Home / Blog / Langkah-Langkah Melakukan Audit Internal
Langkah-Langkah Melakukan Audit Internal
Langkah Mudah Audit Internal

Langkah-Langkah Melakukan Audit Internal

Audit internal menurut saya adalah hal harus dilakukan setiap pebisnis. Saya rasa Anda setuju dengan saya. Dengan audit internal Anda dapat mencegah kecurangan yang dilakukan oleh karyawan Anda. Kecurangan / fraud ini banyak macamnya oleh karena itu Anda harus mengaudit perusahaan Anda secara menyeluruh.

Salah satu contoh tindakan fraud yang terjadi ada dikalteng. Seorang ibu muda dengan inisial YE yang bekerja sebagai admin piutang telah menggelapkan dana perusahaan tempatnya bekerja yaitu PT Burvari Prima Cemerlang sejak 2007. Tidak tangung-tangung uang  yang digelapkanpun cukup banyak yaitu Rp 1.4 Miliar.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Anda inget dengan perkataan Bang Napi jika kejahatan tidak hanya terjadi karena niat pelakunya namun karena ada kesempatan. Oleh karena itu sangatlah penting untuk Anda melakukan audit internal. Untuk mencegah tindakan 

Disini saya akan menguraikan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk proses audit internal.

1. Perencanaan Jadwal Audit

Jadwal audit ini merupakan suatu hal terpenting yang akan menentukan proses audit yang baik ini dilakukan untuk membiarkan semua orang tahu kapan setiap proses akan diaudit selama siklus yang akan datang (biasanya jadwal tahunan). Jika Anda melakukan audit secara mendadak, hal ini akan memberikan kesan bahwa manajemen “sudah tidak percaya lagi dengan karyawannya.”

2. Perencanaan Proses Audit.

Setelah Anda menentukan jadwal audit langkah selanjutnya adalah berkoordinasi dengan team pengaudit tentang bagaimana proses audit akan dilakukan. Ini sangat penting karena ini menentukan sukses atau tidaknya audit internal yang Anda lakukan.

3. Melakukan Audit

Anda harus membantu team auditor dalam mengumpulkan informasi selama audit . Ini  salah satu hal yang paling berharga bagi team auditor. Dengan lengkapnya informasi yang dibutuhkan team auditor maka informasi yang Anda dapat dari team auditor juga akan membantu Anda dalam mengidentifikasi area-area yang tidak berfungsi dengan baik.

4. Pelaporan Audit.

Anda harus tahu apakah ada kelemahan yang perlu ditangani dan juga proses yang bisa di Improve. Ini harus diikuti dengan catatan tertulis sesegera mungkin untuk memberikan informasi dalam format yang lebih permanen untuk membuat tindak lanjut dari informasi tersebut. Dengan mengidentifikasi tidak hanya area-area yang tidak sesuai dengan proses, tetapi juga area positif dan area yang memiliki potensi untuk improvement, Anda akan mendapatkan nilai tambah yang lebih baik dari Internal Audit yang dilakukan, dengan melakukan perbaikan proses dari informasi tersebut.

5. Tindak Lanjut atas Masalah atau Perbaikan yang Ditemukan.

Tindak lanjut merupakan salah satu langkah penting. Jika masalah telah ditemukan dan tindakan lanjut perbaikan telah dilakukan, lalu memastikan bahwa temuan tersebut telah diperbaiki dan itu merupakan kunci dari perbaikan. Jika improvement telah selesai dilakukan, kemudian proses berikutnya adalah melihat berapa banyak proses telah meningkat dari sebelumnya.

Sekian artikel saya mengenai langkah mudah melakukan audit internal. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih .Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda