Home / Blog / Fungsi Dari Masing-Masing Jenis Jurnal

Fungsi Dari Masing-Masing Jenis Jurnal

Didalam proses akuntansi, catatan transaksi yang terjadi akan lebih tepat jika terlebih dahulu dicatat kedalam jurnal. Lalu kemudian jumlah debit dan kreditnya ditransfer ke rekening buku besar yang sesuai. Dalam jurnal, kronologis transaksi yang terjadi tercatat dengan baik dan lengkap.

Sehingga Anda dapat mereview seluruh pengaruh transaksi-transaksi penting perusahaan Anda. Kegiatan dan frekuensi transaksi dari perusahaan tentu berpengaruh pada jumlah jurnal dari tiap jenisnya. Untuk ada baiknya Anda mengenali Fungsi dari masing masing jenis jurnal.

Jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi dalam perusahaan pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu jurnal khusus dan jurnal umum. Sebenarnya terdapat berbagai jenis bentuk jurnal yang dipakai oleh perusahaan dagang maupun perusahaan jasa.

Jurnal-jurnal tersebut antara lain adalah jurnal umum, jurnal penyesuaian (adjustment jurnal), jurnal penutup dan jurnal pembalik. 

JURNAL KHUSUS

Lalu apa itu jurnal khusus?

Jurnal khusus dapat diartikan sebagai jurnal yang dikelompokan sesuai dengan betuk transaksinya. Misal dalam transaksi pembelian, perusahaan biasanya membuat satu jurnal khusus yaitu jurnal pembelian.

Transaksi transaksi dijurnal khusus mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan pembelian barang usaha yang dilakukan secara kredit. Biasanya secara berkala akan dijumlahkan dan dipindah bukukan ke buku besar.

JENIS JURNAL KHUSUS DAN FUNGSINYA

  • Jurnal Pembelian, jurnal ini biasa disebut juga dengan buku pembelian, berfungsi untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan pembelian barang usaha yang dilakukan secara kredit.
  • Jurnal Penjualan, berfungsi untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan penjualan barang usaha secara kredit.
  • Jurnal Penerimaan Kas, berfungsi untuk mencatat semua transaksi penerimaan uang tunai dari berbagai sumber seperti penerimaan piutang, penerimaan uang dari penjualan tunai, dll.
  • Jurnal Pengeluaran Kas, berfungsi untuk mencatat semua transaksi pengeluaran uang tunai berkaitan dengan operasional perusahaan.

JURNAL UMUM

Jurnal Umum adalah jurnal yang dipergunakan untuk tempat melakukan pencatatan bagi segala jenis bukti transaksi keuangan yang muncul akibat terjadinya berbagai transaksi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu.

Pembuatan jurnal umum atau penjurnalan bertujuan untuk melakukan identifikasi, melakukan penilaian, dan melakukan pencatatan dampak ekonomi dari sebuah transaksi atau beberapa transaksi dalam perusahaan.

Selain itu, pencatatan ini juga bertujuan untuk memudahkan proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi ke dalam sebuah akun sesuai transaksi. Jurnal umum menjadi buku harian dalam satu perusahaan yang diisi semua catatan transaksi yang terjadi sepanjang periode berjalan. 

Jurnal umum sering dipakai dalam akuntansi perusahaan jasa karena biasanya semua transaksi dalam perusahaan jasa bisa dicatat secara urutan ke dalam jurnal umum saja, sedangkan pada akuntansi perusahaan dagang lebih efisien memakai jurnal khusus.

FUNGSI JURNAL UMUM

  • Fungsi historis, menggambarkan kegiatan perusahaan sehari-hari secara sistematis dan kronologiskarena pencatatan setiap transaksi dalam jurnal umum dilakukan berdasarkan tanggal terjadinya transaksi.
  • Fungsi pencatatan, tiap perubahan kekayaan, modal, biaya, dan pendapatan harus terlebih dahulu dicatat ke dalam jurnal umum, agar pembuatan laporan keuangan perusahaan dapat dilakukan secara lengkap.
  • Fungsi analisis, Anda dapat menganaisa dari pencatatan transaksi berupa pendebitan dan pengkreditan akun yang terpengaruh, penggolongan nama akun, pencatatan dalam pendebitan ataupun pengkreditan beserta jumlahnya.
  • Fungsi instruksi, jurnal umum berfungsi memberikan perintah atau petunjuk dalam proses memasukkan data ke buku besar.
  • Fungsi informasi, jurnal umum memberikan penjelasan mengenai bukti pencatatan transaksi yang terjadi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.  Jangan lupa share ya, agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.