Home / Blog / Jenis-jenis Biaya dalam Perusahaan Manufaktur

Jenis-jenis Biaya dalam Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur memiliki karakteristik khusus pencatatan biaya produksi. Biaya produksi adalah biaya yang diperlukan untuk mengubah bahan mentah menjadi produk. Semua biaya produksi harus dilampirkan ke unit yang diproduksi untuk dicatat dalam laporan. Biaya satuan yang dihasilkan digunakan untuk penilaian persediaan pada neraca dan untuk perhitungan harga pokok penjualan pada laporan laba rugi.

Bisnis manufaktur yang memproduksi produk ini memiliki beberapa faktor biaya tambahan untuk dipertimbangkan pemilik bisnis dibandingkan dengan bisnis sebagai pengecer dan distributor. Jenis biaya produksi ini termasuk bahan baku, tenaga kerja langsung, biaya overhead variabel, dan biaya overhead tetap. Berikut ini rincian jenis biaya di perusahaan manufaktur:

  1. Biaya Bahan baku (juga disebut bahan langsung)

Apa yang dibeli produsen dari perusahaan lain untuk digunakan dalam produksi produknya sendiri menimbulkan biaya yang masuk dalam pencatatan biaya bahan baku. Misalnya, General Motors membeli ban dari Goodyear (atau pabrikan ban lain) yang kemudian menjadi bagian dari mobil GM.

  1. Biaya Overhead variabel

Biaya produksi tidak langsung yang meningkat atau menurun karena jumlah yang diproduksi meningkat atau menurun. Contohnya adalah biaya listrik yang menjalankan peralatan produksi: Anda membayar listrik untuk seluruh pabrik, bukan mesin dengan mesin, sehingga Anda tidak dapat melampirkan biaya ini ke satu bagian tertentu dari proses.

Tetapi jika Anda menambah atau mengurangi penggunaan mesin-mesin itu, biaya listrik naik atau turun sesuai dengan kebutuhan mesin tersebut.

  1. Biaya Fixed overhead

Biaya produksi tidak langsung yang tidak tergantung oleh jumlah yang diproduksi meningkat atau menurun. Biaya tetap ini tetap sama pada rentang tingkat produksi yang cukup luas. Tiga biaya produksi tetap yang signifikan adalah:

  • Gaji untuk karyawan. Membayar upah kepada karyawan akan menjadi salah satu biaya produksi utama Anda. Anda harus terus memantau biaya ini untuk memastikan Anda mendapatkan produksi yang cukup untuk uang yang Anda habiskan untuk tenaga kerja. Rata-rata semua upah karyawan bagian produksi Anda dihitung berrdasarkan berapa biaya tenaga kerja Anda per jam dan per hari. Tambahkan semua upah yang dibayarkan dalam sebulan dan bagi dengan jumlah karyawan. Bagilah angka ini dengan jumlah hari kerja dalam sebulan. Ini adalah upah rata-rata harian Anda. Bagilah angka ini dengan jumlah jam dalam satu shift untuk mendapatkan upah yang dibayarkan per jam.
  • Penyusutan bangunan produksi, peralatan dan aset tetap pabrik lainnya.
  • Biaya hunian, seperti asuransi bangunan, pajak properti, dan biaya air, listrik, telp (internet)

Anda harus memperhatikan pengeluaran overhead Anda dan menganalisis berapa banyak mereka berkontribusi pada biaya produksi. Anda dapat menetapkan biaya per hari untuk manufaktur Anda dengan membagi total biaya fasilitas selama sebulan dengan jumlah hari kerja di bulan itu.

Jika bisnis kecil Anda bergerak di bidang manufaktur, Anda harus tahu tiga biaya produksi yang paling umum tersebut. Banyak pemilik bisnis melakukan kesalahan dalam memperkirakan laba berdasarkan pada satu biaya produksi dan terkejut ketika angka aktual masuk. Setelah Anda memahami tiga biaya utama, Anda dapat beralih ke pertimbangan biaya lain yang lebih kompleks.

  1. Biaya tak terduga

Selain tiga biaya produksi yang paling umum diatas, Anda memiliki biaya untuk persediaan seperti alat penunjang produksi yang habis terpakai seperti pita, tinta, pelumas, dan peralatan keselamatan lainnya. Biaya seperti ini bisa dimasukkan dalam komponen biaya tak terduga.

Setelah Anda menguasai tiga biaya produksi terbesar Anda, coba Anda periksa produksi Anda untuk melihat di mana lagi Anda akan membelanjakan uang yang masuk ke biaya produksi Anda. Tujuannya adalah untuk berhemat. Misalnya saja, salah satu masalah yang harus Anda perhatikan adalah produk yang rusak. Biaya produk manufaktur yang ditolak dalam kontrol kualitas bisa jadi dapat bertambah dengan cepat akibat produk yang rusak tersebut.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.