Home / Blog / Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Persamaan Akuntansi?

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Persamaan Akuntansi?

Pengertian Akuntansi

Niswonger dalam bukunya “Accounting Principles” mendefinisikan akuntansi sebagai berikut : the process of identifiying, measuring and communication economic information to permit in formed judgements and decision by user of the information” Yang artinya dalam Bahasa Indonesia adalah sebagai proses mengenali setiap data yang harus disertai dengan surat bukti sebagai sumber data.

Kemudian Analisa data diidentifikasikan ke dalam rekening yang bersangkutan. Serta mengukur dan mengkomunkasikan informasi ekonomi untuk memperoleh pertimbangan dan keputusan oleh pemakai yang bersangkutan. Tujuan utama akuntansi adalah menghasilkan atau menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Persamaan akuntansi dalam hal ini memiliki pengertian sebagai suatu keadaan yang menunjukkan hubungan antara harta, utang dan modal pemilik dengan perhitungan ruas kiri (harta) harus sama besarnya dengan ruas kanan (utang dan modal).

Manfaat persamaan akuntansi adalah mengetahui pengaruh dari suatu transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan dan memungkinkan pihak pemakai informasi akuntansi menilai suatu perusahaan. Prinsip keseimbangan dalam persamaan akuntansi harus dibuat oleh perusahaan. Dalam akuntansi keseimbangan tersebut, seperti :

Harta=Utang+Modal

Harta atau sering dikenal dengan aktiva adalah kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan, sedangkan hak atas kekayaan itu disebut dengan pasiva. Bila hak atas kekayaan itu adalah pemilik perusahaan sendiri, maka dapatlah persamaannya sebagai berikut :

Harta=Modal

Selain ha katas kekayaan berasal dari pemilik, ada juga ha katas kekayaan yang berasal dari pihak lain (kreditor) misalnya yang dikelompokkan ke dalam utang. Dengan demikian persamaan akuntansinya yaitu :

Harta=Utang+Modal

dalam prinsip persamaan akuntansi lebih mengutamakan hak kreditor (pelunasan utang) daripada hak pemilik (pengembalian modal), bila perusahaan jatuh pailit atau bubar. Dalma hal ini hak kreditor atas kekayaan perusahaan harus diselesaikan karena mempunyai hak pertama atas harta perusahaan pemilik.

Pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan akuntansi sangat erat sekali kaitannya. Setiap transaksi yang dilakukan perusahaan akan mempengaruhi baik sisi kanan atau sisi kiri persamaan dalam jumlah yang sama. Namun, pengaruh tersebut tidak selalu mempengaruhi kedua sisi. Bisa saja hanya salah satu sisi yang terpengaruhi.

Persamaan akuntansi merupakan konsep dasar pencatatan akuntansi dalam berpasangan (double entry). Setiap transaksi sesuai dengan prinsip berpasangan di catat dalam dua jalur akun yang terkait sehingga hasil persamaan akuntansi selalu menunjukkan keseimbangan harta = utang + modal.

Contoh Persamaan Akuntansi

Pengaruh ini dapat terlihat dengan jelas pada transaksi persamaan akuntansi harta dengan harta, harta dengan utang dan harta dengan modal. Berikut akan kami berikan contoh sebuah persamaan akuntansi ;

Kasus 1 Transaksi Membeli Furnitur Rp.3.000,00 dibayar kas
Harta Pertama Saldo Awal

Pengaruh

Saldo

Kas                   +         Furnitur                              = Modal

20.000                                                                        20.000

(3.000)                         3.000

17.000                         3.000                                    20.000
Harta Lain Catatan
  1. Kas berkurang Rp.3.000,-
  2. Furnitur bertambah Rp.3.000,-
  3. Tidak ada perubahan dalam nilai total dari harta, hanya komposisi dari modal yang diubah.
  4. Modal tetap tidak berubah

Dalam keseimbangan persamaan akuntansi untuk mencatat laporan pihak perusahaan atau karyawan harus mengetahui akun-akun dalam persamaan akuntansi. Diantara akun-akun akuntansi ada dibawah ini :

1. Akun Harta

2. Akun Kewajiban

3. Akun Modal

4. Akun Pendapatan

5. Akun Beban

Sekian artikel mengenai “Persamaan akuntansi ini”. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share di sosial media Anda agar teman Anda mendapatkan manfaatnya. Karena sebaik–baik nya ilmu adalah berbagi.
Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.