Home / Blog / Kiat Sukses Memulai Usaha Kuliner Kekinian

Kiat Sukses Memulai Usaha Kuliner Kekinian

Bisnis kuliner merupakan sebuah lahan yang sering dianggap memberi banyak keuntungan. Dengan modal yang bisa dibilang relatif kecil, Anda bisa mengambil untung hingga 100%. Namun bisnis kuliner tentu ada kelemahannya, banyak orang berbondong-bondong membangun bisnis makanan yang membuat persaingan dalam bisnis ini cukup tinggi.

Karena bisnis kuliner memiliki prospek usaha yang sangat cerah walaupun persaingan yang di dapatkan sangat ketat. Akan selalu ada peluang di bidang kuliner karena sangat banyak sekali tema di bidang kuliner yang bisa kalian angkat menjadi sebuah ladang bisnis. Berikut Kiat Sukses Memulai Usaha Kuliner Kekinian.

Ketahui Target Market Anda

Target market merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Segmentasi market sendiri adalah kegiatan membagi suatu market menjadi segmen market yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Mengingat pentingnya segmen market dalam setiap bisnis, tentunya Anda juga perlu mengenal dan menentukan target market Anda sebelum memulai bisnis kuliner.

Cari Lokasi Yang Sesuai

Pilihlah lokasi bisnis kuliner yang banyak dikunjungi atau dilalui banyak orang. Saat menentukan lokasi bisnis kuliner juga harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan. Jangan sampai modal Anda habis hanya untuk menyewa atau membeli tempat usaha. Anda dapat melakukannya tanpa mempunyai tempat usaha, tapi dengan menitip produk usaha Anda pada pemilik lokasi strategis atau tempat usaha mitra Anda. Sejumlah lokasi bisnis kuliner yang strategis antara lain di sekitar sekolah atau kampus, kawasan perkantoran, lingkungan pasar dan mal, perumahan, dan tempat wisata.

Buat Promosi Terencana dan Terukur

Promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi bisnis kuliner Anda ke banyak orang. Happy Customer bisa menjadi pelanggan setia dan dari sinilah cerita tentang keunggulan bisnis kuliner Anda akan menyebar ke publik. Bila ada dana lebih, tak ada salahnya mempromosikan bisnis kuliner lewat media, seperti spanduk, papan nama, pamflet, leaflet, atau lewat jejaring sosial yaitu Facebook atau twitter.

Membangun Relasi dengan Pelanggan

Pelanggan mencari pemenuhan keperluan primer, sekunder, atau tersier dengan cara menggunakan produk atau jasa yang disediakan oleh perseorangan atau kelompok lain melalui kegiatan transaksi jual-beli. Tanpa pelanggan, bisnis kuliner Anda tidak mungkin memperoleh kesuksesan. Oleh karena itu, penting untuk membangun hubungan baik secara dua arah dengan pelanggan Anda. Untuk dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan Anda, harus mengetahui beberapa cara dalam membangun relasi dengan customer Anda. Setidaknya ada 4 tipe relasi yang bisa Anda pertimbangkan Transactional,  Self service,  Automated service, Communities.

Bekerja Sambil Berdoa adalah Kunci

Berjuanglah dan teruslah berdoa kepada Tuhan yang Maha Pemberi dan Pengatur Rezeki, karena Dialah yang menilai hasil kerja keras Anda. Jangan sesekali memakai sihir dalam usaha karena sudah pasti akan hancur walau cepat berkembang, berusahalah bersih. Sekarang, saatnya Anda tentukan menu makanan atau minuman apa yang akan Anda pilih untuk bisnis kuliner Anda. Anda tidak akan pernah tahu bila Anda tidak mencoba, ide dapat di buat dari hal sekecil mungkin sesuai kemampuan Anda, jangan sia-siakan setiap peluang yang terbuka di depan Anda.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.