Home / Blog / Konsultan Pajak: Apakah Membutuhkannya?

Konsultan Pajak: Apakah Membutuhkannya?

Jangan berasumsi bahwa mempekerjakan konsultan pajak hanya untuk orang kaya saja atau Anda berfikiran tidak membutuhkannya. Menyewa seseorang bisa menghabiskan biaya beberapa puluh juta, tetapi mungkin juga menghemat beberapa ratus juta – atau bahkan lebih.

Banyak orang tidak menggunakan jasa konsultan pajak karena biayanyayang relatif mahal atau diluar budjet, tetapi seorang profesional di bidang konsultasi pajak dapat menghemat lebih banyak dari biaya yang Anda keluarkan.

Seorang konsultan pajak kadang-kadang dikenal sebagai penasihat pajak, dan banyak akuntan publik bersertifikat akan memberikan informasi dan saran tentang banyak aspek hukum pajak dan yang paling cocok untuk mengisi dokumen untuk pembayar pajak usaha Anda.

Siapa saja yang membutuh konsultan pajak?

Tidak semua usaha butuh konsultan pajak. Namun jika Anda memiliki proses administrasi pajak yang rumit, dengan banyak faktor yang perlu dilaporkan misalnya saja rekening tabungan pensiun, transaksi real estat atau investasi, pendapatan wirausaha, transaksi kanotr cabang dengan kantor pusat, pendapatan dari properti sewaan, opsi saham, dan lain sebagainya, konsultan pajak dapat sangat membantu.

Kapan Anda Membutuhkan Seorang konsultan pajak? Jika Anda tidak memiliki profesional pajak yang Anda percaya untuk membantu Anda melakukan administrasi kewajiba pajak bisnis Anda, maka saat itulan Anda membutuhkan konsultan pajak yang bisa memberikan banyak manfaat sebagai berikut:

  • Menghemat uang saat waktunya melakukan pelaporan pajak.
  • Tidak harus mengeluarkan catatan dan melakukannya sendiri untuk proses pelaporan pajak
  • Memiliki seseorang yang dapat membantu jika Anda diaudit.

Bagaimana memilih konsultan pajak?

Untuk menemukan konsultan pajak yang bagus, Anda dapat meminta rekomendasi teman atau relasi atau menemukan sendiri melalui perbandingan di media internet. Pastikan bahwa konsultan pajak yang Anda pertimbangkan berpengalaman dalam jenis pekerjaan yang Anda lakukan dan tentu saja dengan biaya yang terjangkau sesuai anggaran Anda. Lakukan riset dan perbandingan dengan pesaing, dan juga untuk memastikan mereka tidak memiliki cacat atas reputasi mereka. Tanyakan tentang afiliasi profesional, sertifikasi, latar belakang pendidikan, dan lisensi – dan jangan ragu untuk meminta referensi juga. Jika konsultan akan mempersiapkan SPT Anda, tanyakan apa yang akan terjadi jika Anda diaudit. Yang terpenting, pastikan Anda akan nyaman berbicara dan bekerja dengan orang yang Anda pertimbangkan.

Apa yang Dilakukan oleh Seorang Konsultan Pajak?

Seorang profesional pajak dapat membantu Anda selama, dan persiapan setelah pajak. Di bawah ini adalah beberapa spesifik tugasnya.

Sebelum Persiapan Pajak

Seorang penasihat pajak profesional dapat memberi Anda saran tentang perencanaan pajak, tetapi perencanaan pajak tidak dilakukan tepat sebelum akhir tahun; hal itu bisa saja berlanjut sepanjang tahun. Anda harus berbicara dengan konsultan pajak Anda pada titik-titik strategis sepanjang tahun ini — setiap triwulan, paling tidak — untuk membahas strategi meminimalkan pajak Anda (tentu saja, secara sah — bukan menghindari pajak). Para profesional perpajakan sesuai dengan undang-undang dan peraturan perpajakan, dapat memberi tahu Anda tentang cara menavigasi perubahan ini agar tagihan pajak Anda lebih rendah.

Selama Persiapan Pajak

Profesional pajak Anda kemungkinan besar juga akan menjadi pembayar pajak Anda, melakukan pekerjaan mempersiapkan pengembalian pajak bisnis Anda dan pengembalian pajak pribadi Anda. Jika Anda membayar pajak bisnis melalui pengembalian pajak pribadi Anda, orang yang sama harus melakukan pengembalian keduanya sehingga Anda dapat mengoordinasikan penghematan pajak. Misalnya, kerugian pada pajak usaha kecil Anda dapat diterapkan pada tagihan pajak pribadi Anda untuk menurunkan pajak keseluruhan Anda

Setelah Persiapan Pajak

Saat laporan pajak Anda diajukan, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan oleh profesional pajak Anda jika Anda diaudit. Masuk akal untuk menjadikan pembayar pajak Anda sebagai orang yang Anda minta bantuan jika Anda mendapat surat dari kantor pajak yang mengatakan Anda akan diaudit. Orang ini harus memiliki kedudukan untuk dapat mewakili Anda di depan petugas pajak selama audit.

Dengan melihat ulasan diatas, Anda bisa mempertimbangkan apakah usaha Anda sudah waktunya menggunakan jasa konsultan pajak atau belum.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.