Home / Blog / Kelebihan dan Kekurangan Pengelola Bisnis dengan Investor

Kelebihan dan Kekurangan Pengelola Bisnis dengan Investor

Jika Anda ingin mengembangkan usaha Anda dan mulai melirik investor sebagai sumber modal Anda. Maka Anda perlu menimbang  Kelebihan dan Kekurangan Pengelola Bisnis dengan Investor.

Pengelola usaha adalah seseorang, kelompok atau badan usaha yang bekerja sama dengan pemodal/investor untuk menjalankan suatu bidang usaha. Konsep usaha bisa berasal dari Pengelola sendiri atau dari Investor yang memiliki konsep dan modal tapi kesulitan menjalankan karena berbagai keterbatasan maka mencari partner yang bisa menjalankan.

Bila berbicara mengenai bisnis, maka tak akan lepas dari dua orang yang memegang peranan penting dalam bisnis tersebut seperti investor dan pengelola usaha. Pengelola usaha adalah orang atau badan yang memiliki sebuah bisnis dan bergerak dalam bidang tertentu. Sementara investor adalah pihak ketiga yang mempunyai modal lebih untuk membantu seorang pemilik usaha mengembangkan bisnisnya dengan imbalan tertentu berupa keuntungan jangka panjang.

Yang disebut dengan investor adalah seseorang yang berperan sebagai penunjang bisnis yang paling banyak dicari oleh para pemilik usaha yang memang membutuhkan suntikan dana guna mengembangkan usaha yang dimilikinya tersebut. Tentunya dana yang dibutuhkan oleh para pengusaha ini tidaklah sedikit dan bila hanya mengandalkan dana pribadi, maka hasilnya tak akan maksimal.

Investor terlebih dahulu harus mengetahui potensi bisnis yang Anda miliki. Hal ini disebabkan ketika investor menyuntikkan dana pada suatu usaha, maka mereka memiliki harapan yang sangat tinggi jika uang yang dimiliki akan bertambah seara signifikan. Tidak ada hal lain yang diinginkan investor selain dana lebih dan keuntungan. Sebuah mitra bukanlah alasan jika investor akan tetap bertahan pada usaha Anda jika itu tidak mendatangkan keuntungan.

Kelebihan

Dibandingkan meminjam melalui lembaga keuangan yang sangat berat akan bunganya, maka mengajukan suntikan dana pada investor menjadi sebuah pilihan lebih bijak. Namun bukan berarti memperoleh dana besar dari investor cukup mudah karena justru akan semakin lebih sulit dibandingkan meminjam melalui bank. Tentunya banyak hal yang menjadi pertimbangan bagi investor agar mau menitipkan dananya pada usaha milik Anda. Satu hal yang pasti, investor menginginkan keuntungan besar yang menjanjikan di masa depan.

Selain itu pengelola usaha berhak mengajukan dan dana modal ke Investor sesuai proposal dan rencana bisnis yang disepakati. Pengelola usaha biasanya mendapatkan porsi bagi hasil sebesar 60% dari keuntungan bersih usaha. Angka 60% ini tidak baku, maka negosiasi dan kesepakatanlah yang akan menjadi porsi yang tercantum dalam perjanjian.

Selama Pengelola tidak melakukan wan prestasi dalam menjalankan usaha dan keuangan, maka risiko kerugian dan kebangrutan usaha yang menjadi tanggung jawab Investor sepenuhnya, kecuali sifat dana Investasi tersebut adalah Pinjaman Berjangka Waktu yang wajib dikembalikan bila perjanjian kerjasama usaha telah selesai.

Kekurangan

Tidak ada gaji bulanan bagi pengelola bisnis, Pengelola boleh saja menarik dana bulanan untuk biaya hidup, tapi dana tersebut bukan gaji tapi bagi hasil yang ditarik di awal dan akan mengurangi jumlah bagi hasil saat pembagian nanti.

Risiko yang disepakati disebabkan karena wan prestasi atau cacat amanah Pengelola, maka Pengelola wajib mengembalikan dana modal kepada Investor. Investor juga bisa saja menarik dana  investasi sewaktu waktu bila dirasa resiko menngkat.

Selain itu, investor juga akan melihat ke arah apakah usaha tersebut bisa bertahan lebih lama lagi. Jika iya, kira-kira hingga berapa lama. Apakah bisnis yang dibuat memiliki duplikasi atau sudah ada sebelumnya. Hal ini menjadi pertimbangan khusus bagi para investor yang ingin menyumbangkan dana untuk Anda sehingga mereka mampu mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan sebelum berinvestasi. Strategi tiap investor tentu berbeda dan mereka juga berhak untuk sedikit mengatur atau memberikan nasehat pada pemilik usaha dalam menjalankan bisnisnya sehingga mereka mampu memperoleh keuntungan yang dicari. Memang terlihat sederhana namun hal ini cukup berat untuk dilakukan karena setiap investor memiliki permintaannya masing-masing.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.