Home / Blog / Inilah Jenis-Jenis Biaya Pengelolaan Bisnis

Inilah Jenis-Jenis Biaya Pengelolaan Bisnis

Jenis Jenis Biaya Pengelolaan Bisnis dicatat dalam akuntansi biaya. Akuntansi biaya adalah proses akuntansi yang mengukur dan menganalisis biaya yang terkait dengan produk, proses produksi, dan pemasaran, dan dilaporkan pada laporan keuangan perusahaan. Alat bantu akuntansi biaya dalam proses pengambilan keputusan memudahkan perusahaan untuk menghitung, mengevaluasi, dan memantau biayanya.

Berikut adalah beberapa jenis biaya pengelolaan bisnis yang digunakan dalam akuntansi biaya:

Biaya langsung

Biaya langsung terkait dengan memproduksi barang atau jasa. Biaya langsung termasuk biaya material/bahan, tenaga kerja, biaya distribusi yang terkait dengan memproduksi suatu produk. Misalnya saja, Ford Motor Company memproduksi mobil dan truk. Seorang pekerja pabrik menghabiskan delapan jam merakit mobil. Biaya langsung yang terkait dengan mobil adalah upah yang dibayarkan kepada pekerja dan suku cadang yang digunakan untuk merakit mobil.

Biaya tidak langsung

Biaya tidak langsung adalah pengeluaran yang tidak terkait dengan proses produksi barang atau jasa. Biaya tidak langsung tidak dapat dengan mudah ditelusuri. Misalnya saja Ford Motor Company,memiliki biaya langsung yang ada dalam setiap kendaraan termasuk material ban dan kerangka kendaraan. Namun, listrik yang digunakan untuk menyalakan pabrik dianggap sebagai biaya tidak langsung karena listrik digunakan untuk semua produk yang dibuat di pabrik.

Biaya Tetap

Biaya tetap terkait erat dengan jumlah barang atau jasa yang diproduksi perusahaan dalam jangka pendek. Sebagai contoh, anggaplah perusahaan menyewa mesin untuk produksi selama dua tahun. Perusahaan harus membayar Rp. 20 juta per bulan untuk menutupi biaya sewa, tidak peduli berapa banyak produk yang digunakan mesin tersebut. Pembayaran sewa dianggap sebagai biaya tetap karena tidak berubah. 

Baca Juga: Manfaat Membayar Pajak Bagi Pengusaha

Biaya Variabel

Biaya variabel berfluktuasi ketika tingkat output produksi berubah, hal ini berkebalikan dengan biaya tetap. Jenis biaya ini bervariasi tergantung pada jumlah produk yang diproduksi perusahaan. Biaya variabel meningkat ketika volume produksi meningkat, dan turun ketika volume produksi menurun. Misalnya, produsen mainan harus mengemas mainannya sebelum mengirim produk ke toko. Ini dianggap sebagai jenis biaya variabel karena produsen memproduksi lebih banyak mainan, biaya pengemasannya meningkat. Namun, jika tingkat produksi produsen mainan menurun, biaya variabel yang terkait dengan kemasan menurun.

Biaya operasional

Biaya operasi adalah biaya yang terkait dengan kegiatan bisnis sehari-hari tetapi tidak dapat atau sulit ditelusuri untuk satu per satu produk. Biaya operasi dapat bervariasi atau tetap. Contoh biaya operasional adalah sewa dan utilitas untuk pabrik. Biaya operasional adalah biaya sehari-hari, tetapi diklasifikasikan secara terpisah dari biaya tidak langsung – yaitu, biaya yang terkait dengan produksi secara langsung. Investor dapat menghitung rasio biaya operasional perusahaan, yang menunjukkan seberapa efisien suatu perusahaan dalam menggunakan biaya mereka untuk menghasilkan penjualan.

Stand By Cost (Biaya utuk Berjaga-Jaga)

Stand By Cost adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan kapasitas atau kemampuan organisasi dalam menjalankan kegiatan produksi, pemasaran dan administrasi. Secara berkala beban biaya ini masuk dalam laporan laba rugi. Untuk memahami biaya ini paling mudah bisa melihat contoh biaya penyusutan aktiva tetap yang secara periodik (bulanan dan tahunan) selalu ada sepanjang umur aktiva tetap tersebut masih tercatat. Biaya ini juga tidak memandang perusahaan sedang surut atau maju dan tidak pula dapat dihapuskan atau ditiadakan.

Dengan memahami berbagai jenis biaya pengelolaan bisnis diatas, diharapkan pemilik perusahaan mampu mengelolanya dengan baik sehingga bisa efektif. Prinsip untuk meningkatkan laba perusahaan adalah menghasilkan omset penjualan produk atau jasa yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih rendah.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.