Home / Blog / Jenis-jenis Pelatihan SDM yang bisa Anda Lakukan untuk Perusahaan

Jenis-jenis Pelatihan SDM yang bisa Anda Lakukan untuk Perusahaan

Pelatihan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang mendasar bagi karyawan untuk dapat mengembangkan keahlian yang dimilikinya serta membantu perusahaan dalam mewujudkan visi dan misinya, sehingga semua karyawan dapat memiliki keahlian dan kemampuan yang mengarah pada tujuan perusahaan tersebut.

Sumber daya manusia merupakan asset yang paling berharga yang harus dikembangkan melalui pelatihan, perlu nya pengembangan agar meningkatnya kulitas dari Sumber daya manusia tersebut. Namun hal yang sering menjadi pertanyaan di kalangan professional HR karena bagaimana cara mengembangkan sumber daya manusia dengan berbagai aktivitas pelatihan yang efektif.

Berikut adalah Jenis-jenis Pelatihan SDM yang bisa Anda Lakukan untuk Perusahaan

Pelatihan Ulang

Pelatihan ulang diberikan kepada sumber daya manusia untuk menghadapi tuntutan kerja yang semakin berskembang. Teknologi, ilmu pengetahuan, dan dunia yang semakin berkembang memaksa semua orang untuk terus maju dan menyesuaikan diri tidak terkecuali karyawan perusahaan. Mereka harus selalu menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman dan inovasi terbaru sehingga mereka memiliki kompetensi yang tidak kalah dengan karyawan dari perusahaan lainnya.

Pelatihan Kreatifitas

Pelatihan kreatifitas merupakan sebuah Training SDM yang bertolak belakang dari anggapan bahwa kreatifitas sebenarnya bukan bakat melainkan sebuah skill yang bisa dipelajari. Dalam perusahaan sendiri, ada berbagai posisi dan jabatan yang membutuhkan kreatifitas tinggi diantaranya adalah marketing, manajer, promosi, supervisor, dan lain sebagainya.

Mereka dituntut untuk bisa kreatif dalam memimpin anak buahnya serta bisa kreatif menelurkan ide – ide baru yang segar dan inovatif untuk kepentingan perusahaan. Training kreatifitas harus ditunjang dengan kebebasan berpendapat dan mengeluarkan gagasan selama gagasan dan pendapat tersebut rasional, penuh perhitungan, dan sudah dikalkulasi untung ruginya bagi perusahaan.

Pelatihan Kerja Sama

Dalam sebuah perusahaan karyawan tidak hanya dituntut untuk bekerja sendiri namun juga bekerja secara tim dalam sebuah divisi, bagian, dan bahkan dituntut untuk bisa bekerja dalam keseluruhan tim organisasi perusahaan. Training SDM yang satu ini ditujukan bagi sekelompok karyawan agar mereka bisa terbiasa bekerja dalam tim, mampu menempatkan diri dalam sebuah tim, dan mampu bekerja sama dengan anggota tim yang lain sehingga pekerjaan dan tujuan bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan efektif.

Biasanya sebelum memutuskan untuk menggelar atau mengadakan sebuah pelatihan, perusahaan terlebih dahulu akan melakukan analisis kebutuhan pelatihan. Analisis kebutuhan pelatihan ini sangat penting untuk mengetahui kebutuhan training seperti apa yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

Dari data – data yang terkumpul nantinya perusahaan akan bisa menentukan jenis training mana yang dibutuhkan. Selain itu analisis kebutuhan training juga akan membantu perusahaan dalam menyusun konsep training termasuk didalamnya adalah peserta training, dukungan, biaya, hingga materi pelatihan yang harus disampaikan.

Pelatihan Fungsional

Pelatihan Fungsional merupakan pelatihan yang dilakukan dengan meminta karyawan untuk melakukan aktivitas pekerjaan tertentu diluar bidang pekerjaan yang ditugaskan kepadanya. pelatihan sangat bermanfaat bagi semua karyawan sehingga mereka mampu memahami cara kerja organisasi perusahaan secara lebih luas tidak hanya berkutat pada tugas kerjanya saja. Salah satu contoh c adalah meminta staff bagian keuangan untuk membantu tugas staff HRD dalam menyeleksi karyawan baru.

Pelatihan Keahlian

Skill training atau yang dikenal juga dengan pelatihan keahlian adalah jenis pelatihan yang diadakan dengan tujuan agar peserta mampu menguasai sebuah skill atau keterampilan baru yang berhubungan dengan pekerjaannya. Keahlian yang diajarkan dalam training biasanya akan diberikan kepada karyawan yang dianggap belum menguasai atau masih kurang nilainya dalam sebuah keahlian tertentu. Contoh skill pelatihan misalnya adalah pelatihan manajemen atau training leadership.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.