Home / Blog / Kenapa Logo dan Brand Bagi Perusahaan Sangat Penting?

Kenapa Logo dan Brand Bagi Perusahaan Sangat Penting?

Kenapa Logo dan Brand Bagi Perusahaan Sangat Penting? Seperti layaknya sidik jari, semua orang memiliki sidik jari, namun tidak ada sidik jari yang sama meskipun di antara saudara kembar. Sidik jari tersebut memberikan keunikan, menandakan Anda berbeda dengan yang lain. Logo dan Brand pun memisahkan bisnis Anda dengan bisnis lain, karena Logo dan Brand memberikan ‘wajah’ bagi perusahaan.  Sebagai pelaku bisnis penting sekali untuk mengenal dan merumuskan brand Anda, karena tidak hanya mencoba untuk membuat impression yang kuat tetapi memungkinkan bagi konsumen dan mitra untuk mengenal perusahaan Anda.

Brand memudahkan Anda mendefinisikan dan membedakan dari competitor dan mengklarifikasi bahwa perusahaan Anda adalah yang terbaik. Pentingnya brand untuk usaha dewasa membuat pelaku bisnis berhati-hati dalam membuat brand image.

Reputasi Bisnis

Apabila brand kita sudah cukup terkenal dan kuat dalam lini bisnis kita, maka akan sangat mudah untuk mendapatkan konsumen baru. Hal itu sudah jelas. Bukankah sangat disayangkan apabila kita sudah cukup lama berkecimpung dalam suatu sektor bisnis, namun kita tidak mempunyai brand yang kuat atau bahkan tidak punya brand sama sekali. Bagaimana nanti market mengetahui eksistensi usaha kita yang sudah cukup lama. Brand yang dikenal dan kuat akan membantu meningkatkan reputasi dikemudian hari atau bahwa meningkatkan nilai bisnis dengan memberikan penambahan service di bisnis Anda.

Brand image yang kuat , konsistent ( yang terkadang didahului dengan desain logo yang baik) akan membantu dalam bisnis. Akan lebih memudahkankan konsument untuk mengenali, mengingat dan merekomendasikan. Logo yang baik harus mampu membuat kesan yang mendalam kepada target segment bahkan saat pertama kali dilihat. Logo harus ditempatkan di website, profile social media, kartu nama, company profile dan media printing lainnya.

Brand yang kuat sejalan dengan impression market yang positif dan konsumen akan senang berbisnis dengan Anda karena reputasi dan karena kepercayaan konsumen dengan brand.

Identitas Bisnis

Logo dalam perspektif bisnis, memang sesuatu yang bisa dibilang tak terpisahkan. Sebagai bagian dari pencitraan serta filosofi sebuah brand, logo dibutuhkan agar sebuah bisnis dikenali publik, dan dapat berjalan baik. Logo sendiri sebenarnya adalah simbol atau lambang khusus, yang mewakili perusahaan atau sebuah organisasi.  Logo juga berfungsi mengingatkan khalayak mengenai bisnis yang kita miliki. Logo juga biasanya dibuat unik dan tidak sama satu dengan lainnya, karena logo berfungsi sebagai identitas perusahaan, membedakan antara satu bisnis dengan yang lainnya.

Logo dan Brand (merek) adalah dua hal yang berbeda. Keduanya sama-sama tidak bisa bekerja efektif tanpa dukungan satu sama lain. Brand membutuhkan logo sebagai representasi utama dalam membangun citra perusahaan. Sebaliknya, logo membutuhkan brand untuk mencapai fungsinya melalui bentuk bentuk yang lebih spesifik dalam membangun citra positif kepada konsumen.

Ada ribuan, bahkan jutaan pebisnis yang menjual produk yang sejenis dengan produk Anda. Brand hadir sebagai identitas, untuk membedakan produk yang Anda produksi dengan produk sejenis yang diproduksi oleh pebisnis lain. Dengan adanya brand, konsumen akan dapat memilih produk mana yang akan mereka konsumsi.

Jika sebuah perusahaan memiliki produk atau jasa, dengan branding maka diharapkan brand atau merk perusahaan tersebut akan senantiasa diingat oleh masyarakat atau konsumennya dalam jangka waktu yang lama.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.