Home / Blog / Jurnal Umum dan Jurnal khusus Perusahaan Dagang
jurnal-umum-dan-jurnal-khusu-perusahaan-dagang-image

Jurnal Umum dan Jurnal khusus Perusahaan Dagang

Salah satu aktivitas yang harus dilakukan dalam menjalankan usaha dagang sebelum menyusun buku besar yaitu pembuatan jurnal. Apa sih jurnal itu? Secara umum, jurnal merupakan pencatatan yang dilakukan secara kronologis atas setiap transaksi keuangan badan usaha atau organisasi. Tujuannya untuk mendata semua transaksi yang telah terjadi, termasuk nama, jenis serta waktu terjadinya transaksi tersebut.

Jenis-Jenis Jurnal Dalam Akuntansi

Secara umum, jurnal dibagi menjadi dua, yaitu : jurnal umum dan jurnal khusus. Jurnal umum yaitu pencatatan semua jenis transaksi keuangan selama periode tertentu yang disusun secara kronologis. Jurnal umum disebut juga sebagai jurnal memorial atau buku harian. Dalam jurnal umum, Anda bisa mencatat semua transaksi yang tidak dapat dicatat didalam jurnal khusus, misalnya : iklan dibayar di muka, pendapatan dibayar di muka, pengembalian barang dagangan (return), dan sebagainya.

Dalam membuat jurnal umum Anda bisa menggunakan dua metode, yaitu : metode periodik dan metode perpetual. Metode periodik lebih banyak digunakan oleh perusahaan yang menjual barang dagangan dengan harga yang relatif murah dan sering terjadi. Metode periodik disebut juga dengan metode fisik. Sebaliknya, metode perpetual seringkali digunakan oleh perusahaan yang menjual barang dagangan dengan harga yang relatif mahal dan jarang terjadi.

Sedangkan jurnal khusus yaitu pencatatan transaksi–transaksi yang bersifat khusus atau rutin. Maksudnya bahwa transaksi tersebut bersifat sama, sering terjadi dan berulang dalam satu periode akuntansi, baik bulanan, triwulan, ataupun tahunan. Jurnal khusus identik dengan perusahaan dagang daripada perusahaan jasa karena semua transaksi yang berkaitan dengan perusahaan dagang tercatat didalamnya. Berikut penjelasannya.

Macam–Macam Jurnal Khusus

Dalam perkembangannya, jurnal khusus terbagi dalam empat macam, antara lain : jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas.

  1. Jurnal pembelian digunakan untuk mencatat transaksi – transaksi pembelian yang dilakukan secara kredit. Contohnya : dibeli perlengkapan kantor dari PT. Sukses Mandiri
  2. Jurnal penjualan digunakan untuk mencatat semua transaksi – transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit. Contohnya : dijual barang dagangan jenis A02 kepada PT. Mulia Sejahtera
  3. Jurnal penerimaan kas digunakan untuk mencatat transaksi – transaksi penerimaan yang dilakukan secara tunai, bisa berbentuk cek ataupun kas. Jurnal ini disebut juga buku kas masuk. Contohnya : kas yang diterima dari pembayaran piutang, penjualan langsung atau tunai, dan sebagainya.
  4. Jurnal pengeluaran kas digunakan untuk mencatat transaksi – transaksi pengeluran yang dilakukan secara tunai, baik berbentuk cek maupun kas. Jurnal ini disebut juga buku kas keluar. Contohnya : kas yang dikeluarkan untuk pembayaran hutang, beban – beban seperti beban sewa, bunga, listrik, dan sebagainya.

Jika beberapa tahun yang lalu, untuk membuat jurnal umum maupun jurnal khusus Anda harus menyiapkan satu per satu formatnya. Apalagi untuk jurnal khusus, ke-empat jenis jurnal tersebut harus dibuatkan formatnya. Namun saat ini ada cara yang lebih praktis untuk mengerjakannya. Cukup dengan menggunakan software akuntansi yang banyak di jual di pasaran, seperti software dari beeaccounting.

Dengan menyusun jurnal umum dan jurnal khusus maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan pencatatan secara sistemastis. Selain itu juga akan memudahkan Anda dalam melakukan pemeriksaan secara dan pemindahan ke dalam buku besar.

Itulah sedikit ulasan tentang jurnal umum dan jurnal khusus perusahaan dagang. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa share kepada pembaca yang lain. Berbagi itu indah. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.