Home / Blog / Fungsi dan Contoh Laporan Arus Kas
fungsi-dan-contoh-laporan-arus-kas-image

Fungsi dan Contoh Laporan Arus Kas

Salah satu indikator perusahaan yang bonafit adalah dapat menyajikan laporan keuangan dengan baik. Artinya bahwa perusahaan dapat membuat laporan keuangan dengan benar sesuai dengan standar yang berlaku (standar akuntansi). Dan bagian dari laporan keuangan yang wajib dibuat yaitu laporan arus kas. Apakah laporan arus kas itu? Berikut penjelasannya.

Pengertian Laporan Arus Kas

Arus kas atau cash flow adalah jumlah uang kas yang masuk (cash in) dan uang kas yang keluar (cash out). Sedangkan laporan arus kas merupakan informasi yang menggambarkan perubahan posisi kas perusahaan dalam periode tertentu, bisa bulanan, triwulan atau tahunan. Berdasarkan PSAK No.2 bahwa dalam laporan arus kas diklasifikasikan menjadi 3 aktivitas yaitu : aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan.

  • Aktivitas operasi

Kas dari aktivitas operasi utamanya diperoleh dari pendapatan entitas serta aktivitas lain yang tidak termasuk dalam aktivitas investasi ataupun pendanaan. Contohnya : penerimaan kas dari penjualan barang atau jasa, pembayaran kas kepada pemasok barang, dan pengeluaran kas untuk  membayar karyawan.

  • Aktivitas investasi

Kas dari aktivitas investasi diperoleh dari penjualan dan pembelian aktiva tetap atau aset jangka panjang. Contohnya : pengeluaran kas untuk membeli mesin produksi, penerimaan kas hasil dari penjualan tanah, serta penerimaan kas hasil dari saham.

  • Aktivitas pendanaan

Kas dari aktivitas pendanaan mengakibatkan berubahnya kontribusi modal dan pinjaman entitas, baik dalam jumlah maupun komposisinya. Contohnya : kas yang di terima dari emisi obligasi, serta kas yang dibayarkan kepada pemegang saham untuk menebus saham perusahaan.

Fungsi Laporan Arus Kas

Setelah memahami pengertian laporan arus kas, selanjutnya perlu Anda ketahui fungsi dari laporan arus kas.

Pertama, menilai kegiatan operasi perusahaan pada periode akuntansi sebelumnya untuk merencanakan aktivitas investasi dan pendanaan di periode mendatang. Misal, menilai laporan arus kas selama bulan Januari untuk merencanakan aktivitas investasi yang bisa dilaksanakan di bulan Februari. Jika belum bisa dilaksanakan pada bulan tersebut, maka ada kemungkinan untuk merealisasikannya di bulan Maret atau di periode akuntansi selanjutnya.

Kedua, sebagai tolok ukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas. Jika kas yang dihasilkan belum memenuhi target, maka pihak manajemen bisa segera mengambil langkah agar kas perusahaan segera stabil. Ingat bahwa perusahaan mempunyai banyak kewajiban yang harus di bayar, termasuk juga pembayaran dividen.

Ketiga, informasi dari laporan arus kas dapat meningkatkan daya banding pelaporan kinerja operasi berbagai perusahaan. Mengapa bisa demikian? Karena dengan melihat laporan arus kas dapat menganulir pengaruh penggunaan perlakuan akuntansi yang berbeda terhadap transaksi dan peristiwa yang sama.

Dan masih banyak lagi fungsi lain dari laporan arus kas yang berhubungan dengan manajemen perusahaan maupun stakeholder.

Contoh Laporan Arus Kas

Berikut ini contoh laporan arus kas dari PT. X

PT. X
Laporan Arus Kas
Per 31 Januari 2018
Aktivitas operasi  
Laba bersih Rp. 10.500.000
Penyusutan Rp.   1.000.000
Piutang usaha Rp.      850.000
Utang usaha Rp.     (650.000)
Persediaan Rp.   2.500.000
Kas tersedia dari aktivitas operasi Rp.  14.200.000
   
Aktivitas investasi  
Pembelian aktiva Rp.    (900.000)
Penjualan aktiva Rp.  5.500.000
Akuisisi Rp.    (600.000)
Kas untuk aktivitas investasi Rp.  5.800.000
   
Aktivitas pendanaan  
Pembayaran dividen Rp.  (4.000.000)
Pembelian kembali saham biasa Rp.  (3.000.000)
Kas untuk aktivitas pendanaan Rp.  (7.000.000)
Kenaikan kas Rp. 13.000.000
Kas dan setara kas 1/1-2018 Rp.   3.500.000
Kas dan setara kas 31/1-2018 Rp. 16.500.000

Note :

  • Apabila jumlah penerimaan lebih besar daripada pengeluaran, maka perusahaan akan menerima arus kas masuk bersih.
  • Apabila jumlah pengeluaran lebih besar daripada penerimaan, maka perusahaan akan menerima arus kas luar bersih.

Selain dengan cara manual seperti contoh tersebut, laporan arus kas juga dapat dibuat dengan menggunakan software akuntansi. Salah satunya dapat menggunakan sofware bee accounting yang merupakan software akuntansi terbaik kedua di Indonesia.

Itulah sedikit ulasan tentang fungsi dan contoh laporan arus kas. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa share kepada pembaca yang lain. Berbagi itu indah. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.