Home / Blog / Jenis Transaksi Keuangan Pada Perusahaan Jasa

Jenis Transaksi Keuangan Pada Perusahaan Jasa

Berbeda dengan perusahaan dagang yang hasil pemasukan atau omzet utamanya dari menjual produk yang disediakan, perusahaan jasa punya sumber pemasukan yang tak sama. Sebuah perusahaan jasa berfokus pada pengguna, dan dari pengguna inilah mereka mendapatkan pemasukan sebagai bentuk cash flow untuk menghidupi roda perusahaan.

Contoh paling umum yang bisa dilihat misalnya, untuk usaha laundry, pemasukkan utamanya tentu dari pergerakan setiap mesin laundry yang dimiliki. Selama ada orang mencucikan baju di tempat tersebut, maka perusahaan akan tetap mendapat pemasukkan. Ada juga contoh lain seperti misalnya jasa cuci mobil atau motor, sejauh ada orang mencuci mobil atau motornya ke sana maka hal yang sama juga terjadi.

Bentuk perusahaan jasa banyak bermunculan belakangan ini. Apalagi di era dengan koneksi internet yang kian luas dan harga yang terjangkau, orang lebih mudah berpromosi untuk menggaet pelanggan. Tetapi di balik segala hal tersebut, tidak ada salahnya untuk tahu lebih jauh tentang jenis transaksi keuangan perusahaan jasa. Hal ini perlu agar dalam hal pembukuaan atau pencatatan lalu lintas keuangan lebih transparan sehingga dapat dibedakan mana yang omzet serta bisa diperkirakan lamanya pengembalian modal atau ROI (Return of Investment).

Berikut ini jenis transaksi keuangan perusahaan jasa yang perlu Anda ketahui:

  • Transaksi Pembelian Peralatan dan Perlengkapan Kerja

Untuk sebuah perusahaan jasa perlengkapan dan peralatan kerja musti dipersiapkan dengan matang dan memadai. Sebagai contoh jasa laundry tentu tidak mungkin beroperasi secara normal tanpa adanya mesin cuci, begitu juga jasa cucian mobil, tidak akan beroperasi secara normal tanpa adanya peralatan pembersih mobil atau motor. Transaksi keuangan ini harus tercatat dengan baik, sebab dalam waktu berikutnya akan ada juga transakasi serupa dengan tujuan penggantian atau perawatan peralatan kerja yang sudah termakan usia.

  • Investasi Pihak Terkait

Investasi juga harus dibukukan. Terlebih bila sudah menyangkut adanya dana yang masuk dari para investor. Dengan demikian proses pengembalian dan bagi hasil lebih jelas diwaktu mendatang.

  • Penerimaan dan Pendapatan

Tujuan dari dibukanya sebuah usaha jasa apapun bidang bisnisnya adalah untuk menghasilkan keuntungan. Setiap hari, seorang pengusaha jasa tentu berharap agar dapat memberikan layanan atau memperoleh klien. Dari hasil yang masuk inilah perusahaan bisa terus beroperasi. Transaksi pemasukan perhari ini juga tergolong transaksi yang wajib ada dalam pembukuan.

  • Pembayaran Tagihan serta Piutang

Dalam beroperasinya sebuah perusahaan jasa didalamnya tak lepas dari adanya tagihan. Beberapa yang umum seperti, tagihan listrik, air, mungkin sewa tempat, juga biaya komunikasi seperti telepon. Selain itu ada juga pemasukan dari segi piutang, biasanya untuk usaha jasa tertentu yang sifatnya berlangganan. Dua transaksi ini wajib juga dibukukan.

  • Pengembalian Harta juga Gaji Karyawan

Modal awal sebuah perusahaan jasa terutama yang berbentuk firma biasanya berasal dari pemilik usaha. Dengan berjalannya waktu setelah usaha berjalan, hal ini tentu saja menjadi tanggungan perusahaan untuk mengembalikan harta kepada pemilik perusahaan tersebut. Selain itu ada juga pengeluaran yang sifatnya reguler, misalnya saja gaji karyawan. Semakin banyak modal awal yang disuntikkan pemilik perusahaan diawal berdirinya sebuah usaha jasa tentu jumlah pengembalian juga makin besar. Demikian halnya dengan gaji karyawan, semakin banyak karyawan yang bekerja tentu besaran pengeluarannya juga semakin besar. Kesemuanya itu harus masuk dalam pencatatat rutin perusahaan.

Dari keseluruhan bentuk transaksi tersebut adalah bentuk-bentuk transaksi keuangan perusahaan jasa yang wajib diketahui. Membukukan setiap transaksi secara rinci bisa mewujudkan tertib administrasi dan pasti akan sangat mendukung perkembangan sebuah perusahaan jasa.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.