Home / Blog / Kelebihan dan Kekurangan Usaha di Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Usaha di Rumah

Bisnis berbasis rumah menjadi lebih populer kini; apalagi kebanyakan dari mereka bisa berkembang dengan baik, berfungsi secara paruh waktu dan biasanya dimiliki oleh wirausahawan kecil yang memutuskan untuk mempertahankan pekerjaan mereka saat ini setidaknya dalam fase membuka startup. Jadi apa alasan Anda ingin bekerja dari rumah?

Alasan mengapa begitu banyak orang memutuskan untuk memulai bisnis berbasis rumah juga bervariasi. Baik itu impian untuk mengubah hobi Anda menjadi bisnis atau alasan lain, faktanya adalah dengan melakukan ini Anda bisa menjadi bos bagi Anda sendiri dan Anda dapat membuat keputusan sendiri dan mendapatkan aliran pendapatan tambahan.

Jadi, bagaimana Anda memulai?

Bisnis rumahan tidak jauh berbeda dari bisnis biasa, jadi Anda perlu merencanakan kegiatan Anda dengan cermat. Pahami juga kelebihan dan kekurangan (pro dan kontra) dalam mengembangkan bisnis berbasis rumah Anda, terutama aspek-aspek yang berkaitan dengan dampak bisnis Anda terhadap anggota keluarga Anda untuk menentukan apakah Anda harus memulai bisnis berbasis rumah atau tidak. 

Baca Juga: Kesalahan Pengusaha Pemula yang Berakibat Gagalnya Bisnis

 

Kelebihan usaha di rumah:

Membuka bisnis berbasis rumah dapat menawarkan sejumlah besar keuntungan dan kepuasan, tetapi mengingat fakta bahwa Anda adalah bos Anda sendiri, itu tidak sesederhana yang diperkirakan banyak orang. Ya, Anda bertanggung jawab atas proses pengambilan keputusan, namun Anda tidak dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan. Anda harus memperhitungkan kebutuhan dan harapan klien Anda, untuk beradaptasi dengan permintaan pemasok dan belajar bagaimana mengatur waktu, uang, dan karyawan Anda.

  • Dengan mengembangkan bisnis berbasis rumah Anda dapat mempertahankan pekerjaan Anda saat ini untuk sementara waktu lebih lama sehingga Anda akan tetap memiliki aliran pendapatan yang stabil sampai bisnis akan mulai menghasilkan pendapatan sendiri.
  • Gaya hidup yang lebih fleksibel dengan kemungkinan untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang yang Anda cintai.
  • Biaya awal dan operasional lebih kecil daripada biaya bisnis tradisional.
  • Penghematan biaya mengingat fakta bahwa Anda dapat merawat anak-anak Anda tanpa mempekerjakan seseorang untuk melakukannya untuk Anda atau Anda tidak perlu membayar sewa untuk kantor atau toko.
  • Jadwal yang lebih fleksibel. Itu tidak berarti bahwa Anda akan bekerja lebih sedikit, karena ada saatnya kita akan bekerja lebih lama dan lebih keras, tetapi Anda harus memutuskan kapan dan berapa lama.
  • Kepuasan menjadi bos Anda sendiri dan bertanggung jawab atas proses pengambilan keputusan.
  • Kemungkinan untuk merekrut anggota keluarga Anda yang lain.

Kekurangan usaha di rumah:

Mengelola bisnis rumahan akan menyita lebih banyak waktu, energi, dan sumber daya Anda daripada pekerjaan rutin sehari-hari. Untuk memastikan keberhasilan perusahaan Anda, Anda harus berkorban dan belajar untuk menciptakan keseimbangan antara bisnis dan keluarga.

  • Anda akan memiliki lebih sedikit waktu untuk kegiatan keluarga dan ruang rumah akan berkurang secara signifikan begitu Anda membawa peralatan atau bahan yang diperlukan untuk bisnis Anda.
  • Jadwal kerja yang lebih panjang. Dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin tergoda untuk bekerja lebih banyak untuk mendapatkan lebih banyak pemdapatan. Ini berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan bersama keluarga dan teman Anda.
  • Fakta bahwa Anda akan kehilangan rekan kerja yang dulu Anda miliki ketika Anda bekerja di kantor.
  • Tingkat stres yang lebih tinggi mengingat kurangnya kemampuan untuk menemukan keseimbangan antara bisnis dan keluarga.
  • Aktivitas yang dilakukan perusahaan Anda dapat menyebabkan kesalahpahaman dengan tetangga.

Untuk mengembangkan dan menciptakan bisnis berbasis rumah yang sukses, dukungan keluarga dan teman Anda sangat penting. Itulah sebabnya Anda harus melibatkan mereka dan mempertimbangkan saran, pendapat, atau umpan balik mereka. Selain itu, perhatikan bahwa bisnis rumahan tidak berbeda dari bisnis biasa seperti yang mungkin Anda pikirkan. Karena itu, investasikan waktu dalam merencanakan dan mengelola perusahaan untuk memastikan keberhasilannya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.