuat Anda bingung jika catatan tidak rapi.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.