Home / Blog / Jangan Abaikan 3 Hal Ini, atau Bisnis Anda Akan Bangkrut/Gulung Tikar (Part. 03)

Jangan Abaikan 3 Hal Ini, atau Bisnis Anda Akan Bangkrut/Gulung Tikar (Part. 03)

Setelah membahas penyebab kebangkrutan bisnis karena stock dan piutang yang cukup mendalam. Kali ini saya akan coba membahas kebangkrutan yang diakibatkan karena tim.

Anda harus tahu, semua bisnis bermuara pada sistem dan tim. Dan itu berulang dan harus terus Anda kembangkan. Mengapa?

Mengutip perkataan Peter Drucker (Bapak Manajemen Modern) :

Para pemimpin yang bekerja paling efektif, tidak pernah mengatakan ‘aku’. Dan itu bukan karena mereka telah melatih diri untuk tidak mengatakan ‘aku’. Mereka tidak berpikir ‘aku’. Mereka berpikir ‘kita’ adalah tim. Mereka memahami pekerjaan mereka untuk membuat fungsi tim. Mereka menerima tanggung jawab dan tidak menghindari, tapi ‘kita’ mendapat penghargaan. Inilah yang menciptakan kepercayaan, apa yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan tugas yang dilakukan.

Memang benar jika sebuah team work yang bagus akan membuat perusahaan Anda semakin maju dan berkembang. Namun, team work yang buruk akan membawa Anda keujung kebangkrutan. Salah satu contoh kerjasama tim yang buruk yaitu tidak terbaginya tugas kerja yang merata dan juga jika hubungan antar individu tidak harmonis. Sehingga banyak kasus, sales yang mark up harga, admin yang memalsukan transaksi, penggelapan stock dll.

Menurut Anda apa yang terjadi?

Jika Anda menginginkan usaha maju dan perkembang, tugas Anda harus memastikan tim/team Anda solid. Pastikan Anda memberikan yang terbaik bagi tim agar setiap anggota merasa terikat secara emosional dalam pencapaian goal. Dan saling mengingatkan agar kinerja antar individu tercapai. 

Membangun kerjasama tim atau team building memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, akan banyak sekali batu kerikil bertebaran disepanjang jalan yang dapat menghambat perjalanan Anda. Lalu bagaimana Anda dapat membagun tim yang solid? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan. 

1. Jadilah Leader Jangan BOS

Jangan pernah posisikan Anda sebagai Bos tapi posisikan diri Anda sebagai Leader. Yang Saya maksud di sini adalah berikan arahan dan masukan serta bantu memecahkan masalah jika dibutuhkan bukan hanya mendelegasikan tugas lalu pergi, selanjutnya pada waktu deadline langsung meminta hasilnya.

2. Pantau Delegasi

Saat Anda memberika tugas sertailah dengan deadline agar anggota bisa menentukan prioritas pekerjaan. Kemudian Anda harus rajin perkembangan atas delegasi yang Anda berikan untuk memastikan semuanya sesuai dengan rencana.

3.Standarisasi Pengetahuan

Sebagai leader, Anda harus mengusahakan standar kemampuan yang dimiliki setiap anggota tim adalah sama. Misalnya pada satu divisi/departemen semua anggotanya harus memiliki pengetahuan yang merata agar tidak ada penyimpangan dan kebingungan.

4. Sesuaikan Tugas Sesuai Kemampuan

Seorang leader harus memahami kemampuan setiap anggotanya, agar saat Anda memberikan tugas tidak terjadi penyimpangan. Setiap orang berbeda-beda, jadi berikan tugas sesuai dengan kemampuan anggota

5. Pahami Karakter Setiap Anggota

Sebagai seorang leader Anda harus memahami setiap karakter/sifat anggota. Sehingga Anda dapat melakukan pendekatan emosional secara tepat. Misal satu anggota melakukan kesalahan Anda tahu betul bagaimana cara memberi masukan ke anggota tersebut.

Kesimpulannya adalah membangun sebuah tim yang solid/building team. Bukanlah hal yang mudah namun juga bukan hal yang susah. Jika Anda tahu betul bagaimana karakter setiap anggota Anda. Dan yang paling penting adalah tempatkan Anda sebagai seorang Leader bukan Bos. Dengan team yang solid bisnis Anda akan semakin maju dan berkembang, begitu pula dengan kesejahteraan anggota Anda. Perusahaan Anda dijamin 100% tidak akan pernah bangkrut karena tim Anda saling membantu dan melengkapi. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin menambahi atau memberikan saran silahkan koment. Jangan lupa share ya jika bermanfaat. Terima kasih. Salam Let’s #beefree.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda