Home / Blog / Depresiasi Aktiva Tetap
Depresiasi Aktiva Tetap
Depresiasi Aktiva Tetap

Depresiasi Aktiva Tetap

Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang  metode depresiasi aktiva tetap yang digunakan di dalam akuntansi. Metode Depresiasi sendiri ada 3 macam yang dapat Anda gunakan untuk melakukan perhitungan. Namun sebelum saya membahas ke 3 metode tersebut, alangkah baiknya jika Anda mengerti definisi dari depresiasi itu sendiri.

Depresiasi dalam ekonomi adalah suatu proses penurunan nilai mata uang dalam negeri yang disebabkan adanya mekanisme perdagangan. Namun secara umum depresiasi didefisinikan sebagai bagian dari harga perolehan aktiva tetap yang secara sistematis dialokasikan menjadi biaya di setiap periode akuntansi.

Fungsi dari depresiasi sendiri adalah agar Anda dapat menentukan aliran kas setelah pajak pendapatan.

Secara Umum metode perhitungan depresiasi dibagi menjadi dua yaitu;

1. Metode Fisik yang meliputi

  • Metode garis lurus (straight-line, SL)
  • Metode declining balance (DB)
  • Metode sum-ot-the-years-digits (SYD)

2. Sistem Perolehan biaya dipercepatan termodofikasi (Modified Accelerated Cost Recovery System, MACRS)

Namun disini saya hanya akan membahas tentang metode fisik, itu karena metode depresiasi inilah yang sering digunakan secara umum.

1. Metode garis lurus (straight-line, SL)

Metode ini mengasumsikan bahwa aset terdepresiasi secara konstan setiap tahunnya selama umur manfaatnya.  

Cara Penyusutan :

  •  Linier
  •  Cembung
  •  Cekung

2. Garis Lurus (Linier)/Straight Line Depreciation

Bila terjadi perhitungan depresiasi untuk sebagian periode akuntansi maka dengan metode jumlah angka tahun ada dua langkah yang perlu dilakukan, yaitu :

  • Menghitung depresiasi tahunan
  • Mengalokasikan depresesiasi tahunan tersebut ke masing-masing periode berdasarkan pada waktu.

3. Metode Declining Balance

Disebut juga metode persentase konstan atau formula Matheson, dengan asumsi bahwa biaya depresiasi tahunan adalah suatu persentase yang tetap dari nilai buku awal tahun. Mengalikan nilai buku tahun sebelumnya dengan suatu faktor yang lebih kecil dari pada 1.

Depresiasi suatu aktiva tetap dilihat dari anggapan bahwa aktiva tetap baru sangat besar peranannya dalam usaha mendapatkan penghasilan, peranan aktiva tetap tersebut semakin lama semakin mengecil seiring dengan semakin tuanya aktiva tetap tersebut. Nilai sisa atau nilai residu tidak diikut sertakan dalam perhitungan. Satu-satunya metode depresiasi yang menggunakan nilai buku. 

Sekian artikel dari saya. Jika bermanfaat silahkan dishare.  Jika ada yang kurang atau ingin ditambahi silahkan koment dibawah. Terimakasih . Salam Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda