Home / Blog / Fokus Strategi Menjalankan Bisnis Retail

Fokus Strategi Menjalankan Bisnis Retail

Bisnis retail saat ini sedang menjamur dimana-mana. Persaingan yang semakin ketat akan membuat usaha Anda tergeser jika tidak dapat menyesuaikan. Banyak sekali toko dan minimarket yang pada akhirnya tergilas dikarenakan persaingan yang luar biasa dan mereka tidak mampu mengimbangi perbuhan zaman yang begitu cepat.

Disini akan menjelaskan apa saja yang harus Anda ketahui dalam mengelola bisnis retail, agar bisnis retail Anda dapat bertahan bahkan memiliki banyak cabang. Seperti yang kita ketahui bersama contoh bisnis retail waralaba yang sangat sukses dan merajai pasar di Indonesia saat ini adalah indom*rt dan alfam*rt.

Sebelum membahas mengenai startegi pemasaran retail agar usaha Anda tetap bertahan. Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai klasifikasi bisnis retail. Menurut Pintel dan Diamond (1971), Retail dapat di klasifikasikan dalam banyak cara, sebagai contoh Retail dapat di kelompokkan sesuai dengan aktivitas penjualan barang berdasarkan sbb :

1. Retail Kecil
Bisnis Retail kecil di gambarkan sebagai retailer yang berpenghasilan di bawah $500 pertahun. Pemilik retail pada umumnya bertanggung jawab penuh terhadap seluruh penjualan dan manajemen, biasanya kebanyakan pemilik toko pada bisnis retail kecil ini dimiliki oleh secara individu (Individual Proprietorship).

2. Retail Besar
Pada saat ini industri Retail di kuasai oleh organisasi besar, organisasi tersebut meliputi :
Departemen Store – Chain organization (organisasi berantai), Supermarket, Catalog Store, Warehouse, Outlet dan Online Store (Toko Online). Departemen Store merupakan salah satu dari retailer besar dimana menawarkan berbagai macam jenis produk / barang, tingkat harga dan kenyamanan dalam berbelanja.

Dengan melihat banyak jenis retail ini, persaingan bisnis retail cukup ketat Anda harus pandai dalam mempromosikan dan memasarkan bisnis ritel yang Anda miliki. Karena bisnis retail berkonsep pemenuhan kebutuhan pasar maka strategi pemasaran ini berorientasi terhadap 4 hal ini. Berikut strategi pemasaran bisnis ritel yang bisa Anda harus terapkan untuk memenangkan persaingan.

  • Produk. Anda harus memiliki produk-produk yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan para konsumen namun selain itu pemasaran bisnis ritel yang baik dan menjanjikan yaitu memiliki produk yang berbeda dan unik. Selalu melakukan inovasi juga dibutuhkan untuk lebih mengembangkan bisnis ritel yang Anda miliki.
  • Tempat. Pemilihan tempat juga berpengaruh terhadap pendapatan dan perkembangan bisnis ritel. Melakukan usaha di tempat yang bersih dan terasa nyaman bagi konsumen akan menjadi nilai lebih. Tak hanya itu pemilihan lokasi yang strategis juga sangat berpengaruh terhadap pendapatan yang akan dihasilkan nantinya.
  • Harga. Setelah memiliki produk yang unik dan berkualitas kemudian tempat yang nyaman dan strategis maka harga tidak akan menjadi masalah untuk konsumen, mereka tidak akan merasa keberatan walaupun harga yang ditawarkan lebih mahal dari harga pemasaran pada umumnya. Namun sebaiknya tetapkan harga yang competitif dengan harga yang beredar di pasaran.
  • Promosi. Dan strategi pemasaran bisnis ritel yang terakhir inilah yang merupakan faktor penting yang dapat mengembangkan bisnis ritel, terdapat berbagai macam jenis pemasaran yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis ritel seperti melalui;
    1. Media Iklan
    2. Menggunakan media publik
    3. Menggunakan jasa sales marketing
    4. Membuat Promo-promo menarik seperti menerapkan system point, beli satu gratis satu, flash sale, membeli produk tertentu mendapat hadiah tertentu dll.
  • Pencatatan. Ini kunci untuk melancarkan  bisnis Anda, dengan mencatatan setiap transaksi Anda akan tahu kemana saja alur keuangan Anda. Ditambah lagi cari pencatatan yang bisa memberi fasilitas diskon, beli satu gratis satu dll. Anda akan semakin mudah melakukan pencatatan dan mudah melakukan evaluasi atas hasil marketing.

Naah mudahkan, sekarang setidaknya Anda tahu apa saja yang harus Anda lakukan? Sebenarnya masih banyak sekali strategi pertumbuhan ritel yang dapat Anda terapkan. Namun keterbatasan waktu dan terlalu banyak informasi akan membuat Anda kurang fokus untuk strategi mana yang Anda terapkan. Jika Anda tertarik untuk memperoleh sistem pencatatan seperti diatas silahkan download disini. Untuk cara aplikasi sistemnya dapat Anda hubungin kami atau membaca tutorial yang sudah ada. Let’s #beefree.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda