Home / Blog / Ini Dia Cara Termudah Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Yang Benar
Ini dia cara termudah membuat laporan keuangan perusahaan dagang yang benar

Ini Dia Cara Termudah Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Yang Benar

Membuat laporan keuangan perusahaan dagang memang tidak mudah namun juga tidak sesulit yang dibayangkan kok hehe.

Dan tahukah Anda jika penyebab kebangkrutan salah satunya adalah ketidakmampuan Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda.

Ini seperti rekan saya yang baru-baru ini mengalami kebangkrutan dalam bisnisnya karena selama ini beliau tidak pernah membedakan mana dompet pribadi dan dompet perusahaan. Alhasil sering kali keperluan pribadi menggunakan uang perusahaan tanpa ia sadari.

Karena itu lah perlahann perusahaan mengalami kemunduran dan pada akhirnya mengalami hal terburuknya yakni gulung tikar.

“Tapi laporan keuangan itu ribet pencatatannya, lagian saya juga bukan orang akuntansi jadi mana saya paham itu seluk-beluknya. Ah begini saja yang penting dapur masih ngebul. Gak usah ribet-ribet jalani saja.”

Iya sich, yang namanya membuat laporan keuangan pasti ribet, mana harus nyatat sana sini, belum lagi jika Anda bukan lulusan akuntansi tentu saja ini menjadi problem tersendiri.

“Lagian inikan baru perusahaan kecil/ usaha kecil jadi belum perlu lah yang namanya membuat laporan?”

Nah, ini dia jawaban yang sering kali saya temui ketika berbicang-bicang dengan beberapa rekan bisnis saya. “Usahaku kan baru mulai jadi belum perlulah laporan keuangan yang seperti itu, yang penting keluar masuknya uang aku tahu”

Tapi, Anda jangan salah justru yang menentukan usaha Anda akan berkembang atau justru bangkrut salah satu faktor terbesarnya adalah dengan laporan keuangan.

Mengapa begitu?

Ya, pertanyaan bagus sekali, mengapa laporan keuangan merupakan salah satu ujung tombak kesuksesan bisnis yang Anda bangun karena dengan laporan keuangan yang baik dan akurat akan membantu Anda dalam mengambil sebuah keputusan.

Dengan melihat laporan keuangan maka Anda akan tahu persis bagiaman kondisi keuangan Anda. Apakah sehat? Atau justru sedang sakit. Jika sedang sakit maka Anda menganalisanya mengapa bisa sampai seperti itu, jika sudah tahu penyebabnya barulah Anda dapat mencari formulanya agar bisa kembali sehat. 

Selain itu dengan Anda tidak membuat laporan keuangan tentunya akan mengalami masalah yang sama seperti rekan saya yakni tidak dapat membedakan uang pribadi dan uang perusahaan. Jangan sampai Anda mengalami hal yang sama dengan rekan saya.

Ditambah lagi Anda tahu kan kasusnya travel agent umroh yang lagi booming beritanya belakangan ini. Karena mereka tidak memiliki sistem pembukuan laporan keuangan yang baik maka mereka susah mengecek kemana saja uang itu keluar dan melakukan-melakukan investasi tanpa melihat kemampuan perusahaan..

“Iya sich benar juga, tapi saya bukan lulusan akuntansi jadi tidak ngerti soal akuntansi”

Yup, benar saya paham sekali memang salah duanya mengapa banyak pebisnis tidak membuat laporan keuangan adalah karena tidak paham mengenai akuntansi.

Kalau seperti itu Anda tinggal manfaatkan saja teknologi yang sudah ada saat ini. Anda bisa menggunakan software akuntansi atau jika Anda tidak memiliki budget untuk software Anda juga bisa mendownload sheet laporan keuangan perusahaan dagang yang berbentuk berbentuk excel secara gratis.

Dan jika Anda memang memiliki cukup budget gunakanlah software akuntansi untuk membantu Anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan dagang Anda. Hanya cukup sekali input dan semua laporan akuntansi akan tersaji secara realtime dan akurat tentunya.

Kesimpulannya adalah semua perusahaan baik skala UKM maupun manufaktur harus memiliki laporan keuangan perusahaan, karena dengan laporan akuntansi Anda akan tahu persis bagiamana kondisi keuangan perusahaan Anda.

Ini penting karena dengan laporan keuangan perusahaan yang benar akan sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan.

Nah, kalau membicarakan software akuntansi keuangan yang sering digunakan di perusahaan-perusahaan dagang di indonesia. Ada satu software akuntansi beeaccounting yang merupakan salah satu software akuntansi terbaik no 2 di indonesia. Beeaccounting juga menyediakan trialnya secara gratis selama 30 hari. Jika Anda berminat mencobanya silahkan download dengan klik disini.

Mengapa Anda harus menggunakan software akuntansi beeaccounting.

1. Multi Platform

Beeaccounting adalah satu-satunya software akuntansi yang bisa berjalan di semua sistem operasi, baik Windows, Linux maupun MacOS

2. Online Multi Cabang

Jika Anda mempunyai usaha yang tersebar di berbagai wilayah/kota, dapat dipastikan anda membutuhkan laporan konsolidasi antar cabang yang serba cepat (realtime) guna pengambilan keputusan secara tepat.

Beeaccounting dapat menyajikan semua laporan cabang baik laporan operasional (pembelian, stock, penjualan) maupun laporan akuntansi (laba rugi dan buku besar). Untuk bisa menggunakan fitur ini anda cukup menggunakan koneksi internet modem atau speedy. Murah bukan?

3. Sistem Plugin

Plugin adalah program tambahan hasil permintaan customer apabila ada kebutuhan yang belum bisa di cover oleh Beeaccounting. Plugin tidak merubah program utama namun hanya sebagai pelengkap kebutuhan customer. Biasanya customer memanfaatkan fitur plugin ini untuk mengcover laporan-laporan yang belum ada di Beeaccounting.

4. Diskon Bertingkat

diskon-bertingkat-photo

Pernah menjumpai diskon seperti di atas ? Beeaccounting bisa mengcover fitur tersebut. Fitur diskon bertingkat ini sering dijumpai pada usaha di bidang distributor, swalayan dan retail. Selain memudahkan perhitugan yang kompleks fitur tersebut bisa membantu anda untuk memperoleh banyak pelanggan.

5. Hak Akses Fleksibel

hak-akses-photo

Hak akses ini sangat penting untuk melindungi data dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Anda bisa membatasi menu-menu yang ditampilkan oleh user tertentu bahkan anda juga bisa memproteksi sampai ke tingkat lebih detail misalkan tidak boleh save atau void transaksi. Fitur ini bisa membantu Anda untuk mengontrol bisnis meskipun anda tidak sedang berada di tempat.

Kalau Anda penasaran gimana cara kerjanya beeaccounting, langsung aja yuk di lihat video demonya.

 

Dan kalau Anda ingin mencoba trial 30 harinya silahkan download.

Download Gratis Sekarang

 

 

 

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.