Home / Blog / Delapan Tahapan Dalam Siklus Akuntansi
delapan-tahapan-dalam-siklus-akuntansi-photo

Delapan Tahapan Dalam Siklus Akuntansi

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang siklus akuntansi. Di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa hal. Seperti apa sih akuntansi, kemudian mengenai apa yang dimaksud siklus akuntansi itu sendiri dan apa-apa aja yang berhubungan dengan siklus akuntansi? Ok, langsung saja yuk dibahas satu-persatu.

PENGERTIAN AKUNTANSI

Akuntasi adalah suatu proses mencatat, mengklarifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan. Sehingga dapat digunakan oleh orang yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan serta tujuan lainnya.

PENGERTIAN SIKLUS AKUNTANSI

Siklus akuntansi sendiri merupakan tahapan atau proses penyusunan laporan dengan segala bentuk administrasi dari awal hingga akhir proses administrasi yang tersusun rapi dan tersimpan sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan diterima secara umum.

neraca-laba-rugi-arus-kas-photo

TAHAPAN-TAHAPAN SIKLUS AKUNTANSI

1. Transaksi Usaha

Transaksi Usaha adalah kejadian atau situasi yang mempengaruhi posisi keuangan perusahaan dan mengakibatkan berubahnya jumlah atau komposisi persamaan antara kekayaan dan sumber perbelanjaan.

2. Pembuatan Bukti Asli

Pembuatan bukti asli ini merupakan salah satu syarat agar proses transaksi menjadi sah dikarenakan ada berupa bukti asli seperti kwitansi, faktur penjualan, dan bukti-bukti lain.

3. Jurnal

Jurnal adalah suatu catatan kronologis dari transaksi entitas. Contohnya terdapat beberapa kolom didalam jurnal seperti tanggal, nama, kolom debet dan kolom kredit.

4. Buku Besar

Ini bertujuan untuk merekap semua adminitrasi/transaksi yang berada di buku jurnal agar nantinya untuk mempermudah menyusun informasi yang akan diberikan kepada pihak-pihak yang memerlukannya terutama pimpinan perusahaan.

5.Neraca Lajur

Neraca lajur adalah suatu lembaran kertas berlajur atau berkolom yang digunakan dalam kegiatan akuntansi secara manual dan berguna untuk mempermudah penyusunan laporan kuangan.

6. Laporan Keuangan

Laporan Keuangan adalah catatan informasi keuangan pada suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kenerja perusahaan tersebut.

7. Jurnal Penutup

Jurnal penutup adalah ayat jurnal yang memindahkan nilai sisa pendapatan, beban, dan pengambilan pribadi dari masing-masing perkiraan kedalam perkiraan modal.

8. Neraca Saldo Setelah Penutupan

Neraca saldo penutupan adalah pegujian terakhir mengenai ketepatan penjualan dan pemindahan bukuan ayat jurnal penyesuaian dan penutupan. Langkah ini dilakukan untuk meyakinkan bahwa buku besar berada diposisi yang seimbang untuk memulai periode akuntansi berikutnya.

Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.