Home / Blog / Fitur Utama Dari Perangkat Lunak Aplikasi Akuntansi
aplikasi akuntansi

Fitur Utama Dari Perangkat Lunak Aplikasi Akuntansi

Saat membandingkan perangkat lunak akuntansi, periksa untuk memastikan bahwa perangkat lunak tersebut juga mendukung kebutuhan ekspansi bisnis Andakedepannya termasuk jika kedepan bisa ekspor keluar negeri. Hal ini akan memastikan bahwa Anda dapat menggunakan fitur-fitur pajak yang berharga tanpa banyak perubahan atau modifikasi dalam pemakaiannya. Terlepas dari model industri atau bisnis Anda, solusi aplikasi akuntansi yang tepat setidaknya harus bisa menawarkan fitur atau fungsi standar berikut ini.

Kontrol akses

Meskipun bukan satu-satunya fitur keamanan, semua sistem perangkat lunak akuntansi menawarkan berbagai tingkat keamanan dan / atau kontrol akses dalam bentuk izin berbasis pengguna atau peran, kemampuan akses tunggal, dan juga enkripsi data. Banyak solusi juga yang menawarkan kemampuan untuk memberikan akses ke penyedia layanan akuntansi pihak ketiga Anda.

Hutang / Piutang Usaha

Area yang paling umum digunakan dari setiap solusi aplikasi akuntansi adalah pelacakan A / P (account payable) dan A / R (account receivables) yang merupakan bagian dari setiap sistem dan memiliki berbagai tingkat otomatisasi. Fitur-fitur hutang dagang termasuk pelacakan pembayaran ke vendor, pemasok, dan pengeluaran keuangan lainnya penting untuk dimonitor. Fitur piutang dagang termasuk tagihan / penagihan juga merupakan fitur standar yang penting.

Manajemen aset

Aset modal yang mahal seperti mesin produksi, kendaraan, atau bentuk properti lain seperti pabrik, dan peralatan lainnya (PP&E) merupakan komponen penting yang harus dikontrol. Pelacakan secara elektronik termasuk kontrol biaya penyusutan adalah fungsi utama dari fitur yang ditawarkan oleh sebagian besar sistem akuntansi.

Rekonsiliasi Bank

Kunci untuk mengotomatisasi sebagian besar fungsi akuntansi Anda adalah menghubungkan perangkat lunak Anda secara langsung dengan lembaga keuangan Anda (bank). Hal ini memungkinkan Anda untuk mencocokkan transaksi yang Anda rekam dengan catatan bank Anda untuk kredit, giro, atau rekening tabungan perusahaan Anda. Sebagian besar sistem menyertakan laporan konsolidasi untuk penutupan akhir bulan dan akhir tahun.

Manajemen Uang Tunai

aplikasi akuntansi

Meskipun banyak bisnis saat ini menangani lebih sedikit uang tunai – atau tidak sama sekali – namun mengelola kas atau setara kas perusahaan Anda adalah fungsi utama dari semua sistem akuntansi, dan laporan seperti ini juga diperlukan untuk menyiapkan laporan Laporan Arus Kas standar. Banyak sistem akuntansi juga menyederhanakan mengelola banyak mata uang dengan mengubah transaksi asing menjadi mata uang yang digunakan bisnis Anda.

Fitur Konsolidasi Antar Akuntansi Departemen

Sebagian besar sistem akuntansi terbaik menawarkan dukungan untuk mencatat transaksi di beberapa kantor, cabang, atau divisi. Hal ini memungkinkan Anda untuk memperlakukan setiap subledger (sub jurnal dalam catatan buku besar) sebagai entitasnya sendiri di atas kertas, namun mempertahankan pandangan komprehensif untuk tujuan pajak dan / atau pelaporan.

Manajemen Biaya

Selain melacak pengeluaran bisnis Anda melalui Hutang, sebagian besar solusi software aplikasi akuntansi juga menawarkan area terpisah untuk melacak pengeluaran dan penggantian masing-masing karyawan (turn over karyawan). Hal ini termasuk kemampuan untuk merekonsiliasi pengeluaran dengan berbagai proyek dan / atau anggaran di setiap departemen.

Perubahan paling cepat yang diketahui banyak perusahaan ketika mereka pindah dari buku besar konvensional atau spread sheet ke perangkat lunak aplikasi akuntansi adalah pengurangan besar dalam waktu yang dihabiskan sehingga juga bisa menghemat biaya. Hal ini sekaligus memberikan manfaat lebih dan mengubah pekerjaan akuntan dari pencatat menjadi pemberi dana, dan dapat memberi lebih banyak waktu kepada akuntan untuk membantu mengarahkan strategi keuangan perusahaan.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.