Home / Blog / Ini Dia 7 Patokan Manajemen Keuangan Perusahaan

Ini Dia 7 Patokan Manajemen Keuangan Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan manajemen adalah faktor penentu kesuksesan. Dibalik sebuah perusahaan yang jaya dan terus berkembang ada prinsip-prinsip dasar yang terus dipegang serta menjadi semangat dalam menjalankan perusahaan tersebut.

Manajemen meliputi, sumber daya manusia, operasional, serta keuangan. Dari ketiga aspek tersebut, manajemen keuangan adalah salah satu dasar manajemen perusahaan yang mana didalamnya terdapat fungsi-fungsi utama yang mesti dikendalikan.

Berbicara tentang manajemen keuangan dimulai dari proses pendanaan, penggunaan atau alokasi dana, juga pengelolaan aset sehingga mencapai tujuan utama berdirinya perusahaan tersebut. Secara konsep mungkin sudah banyak orang yang paham, tetapi tidak selalu mulus dalam implementasinya. Artikel kali ini khusus mengulas tentang 7 prinsip dasar dari manajemen keuangan yang harus dipegang sebuah perusahaan.

  • Consistency atau Konsistensi

Dalam hal pengelolaan keuangan perusahaan sah-sah saja bila menggunakan pendekatan fleksibel. Tetapi, konsistensi dalam urusan sistem dan kebijakan mutlak adanya. Adanya inkonsesistensi dalam hal manajemen keuangan dapat menjadi pertanda munculnya manipulasi.

  • Accountability atau Akuntabilitas

Sudah menjadi kewajiban moral bagi perusahaan, maupun individu untuk menjalankan manajemen keuangan yang berpijak pada standar akuntabilitas. Secara definitif, ini berkaitan dengan kewajiban untuk menjelaskan tentang sejauh mana dana, alat-alat ataupun wewenang dipergunakan untuk menjalankan perusahaan tersebut. Pihak ketiga atau semua yang berkepentingan dengan aliran pendanaan serta pendiriaan perusahaan tersebut berhak untuk tahu.

  • Transparency atau Transparansi

Dalam hal laporan keuangan, perusahan wajib memberikan informasi secara akurat, lengkap serta tepat waktu, sekaligus bisa diakses secara mudah oleh mereka yang berkepentingan. Kurangnya transparansi terhadap laporan manajemen keuangna bisa diasumsikan bahwa ada sesuatu yang disembunyikan.

  • Viability atau Keberlangsungan Hidup

Demi menjaga likuiditas keuangan perusahaan wajib menata pengeluaran organisasi terlebih di tingkat strategis. Ini agar operasional bisa sejalan dan tersesuaikan dengan dana yang masuk. Secara umum organisasi harus tahu seberapa tingkat keamanan sekaligus keberlanjutan keuangan.

  • Integrity atau Integritas

Prinsip ini mengacu pada pribadi yang terlibat dalam sebuah organisasi perusahaan. Intinya, setiap orang yang terlibat wajib menjaga integritasnya melalui catatan keuangan yang lengkap dan akurat.

  • Accountating Standards atau Standard Akuntansi

Masing-masing negara punya standard akuntansinya sendiri-sendiri. Di Indonesia juga terdapat sistem akuntansi yang baku dan harus mengacu pada standard aturan yang ada. Ini dimaksudkan agar setiap audit yang dijalankan dapat dipahami sekaligus dimengerti sistemnya bila mengacu pada standar akuntabilitas global.

  • Stewardship atau Standar Pengelolaan

Dengan menjalankan prinsip dasar penggunaan keuangan saja hal ini akan memicu timbulnya manipulas terhadap keuangan perusahaan. Sementara kurang fleksibel akan menjadikan perusahaan kehilangan viability. Oleh karenanya penting adanya standar pengelolaan. Standar inilah yang harus menjadi acuan pengelolaan keuangan perusahaan untuk masa yang lama. Biasanya perusahaan juga perlu membuat standar pengelolaan untuk tiga rentang waktu, jangka pendek, menengah dan panjang.

Dengan menerapkan ketujuh hal diatas harapannya para pengusaha dapat mengetahui standar manajemen keuangan yang baku. Dan dengan demikian bisa menjaga langkah-langkah pemanfaatan dana yang ada.

Semakin detail manajemen keuangan perusahaan terkait dengan ketujuh hal diatas maka berbagai hal negatif bisa diceah sedini mungkin. Tentunya bagi keberlangsung hidup perusahaan, ada banyak hal diluar manajemen keuangan yang juga perlu diperhatikan. Ini semua agar usaha dapat berjalan dengan lancar serta mendorong tumbuh kembang perusahaan secara signifikan sebagaiman diharapkan.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.