Home / Blog / Dalam Bisnis Penting mana omset atau profit ?
dalam-bisnis-penting-mana-omset-atau-profit-image

Dalam Bisnis Penting mana omset atau profit ?

Sebagai pebisnis apakah Anda sudah tahu mana yang lebih penting, omset atau profit? Atau Anda justru galau karena keduanya. Kalau Anda masih galau yuk kita kenali dulu keduanya.

Pengertian Omset

Omset itu adalah nilai penjualan/pemasukan sedangkan profit adalah keuntungan atau hasil pengurangan antara omset dengan biaya-biaya yang dikeluarkan.

Sering kali di kalangan pebisnis jika sedang kumpul yang ditanyakan adalah omset “Berapa omset perbulan“. Seakan-akan bisnis yang sukses itu di ukur dari besaran omset yang dicapai.

Bahkan artikel-artikel pun banyak yang membahas bagaimana caranya meningkatkan omset. Anda bolehlah bangga jika saat ini omset Anda perbulannya mencapai ratusan juta atau bahkan miliaran.

Tapi pertanyaan selanjutnya adalah apakah Anda tahu berapa besar profit perusahaan? Coba tanyakan ke bagian keuangan, berapa persen profit Anda dari omset yang di capai. Sudah idealkah profit yang Anda dapat atau belum?

Pengertian Profit

Profit atau sering disebut juga laba yaitu jumlah uang yang dihasilkan dari proses penjualan. Dalam kurun periode tertentu. Dan sudah dikurangi HPP dan biaya.

Untuk menentukan profit itu ideal atau tidak harus tahu terlebih jenis usaha Anda, karena setiap jenis usaha memiliki hitungan sendiri-sendiri misal kalau Anda bergerak dibidang makanan/kuliner ideal marginya 30-40% sedangkan minuman sampai 50%. Kalau di retail lebih sedikit lagi bisa 5-10% saja.

Tapi yang paling penting adalah jangan sampai omset Anda besar namun pengeluaran Anda juga tidak kalah besar. Kalau seperti sama saja bohong hehe.

Tidak sedikit lho perusahaan yang omsetnya besar sampai triliuan namun mengalami kebangkrutan. Kenapa itu bisa terjadi? Ya karena omset besar dan biaya yang dikeluarkan juga besar bahkan biaya yang di keluarkan lebih besar.

Sampai sini Anda sudah tahu lebih penting omset atau profit?

Kalau belum saya akan perjelas lagi disini. Misalnya seperi ini, omset Anda 300 juta namun profit yang Anda dapat hanya 20 jt atau Anda memilih omset Anda 100 juta tapi profit Anda 50 juta.

Dari contoh diatas saya rasa Anda sudah sangat paham Anda harus memilih yang mana saat ini. 

Sudah tahu dong sekarang Anda harus lebih mengedepankan profit dibandingkan omset. Tapi kalau profit Anda sudah besar misal sampai 70% atau bahkan 100% tentunya Anda harus mengedepankan omset.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ya jika bermanfaat. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda