Home / Blog / Inilah Faktor Kegagalan Bisnis Anda
Inilah Faktor Kegagalan Bisnis Anda

Inilah Faktor Kegagalan Bisnis Anda

Apakah Anda tahu?

Menurut statistik di tahun 2016, sekitar 78 persen startup bisnis berskala kecil bertahan di tahun pertama dan sekitar setengah dari jumlah bisnis ini bertahan setidaknya selama 5 tahun. Hanya sepertiganya yang bertahan hingga 10 tahun atau lebih.

Mengapa bisa terjadi?

Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya perencanaan dalam bisnis dan juga kelalaian dalam mengelola bisnis.

4 ini sering sekali dilupakan oleh para pengusaha. Padahal menurut saya ini sangatlah penting sekali, karena hal ini yang akan menentukan bagaimana usaha Anda. Bertahan dan berkembang atau justru layu sebelum berkembang.

1. Melupakan Budgeting

Hal ini sering kali dilupakan oleh para pengusaha. Tidak melakukan budgeting merupakan kesalahan terbesar. Anda harus menyusun budgeting ini diakhir tahun untuk anggaran tahun depan. Dan kemudian dibagi lagi menjadi bulanan.

Dengan begitu Anda akan tahu, ditahun itu kira-kira berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk biaya. Nah disinilah Anda dapat menentukan target berapa yang harus Anda capai agar perusahaan Anda dapat bertahan.

2. Target Penjualan yang Tidak Jelas

Tidak sedikit pebisnis yang menentukan target dengan feeling. Mereka berpendapat yang penting target saat ini harus lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Inilah letak kesalahannya. Semua itu sebenarnya harus Anda hitung secara seksama.

Selain menetukan target dengan  mempertimbangkan budgeting biaya dan juga melihat data penjualan tahun-tahun sebelumnya. Ini untuk patokan dalam menentukan target selain biaya Anda terpenuhi target juga akan menjadi realistis saat melihat data penjualan tahun-tahun sebelumnya. 

3. Kepimpinan yang Buruk

Pemimpin adalah faktor utama yang menentukan perusahaan itu mau dibawa kemana? Seperti halnya nahkoda yang menentukan arah kapal.

Jika pemimpinnya saja tidak disiplin dalam menjalankan segala SOP yang sudah dibuat diperusaahan tersebut maka otomatis anak buahnya juga sama.

Oleh karena itu Anda sebagai seorang leader harus memberi contoh terlebih dahulu agar team Anda mengikutinya. Libatkan semua team Anda pada saat ingin memutuskan sesuatu. Janganlah Anda menjadi BOS jadi lah seorang LEADER. 

4. Sistem Keuangan yang Buruk

Salah satu yang menyebabkan F***t travel tersungkur karena tidak adanya manajemen keuangan yang baik. Oleh karena itu arus kas tidak dapat terkontrol. Dan tidak adanya batasan antara uang pribadi dan uang perusahaan.

Jika Anda tidak memiliki sistem keuangan yang baik. Ini ibarat Anda naik kendaraan dan tidak ada speedometernya. Jadi Anda tidak tahu kapan Anda harus menginjak pedal gas untuk sampai ke tujuan sesuai rencana yang sudah ditentukan. Dan kapan Anda harus mengijak rem ketika di depan ada lubang. Dan kapan Anda harus mencari jalan alternatif ketika di depan ada kemacetan.

Saat ini semua bidang usaha harus memiliki data agar dapat menganalisa kondisi perusahaan dan menentukan strategi bisnis Anda. Dan ke 4 hal diatas adalah hal dasar yang harus dilakukan disebuah perusahaan agar bisnis Anda dapat berkembang dan maju.

Semoga artikel ini dapat membanttu Anda. Kalau Anda ingin menambahi atau bertanya silahkan koment dibawah ini. Jangan lupa share ya jika bermanfaat. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda