Home / Blog / Komisi Salah Satu Cara Meningkatkan Kinerja Sales Anda
komisi-salah-satu-cara-meningkatkan-kinerja-sales-anda-photo

Komisi Salah Satu Cara Meningkatkan Kinerja Sales Anda

Di artikel yang sebelumnya saya sudah membahas mengenai bagaimana cara menentukan target sales yang efektif dan efisien. Artikel tersebut membahas bagaimana caranya Anda menentukan target yang paling pas untuk sales Anda. Gimana nie, Anda udah yakin belum target yang Anda bikin udah benar atau belum? jika belum Anda kroscek sekarang juga. Langsung saja baca artikelnya dengan cara klik di sini.

Selain Anda menentukan target kepada para sales. Sebagai seorang pebisnis And ajuga harus memikirkan remunerasi untuk karyawan Anda. Jadi karyawan Anda tidak hanya merasa dituntut saja namun juga mendapatkan apresiasi yang setimpal dengan apa yang mereka telah kerjakan.

Rumenerasi sama saja dengan komisi bentuknya bisa dalam bentuk fresh money / uang (monetary rewards), bonus perjalanan wisata atau barang. Dan bisa juga dalam bentuk fasilitas yang diberikan seperti rumah dinas ataupun mobil dinas.

Abraham maslow pada terori psikologi yang dikenal dengan maslow’s hierarchy ada 5 tahapan mendasar kebutuhan manusia. Berikut bagannya;

piramida

Dari bagan di atas bisa Anda lihat jika kebutuhan mendasar seseorang adalah ingin bertahan hidup dan itu semua membutuhkan UANG. Ini hal mendasar yang harus Anda pahami sebagai seorang pebisnis. Meskipun uang bukan satu-satunya alasan seseorang untuk bekerja. Namun faktanya yang ada bahwa setiap manusia menginginkan kehidupan yang makmur. Baik dari tempat tingal, makanan dan juga pendidikan. Oleh karena itu uang masih menjadi faktor utama seseorang bekerja.

Sistem Komisi

Oleh karena itu sistem komisi yang tepat dan transparan akan membuat sales Anda lebih produktif. Dengan sales yang produktif maka tentunya ini akan membantu bisnis Anda berkembang. Di sinilah terjadi yang namanya simbiosis mutualisme. Anda diuntungkan karyawan atau sales Anda juga untung.

Nah salah satu sistem komisi yang bisa Anda gunakan adalah sistem komisi standar. Standar yang dimaksud  disini adalah perhitungan komisi yang dihitung dari jumlah total penjualan per invoice, total omset yang dicapai atau bisa juga komisi per item barang yang dijual.

Contoh Perhitungan Komisi

Sistem komisi diatas bisa berbentuk nilai rupiah langsung misal jika menjual barang A akan mendapat komisi Rp 1.000.000. Atau bisa juga dalam bentuk presentasi jadi contohnya seperti ini jika sales Anda berhasil memperoleh omset sebesar Rp 300.000.000 dalam satu bulan maka dia berhak mendapatkan komisi 5 % (Rp 15.000.000).

Sudah saya singgung di atas jika salah satu yang membuat karyawan Anda royal dan efektif adalah adanya sistem perhitungan komisi yang transparan. Sebab itu alangkah baiknya jika setiap bulan Anda juga memberikan laporan hasil penjualan ke sales Anda dengan begitu mereka juga bisa mencocokkan apakah komisi yang mereka terima sudah sesuai dengan hasil kerjanya.

Dengan begitu tentunya Anda membutuhkan sistem penunjang dalam penghitungan komisi sales Anda. Bisa sich menggunakan excel yang dikerjakan oleh admin Anda. Tapi tentunya ini akan menambah pekerjaan admin dan resiko kesalahan perhitungannya lebih besar. 

Alat Menghitung Komisi

Karena itu Anda butuh yang namanya software agar mempermudah kinerja admin Anda. Dan juga membantu Anda dalam mengontrol kinerja karyawan dan perkembangan bisnis Anda. Dan salah satu software akuntansi yang sudah dilengkapi dengan sistem perhitungan komisi yaitu beeaccounting. Jika Anda ingin tahu cara kerjanya silahkan play video dibawah ini.

Jika Anda penasaran dan ingin mencoba aplikasinya. Silahkan download softwarenya dengan cara klik download gratis sekarang dibawah ini. 

Download Gratis Sekarang

Semoga artikel ini dapat membantu bisnis Anda. Dan jangan lupa untuk meng-share artikel ini ke sosial media Anda ya. Agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih. Salam Let’s #beefree.

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.